Yuk, Nostalgia OST Film 'Gita Cinta dari SMA' dan 'Puspa Indah Taman Hati'

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 06 Februari 2022
Yuk, Nostalgia OST Film 'Gita Cinta dari SMA' dan 'Puspa Indah Taman Hati'
Film Gita Cinta dari SMA sempat populer pada masanya. (Foto: Instagram/yessygusmanfans)

'OH Galih, oh Ratna cintamu abadi', begitu kira-kira sepenggal lirik dari lagu Galih dan Ratna yang masih populer hingga saat ini. Pemicunya adalah film berjudul Gita Cinta dari SMA (1979) dan sekuelnya Puspa Indah Taman Hati (1979) yang diperankan oleh Rano Karno dan Yessy Gusman.

Akhir 70-an adalah masa ketika genre film remaja sedang booming di Indonesia. Disutradarai oleh Arizal, film ini menceritakan tentang kisah cinta dua pelajar SMA yaitu Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman). Keduanya adalah bintang kelas, baik dalam pelajaran, olahraga, maupun sopan santun. Kepopulerannya pun membuat soundtrack di dalamnya juga ikut dikenal masyarakat.

Gita Cinta dari SMA atau disingkat sebagai Gita Cinta adalah sebuah lagu yang diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra, dengan liriknya ditulis oleh Guruh dan Eddy D. Iskandar. Lagu ini pertama kali dinyanyikan oleh Iromy Nursaid dari The Kid Brothers dan muncul dalam film berjudul sama. Di tahun yang sama, Sherly Malinton merilis lagu Gita Cinta dari SMA yang dimuat ke dalam album studio keduanya, Gita Cinta dari SMA. Sherly sendiri merupakan salah satu pemain dalam film tersebut.

Baca juga:

Terngiang-Ngiang Lagu Nostalgia Bersama Mantan? Bernyanyilah!

Lagu ini sempat menjadi hits dengan menduduki peringkat ke-17 di tangga lagu Top Hits Pop Indonesia (THPI) pada Januari 1980. Selain Guruh, Chrisye dan Yockie Suryo Prayogo juga turut andil mengisi soundtrack. Hampir semua lagu di album ini jadi hits. Bahkan beberapa menjadi hits klasik Chrisye seperti Gita Cinta, Puspa Indah, Galih dan Ratna, dan Lagu Putih.

Pada awal 1980, Chrisye membawakan ulang lagu Gita Cinta yang menjadi tema musik untuk film Puspa Indah Taman Hati, serta dirilis sebagai single bersama dengan Galih dan Ratna. Di tahun yang sama, Chrisye merekam ulang lagu Gita Cinta seluruhnya dengan aransemen yang berbeda dengan versi single-nya. Versi ini kemudian menjadi album musik tema film tersebut.

Di 1995, Chrisye membawakan ulang medley lagu Gita Cinta dan Puspa Indah menggunakan iringan orkestra. Versi ini dimuat ke dalam album Chrisye, Akustichrisye yang dirilis pada 1996.

Baca juga:

Nostalgia Penyiar Radio: Jungkir Balik Melayani 'Request' Lagu


Beralih ke lagu Galih dan Ratna, kepopulerannya pun sempat dijadikan film pada 2017 oleh sutradara Lucky Kuswandi dan dibintangi Sheryl Shenafia dan Refal Hady. OST film tersebut Gita Cinta diaransemen dan dinyanyikan ulang oleh Sheryl. Tahun 2021, Gita Cinta dari SMA dinyanyikan ulang oleh Rano Karno di akun Youtube resminya.

Di masa pandemi COVID-19, remake lagu Galih dan Ratna digunakan sebagai kampanye pencegahan COVID-19 dengan judul Masker dan Vaksin. Lagu ini diaransemen oleh musisi Dody Isnaini dan dinyanyikan oleh Maizura, Regina Geisha, dan Shakira Jasmine. Melodinya tidak ada perubahan, masih sama dengan melodi aslinya, hanya saja isi pesannya diubah.

Dalam lagu ini, masker dan vaksin diibaratkan sebagai dua sejoli yang punya hubungan kuat satu sama lain. Mengandalkan masker saja tidak cukup, pelaksanaan vaksin juga harus dilakukan sehingga memperkuat benteng perlindungan dari penyebaran COVID-19. (and)

Baca juga:

Vira Talisa Aransemen Ulang Lagu 'Makna Nostalgia' Candra Darusman

#Lipsus Februari Musik #Musik #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan