Facebook Perluas Pasar Messenger Kids ke Lebih 70 Negara Facebook perluas pasar Messenger Kids ke 70 negara (Foto: Pixabay/simon)

HARI INI Facebook baru saja meluncurkan aplikasi Messenger Kids di lebih dari 70 negara. Salah satunya yakni Brasil, India, Jepang dan Selandia Baru.

Pada peluncurannya tersebut, Facebook pun mengumumkan sejumlah penyesuaian yang dilakukan terhadap cara kerja aplikasi itu.

Baca Juga:

Tips Aman Memakai Aplikasi Video Conference Zoom, Akun Email Kuncinya!

Facebook hadirkan messenger kids di 70 negara (Foto: theverge)

Laman Verge menuliskan alasan Facebook meluncurkan Messenger Kids ke banyak negara, lantaran anak-anak di seluruh dunia harus belajar jarak jauh, karena pandemi COVID-19.

Facebook ingin mengubah cara anak-anak dan orangtua dalam menggunakan layanannya. Para orangtua saat ini bisa memilih untuk membiarkan anak-anak mengendalikan permintaan teman mereka sendiri, daripada harus mengelola setiap permintaan atas nama mereka.

Orangtua masih menerima notifikasi tentang teman-teman Messenger yang masuk pada akun anak-anak. Selain itu orang tua juga bisa mengesampingkan koneksi apa pun jika mereka mau.

Perihal grup juga berubah, orangtua bisa menyetujui atau menolak pertemanan dari orang dewasa seperti guru, pelatih atau orang tua lainnya untuk mengelola obrolan kelompok, dengan anak-anak mereka di dalamnya.

Baca Juga:

Dukung Social Distancing, WhatsApp Hadirkan Stiker Baru

Messenger Kids memiliki berbagai fitur yang aman digunakan bagi anak-anak (Foto: Pixabay/mirkosajkov)

Orangtua bisa ikut serta membuat nama akun anak mereka dan foto profil terlihat oleh teman-temannya. Sebelumnya layanan yang berfokus pada anak-anak di facebook sempat menjadi kontroversial. Ada kesalahan pada tahun lalu yang memungkinkan anak-anak untuk membuat obrolah group dengan orang-orang yang tak disetujui orang tua mereka.

Pengawasan tersebut menghasilkan reaksi kongres, hingga para senator mendorong Facebook untuk mengambil pendekatan yang lebih proaktif terhadap privasi dan keamanan.

Messenger Kids sudah diluncurkan di puluhan negara mulai hari ini. Sementara itu, permintaan teman baru dan fungsionalitas grup akan tersedia di Amerika Serikat mulai hari ini, dan kedepannya akan diikuti dengan peluncuran global. (Ryn)

Baca Juga:

Rentan Peretasan, Begini Cara Hapus Akun Zoom

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH