Teknologi

Zoom Tingkatkan Sistem Keamanan pada Update 5.0

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 23 April 2020
Zoom Tingkatkan Sistem Keamanan pada Update 5.0
Zoom akan meningkatkan sistem keamanannya di update 5.0 (Foto: cyberguards)

PLATFORM konferensi video Zoom jadi andalan banyak orang untuk tetap terhubung di masa pandemi. Tak sedikit kantor, pengusaha, hingga pelajar yang memanfaatkan platform tersebut untuk tetap beraktivitas dan terhubung.

Namun, kabar masalah keamanan yang menerpa pengguna Zoom telah membuat banyak orang ragu. Apakah platform komunikasi ini benar aman?

Baca Juga:

Facebook Perluas Pasar Messenger Kids ke Lebih 70 Negara

Zoom bertindak cepat dalam mengatasi masalah keamanan (Foto: metro.uk)

Beberapa minggu terakhir ini, Zoom memang diterpa berbagai masalah keamanan. Namun, pihak Zoom tak tinggal diam. Zoom akan merilis pembaruan Zoom 5.0 pada akhir minggu ini. Demikian dilansir laman Endgadget.

Dengan adanya pembaruan tersebut, pihak Zoom berharap versi terbaru dengan peranti lunak eknripsi baru dan fitur privasi baru akan meredakan kekhawatiran para pengguna. Termasuk standar enkripsi baru dan lebih banyak opsi privasi serta standar yang lebih masuk akal.

Salah satu fitur terpenting dari pembaruan Zoom 5.0 ialah penambahan enkripsi 256-bit AES-GCM. Itu merupakan salah satu yang lebih kompleks daripada standar enkripsi lanjutan.

Zoom sebelumnya mengklaim menggunakan enkripsi end-to-end. Meskipun itu tidak benar, hal itu disambut dengan baik.

Dalam pembaruan itu, saat kamu tiba di antarmuka pengguna, host tak lagi harus lagi melihat melalui submenu untuk mengakses opsi keamanan. Karena tombol baru akan secara jelas ditampilkan pada bagian depan menu rapat.

Baca Juga:

Tips Aman Memakai Aplikasi Video Conference Zoom, Akun Email Kuncinya!

Selain itu, host juga akan dengan mudah melaporkan jika ada penyusup pada saat video conference berlangsung dengan mengklik tombol 'Report user'. Setelah itu, pihak admin akan mengirimkan data tersebut ke pusat data.

Pembaruan ini merupakan kabar bagi Zoom. Perusahaan tersebut telah bertindak relatif cepat dalam menangangi masalah keamanan.

Namun, saat ini halaman pengunduhan Zoom masih hanya menawarkan Zoom 4.6.12. Kabarnya Zoom 5.0 akan tersedia pada minggu ini.

Ada beberapa tips untuk mencegah akun Zoom milikmu disusupi oleh para peretas (Foto: pixabay/B_A)

Sementara menunggu pembaruan dari Zoom, kamu tak perlu khawatir akan keamanan. Ada beberapa tips dari MerahPutih.com yang ampuh untuk mencegah akun Zoom milikmu disusupi oleh peretas.

1. Membuat kata sandi terpisah untuk setiap pertemuan virtual
2. Membentuk ruang tunggu zoom untuk peserta rapat.
3. Kunci pertemuan setelah semua orang yang diundang hadir telah bergabung
4. Jangan memposting tautan rapat secara publik di media sosial atau forum publik lainnya.
5. Akun e-mail yang didaftarkan untuk mengakses Zoom sebisa mungkin tidak terkoneksi ke akun-akun penting lainnya, seperti akses perbankan dan kantor. (Ryn)

Baca Juga:

Dukung Social Distancing, WhatsApp Hadirkan Stiker Baru

#Aplikasi Zoom #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan