700 Calon TKI Jadi Korban Penipuan PT Mega Mulia Indonesia

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 30 November 2015
700 Calon TKI Jadi Korban Penipuan PT Mega Mulia Indonesia
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi berjoget pada acara pertemuan 1000 TKI dan Diaspora Indonesia , Jakarta, Selasa (11/8). (ANTARA FOTO/Fanny Kusumawardhani)

MerahPutih Megapolitan - Korban penipuan calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dilakukan oleh PT Mega Mulia Indonesia mencapai 700 orang. Hal itu diketahui usai satu di antara korban melaporkan penipuan tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Senin (30/11).

Menurut seorang korban bernama Jeny (45), korban penipuan perusaan di tersebar di seluruh Indonesia. Jeny mengungkapkan, korban penipuan keberangkatan TKI oleh PT Mega Mulia Indonesia mencapai 700 orang. Korban tersebut tersebar seperti di Jakarta, Tanggerang, Sumatera dan beberapa kota di Kalimantan.

"Di Jakarta dan Tanggerang saja sudah 200 orang korbannya, belum lagi yang di luar daerah. Mereka (PT Mega Mulia Indonesia) benar-benar pintar, mulai dari tanda tangan pejabat kementerian dan cap pun mereka palsukan," kata Jenny penuh kesal di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/11).

Sementara itu, korban lain yang bernama Siti Khodijah (45) yang pernah bekerja di luar negeri beberapa waktu lalu pun ikut menjadi korban. Pada mulanya, Siti menganggap PT Mega Mulia Indonesia bekerja sesuai standar pengiriman TKI ke luar negeri.

"Pikir saya, yang ikut banyak dan karena iming-iming gaji yang besar pula, padahal dulu waktu saya melamar untuk bekerja di luar negeri, langsung diwawancarai perwakilan perusahaannya dan didampingi perwakilan oleh Departemen Tenaga Kerja (Depnaker)," ujar wanita yang pernah bekerja di Arab Saudi ini.

Akibat peristiwa penipuan tersebut, ratusan orang mengalami kerugian yang beragam tergantung dari tingkat pendidikannya. Ada yang merugi Rp8 Juta hingga Rp20 Juta. Semua korban tersebut termakan buaian gaji yang ditawarkan PT Mega Mulia Indonesia sebesar ¥170.000 (170 ribu yen) atau Rp17 juta per bulan. (gms)


BACA JUGA:

  1. Merasa Ditipu, Puluhan Calon TKI Polisikan PT Mega Mulia Indonesia
  2. Waspadai Sindikat Internasional Penipuan dan Penggelapan Berkedok Investasi
  3. Pelaku Penipuan Jasa TKI ke Korea Teriak-Teriak di Polda Metro Jaya
  4. Polisi Bekuk Pelaku Penipuan Jasa TKI ke Korea Selatan
  5. Polisi Akui Sulit Tangkap Sindikat Penipuan via SMS
#Polda Metro Jaya #PT Mega Mulia Indonesia #Penipuan Calon TKI #TKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan