Yuk Bikin Orang "Nyaman" Sama Kamu! Yuk buat orang nyaman dengan kamu (Foto: Groovy History)

KENYAMANAN merupakan suatu hal yang penting dalam memulai hubungan baik. Mulai dari hubungan bisnis, percintaan, pertemanan, hingga keluarga.

Bukan sesuatu yang bisa ditawarkan setiap orang, kenyamanan kadang mampu menjadi suatu hal yang persuasif. Jika kamu bisa memberikan kenyamanan terhadap orang lain, maka semua orang cenderung menyukai kehadiranmu.

Baca juga:

5 Sifat Ini Pertanda Bahwa Kamu Lebih Pintar Dibanding Orang Lain

Selain itu, kenyamanan juga dapat menjadi kunci persuasif agar orang lain bisa mengikuti kemauanmu tanpa pikir panjang. Kenyamanan bisa mengalahkan aspek fisik jika dalam urusan percintaan, meningkatkan potensi bisnis dalam dunia pekerjaan, juga bisa membuat anggota keluarga semakin terbuka satu sama lain.

Yuk ikuti tips-tips dibawah ini agar orang bisa nyaman dengan kehadiranmu!

1. Perhatikan ekspresi wajah

Lemparkan senyummu yang tulus kepada orang lain (Foto: pixabay.com/irminromero)

Jika ingin membuat orang lain nyaman, kamu harus bisa memberikan kesan bahwa kamu mudah didekati. Cobalah untuk murah senyum. Dr. Michele Barton, seorang psikolog, mengatakan senyuman merupakan salah satu undangan paling jelas yang bisa kamu berikan bahwa kamu menerima terjadinya interaksi.

2. Percaya diri

Percaya diri dalam bersikap. (Foto: pixabay.com/free-photos)

Meskipun kamu sedang merasa gugup, cobalah tutupi perasaan itu dan cobalah menunjukkan sikap yang percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Debbie Mayne, seorang ahli etiket mengatakan bahwa orang yang percaya diri secara general akan lebih mudah mencairkan suasana daripada mereka yang tidak nyaman terhadap dirinya sendiri.

3. Jangan bicara terlalu cepat

Jangan bicara terlalu cepat. (Foto: pixabay.com/stocksnap)

Jika kamu adalah tipe orang yang berbicara dengan cepat, cobalah untuk lebih tenang dan berbicaralah lebih pelan. Ini akan membuat lawan bicaramu nyaman dan lebih bisa menangkap apa yang kamu bicarakan, sehingga komunikasi dengan orang baru dapat berjalan dengan lancar.

"Berbicara dengan cepat, instruksi cepat, atau pertanyaan-pertanyaan serta gerakan yang cepat bisa mengguncang orang lain dan membuat mereka kewalahan," terang Rick Hanson, Ph.D dilansir dari Psychology Today.

Baca juga:

Kebiasaan yang Ternyata Melanggengkan Sifat Egosentris

4. Letakkan ponselmu

Jangan bermain gadget agar lawan bicara merasa dihargai (Foto: pixabay.com/rawpixel)

Jika kamu ingin membuat orang nyaman, jangan berkomunikasi sembari melakukan kegiatan lain. Ini bisa membuat orang lain merasa tidak diperhatikan. Tunjukkan bahwa kamu sedang benar-benar mendengarkan.

Cobalah buat orang yang kamu ajak bicara merasa dipentingkan. Tatap matanya, dan tersenyumlah ketika dibutuhkan. Sesekali mengangguk ketika setuju untuk menunjukkan bahwa kamu sedang mendengarkan mereka.

5. Gunakan mirror technique

Copy gestur lawan bicaramu (Foto: pixabay.com/MabelAmber)

Entah apa alasannya, tetapi kegiatan mirroring bisa membuat orang merasa nyaman. Menurut Carol Kinsey Goman di majalah Forbes, mirroring dimulai dengan cara memperhatikan postur serta gestur tubuh lawan bicara, dan kemudian membiarkan tubuhmu mengikuti postur serta gestur mereka.

Jika mereka berdiri, maka seharusnya kamu juga berdiri. Jika mereka memajukan tubuh, ikuti mereka. Ini akan membuat mereka lebih nyaman dan terbuka terhadap kamu.

6. Jadi jujur dan humoris

Jadilah orang yang jujur dan tidak basa basi (Foto: pixabay.com/rawpixel)

Ciri orang welcome biasanya merupakan pelawak yang pandai. Untuk mencairkan suasana, cobalah untuk melemparkan beberapa lelucon. Ini menjelaskan bahwa kamu adalah orang yang menyenangkan, dan ini akan membuat orang tertarik kepadamu.

Selain menjadi humoris, akan lebih baik jika kamu menjadi orang yang jujur dan terbuka. Orang bisa menilai jika seseorang sedang mengatakan yang sebenarnya atau ketika mereka sedang menahan atau menyembunyikan sesuatu.

Dilansir dari Lifehacker.com, Kristin Wong, mengatakan bahwa ketika mengatakan hal jujur, kamu akan memiliki kesempatan lebih baik dalam membangun hubungan yang meaningful terhadap orang tersebut.

Jangan jadi orang yang menyebalkan ya sahabat Merah Putih. Buat orang lain nyaman dengan kehadiranmu. (shn)

Baca juga:

Jauh dari Orang Tua? Ini Sifat-Sifat Bapak yang Pasti Bikin Kangen


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH