Terngiang-Ngiang Lagu Nostalgia Bersama Mantan? Bernyanyilah! Bernyanyi dapat mengusir earworm. (Foto: Pixabay/Quimuns)

TAK akan ada cinta yang lain. Pastikan cintaku hanya untukmu. Pernahkah terbersit olehmu. Aku pun takut kehilangan dirimu.

Nukilan lagu ‘Tak Akan Ada Cinta yang Lain’ dari Titi DJ itu sering terngiang-ngiang di kepala Andien. Memori lama tentang si dia yang kini telah menjadi mantan pun terbuka kembali. Dahulu, nyanyian ini kerap dinyanyikan sang mantan untuk Andien.

Terngiang-ngiang lagu nostalgia mungkin pernah kamu rasakan juga. Nada dan iramanya seolah terputar otomatis di kepala. Sekali “terputar”, hati rasanya langsung tersayat-sayat silet. Bikin gemas.

Apalagi kalau kamu ternyata masih mencintainya. Daripada gemas berkepanjangan, mendingan kamu cari cara menghindarinya. Terngiang-ngiang sebuah lagu dinamakan earworm alias ulat telinga.

Jangan bayangkan ada ulat ‘beneran’ di dalam telingamu ya, Sob! Earworm atau ‘ohrwurm’ dalam bahasa Jerman adalah fenomena ketika penggalan nyanyian seperti menempel di benakmu dan sulit hilang dengan sendirinya.

Peneliti dari University of Cincinnati, James J Kellaris, pernah melakukan riset terhadap 559 pelajar di Amerika. Hasilnya, 15% lagu penyebab earworm berasal dari jingle iklan dan 11% lagu instrumental.

Temuan ini mirip seperti teori yang menerangkan penyebab earworm. Lirik berulang serta nada catchy, dan ritme tak biasa. Nyanyian yang ‘terjebak’ di kepala ini biasanya berasal dari lagu-lagu yang sering kamu dengar.

Earworm kerap menyerang orang-orang dengan kepekaan tinggi pada musik. Orang dengan kecenderungan perilaku obsesif kompulsif juga lebih rentan terkena gangguan ‘ulat telinga’ ini. Ingin membuang lagu-lagu yang seolah berputar-berputar di kepala? Kamu bisa mencoba cara-cara ini agar terhindar dari si ‘ulat telinga’.

1. Dengarkan lagunya

mendengar musik
Enyahkan earworm dengan mendengarkan lagunya. (Foto: Pixabay/Whoalice)

Ternyata cara melawan earworm mudah. Cukup dengarkan lagu yang terngiang-ngiang. Jika si ‘ulat telinga’ hanya memutar sepenggal, kamu justru sebaiknya mendengarkan semua nyanyiannya. Dari awal sampai akhir.

Setelah mendengarkan lagu secara utuh, si ulat bakal lenyap dengan sendirinya.

2. Bernyanyi

bernyanyi
Bernyanyi dapat mengusir earworm. (Foto: Pixabay)

Bernyanyi dapat mengusir earworm. Kepada Scientificamerican.com, psikolog Victoria Williamson dari University of Sheffield memberi solusi. Agar nyanyian tidak terngiang-ngiang terus, kamu bisa bernyanyi, bersuara, membaca doa atau puisi, mendengarkan lagu berbeda, atau main alat musik.

3. Mengunyah permen karet

mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet usir earworm. (Foto: Pixabay/RobbinHiggins)

Mengunyah permen karet bukan cuma bagus untuk senam wajah dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang menyelip di antara gigi. Akan tetapi juga dapat mengurangi kerja otak pada pembentukan memori musik dan suara.

4. Mengalihkan fokus

mengalihkan fokus
Alihkan fokus saat earworm menyerang. (Foto: Pixabay/Jonas-Svidras)

Daripada hanya fokus pada nada-nada nyanyian yang terngiang-ngiang, kamu mendingan fokus ke hal lain. Coba ingat rencana kamu hari ini. Akan tetapi, kamu tidak perlu melawan earworm terlalu keras. Jika terlalu keras, kamu malah sulit menghilangkannya.

Dengan empat cara itu, kamu pasti bisa mengenyahkan jebakan nyanyian nostalgia kala masih bersama mantan. Yuk move on! (Rin)


Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH