Jauh dari Orang Tua? Ini Sifat-Sifat Bapak yang Pasti Bikin Kangen Kehadiran bapak akan selalu dirindukan. (Foto: Pixabay/2704056)

SATU waktu kamu bakal merasa sangat kangen dangan sosok bapak. Misalnya ketika kamu beranjak dewasa dan harus meninggalkan rumah untuk memulai hidup sendiri. Ambil pendidikan di luar kota, bekerja, atau menikah dan harus tinggal jauh dari orang tua.

Penelitian menyebutkan, ketika anak-anak memiliki hubungan dekat dengan figur ayah, mereka cenderung menghindari perilaku berisiko tinggi. Selain itu, cenderung memiliki skor tes IQ lebih tinggi dan menanggung lebih sedikit masalah psikologis sepanjang hidup mereka.

"Ketika bapak aktif dengan anak-anak, mereka (si anak) berbuat lebih baik," demikian kata Paul Amato, seorang sosiolog yang mempelajari hubungan orangtua-anak di Pennsylvania State University, seperti dikutip Fatherly. "Semua penelitian ini menunjukkan bahwa ayah penting untuk perkembangan anak."

Baca Juga:

Begini Semestinya Seorang Ayah Menasihati Putrinya Tentang Pacaran

Figur bapak juga dapat membuat anak termotivasi untuk menjadi mandiri dan berani. Meskipun waktu kecil seringkali rasa takut melanda ketika harus berhadapan dengan bapak, tetapi kamu akan menyadari betapa banyak yang dikorbankan olehnya. Dilansir huffpost.com Yuk intip seperti apa sifat bapak yang bikin kita merindukan kehadirannya.

1. Siap siaga

Trivia 1 _ Bapak akan selalu siap siaga dalam kondisi apapun (Foto_ Pixabay_Free-Photos)
Bapak akan selalu siap siaga dalam kondisi apa pun. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Ibu memang selalu ada di rumah. Tetapi, tahukah kamu bahwa seorang bapak selalu siap siaga dalam kondisi apa pun. Ketika kamu sakit parah atau sedang terkena musibah, dalam keadaan panik dan sedih bapakmu akan berusaha mencairkan suasana. Melihatmu sakit saja beliau sudah sangat khawatir, apalagi ditambah melihat ibumu yang menangis. Ia harus menahan itu semua dan mencari solusi terbaik.


2. Mengalah

Trivia 2 _ Biasanya bapak akan lebih banyak mengalah (Foto_ Pixabay_TheVirtualDenise)
Biasanya bapak akan lebih banyak mengalah. (Foto: Pixabay/TheVirtualDenise)

Bapak itu ternyata lebih sering mengalah. Ibu seringkali memaksakan sesuatu untukmu meskipun memang hal tersebut demi kebaikanmu sendiri. Tetapi, seorang bapak justru lebih membiarkan kamu untuk memilih jalan hidup sendiri. Sesekali bapak dan ibu bertengkar hanya karena kamu menyatakan pilihanmu terhadap sesuatu. Mereka akan berdiskusi meskipun pada akhirnya bapak lebih sering mengalah terhadap keputusan ibu.

Baca Juga:

Anak Dekat Ayah, IQnya Tinggi


3. Tegas

Trivia 3 _ Tegasnya seorang bapak mengajarimu pelajaran hidup (Foto_ Pixabay_Ashish_Choudhary)
Tegasnya seorang bapak mengajarimu pelajaran hidup. (Foto: Pixabay/Ashish_Choudhary)

Tegasnya bapak itu bikin rindu. Ketika kamu bikin salah, bapak tidak akan cerewet seperti Ibu. Tetapi, sekali bersuara akan membuatmu terngiang-ngiang. Wejangan yang diberikan oleh bapak justru menjadi renungan dan menyadarkanmu terhadap baik-buruk kehidupan. Kelak kamu akan menjalani hidupmu sendiri tanpa orang tua. Saat menghadapi liku hidup inilah kamu akan merindukan tegasnya seorang bapak.


4. Humoris

Trivia 4 _ Bapak juga punya sisi romantis (Foto_ Pixabay_StockSnap)
Bapak juga punya sisi romantis. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Berbeda dengan ibu yang bisa membuat kita tertawa terpingkal-pingkal setiap hari. Jail dan humorisnya bapak itu jarang muncul. Bahkan, seringkali guyonannya terkesan garing dan aneh. Tapi, justru itu yang membuat kita rindu. (Mar)

Baca Juga:

6 Pemain Ini Ikuti Jejak Ayahnya Jadi Pemain Sepak Bola


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH