Kebiasaan yang Ternyata Melanggengkan Sifat Egosentris Kebiasaan yang tidak disadari menumbuhkan sifat egosentris (Foto: Pixabay/ikon)

SEMUA manusia pada dasarnya memiliki ego. Sifat ini sebenarnya bagus untuk beberapa hal. Dalam menjaga diri sendiri atau mempertahankan kebenaran. Tetapi jika terus dibiarkan tanpa batas, kamu hanya akan melanggengkan sifat egosentris. Pada akhirnya hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Melansir dari Britannica.com, beberapa kebiasaan yang orangtua maklumi pada anak kecil ternyata berdampak buruk. Akibatnya anak akan terbiasa hidup dengan sifat egosentris. Mereka akan selalu merasa benar dan cenderung tidak mau menerima pendapat orang lain. Berikut ini beberapa kebiasaan yang harus dihindari agar sifat egosentris tidak tumbuh.

Baca Juga:

Buat Kangen, Aroma Tertentu Efektif Ciptakan Nostalgia di Otak Kita

1. Selalu Dibenarkan

ego
Selalu membenarkan anak ternyata berdampak buruk (Foto: Pixabay/StockSnap)

Sejak kecil anak harus diajarkan mana yang salah dan mana yang benar. Jika anakmu terbukti salah, beritahu mereka. Kalau perlu berikan sanksi yang mendidik. Jangan sesekali memberikan sanksi berupa kekerasan karena anak akan tumbuh dengan rasa traumatik. Memberikan sanksi yang mendidik bisa dengan menyuruhnya ikut membantu bebersih rumah atau membantu masak di dapur. Dengan begitu anak dengan sendirinya merenungkan kesalahannya tanpa rasa trauma.

2. Terbiasa di Dalam Kelompok Homogen

ego
Biasakan anak untuk bergaul dengan siapapun (Foto: Pixabay/stokpic)

Banyak sekali orangtua yang pilih-pilih lingkungan untuk si kecil. Hal ini sebenarnya baik untuk menghindari anak dari pertemanan yang negatif. Tetapi tahukah kamu ternyata anak butuh mengenal beragam sifat orang sejak kecil. Mereka juga perlu tahu masalah apa yang sering terjadi di masyarakat. Dengan begitu ketika sudah dewasa, mereka akan terbiasa berinteraksi dengan berbagai tipe orang dan tahu cara mengatasinya.

Baca Juga:

Deretan Zodiak yang Pintar Membimbing Kekasih

3. Boleh dan Tidak Boleh Itu Perlu

ego
Anak harus tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan sejak dini (Foto: Pixabay/badski007)

Walaupun masih kecil bukan berarti mereka selalu benar. Banyak sekali orangtua yang tidak berani melarang anak melakukan hal-hal tertentu. Hal ini semata-mata karena memaklumi usianya yang masih muda dan belum bisa mengerti. Padahal anak harus diajarkan sejak kecil agar terbiasa sampai dewasa. Membiarkan mereka melakukan apapun yang mereka mau hanya akan menumbuhkan sifat egosentris.

4. Dibanding-bandingkan

ego
Sayangi anakmu seutuhnya (Foto: Pixabay/neildodhia)

Jangan pernah membanding-bandingkan anakmu dengan saudaranya. Mereka akan menyimpan dendam dalam hati dan terbawa sampai dewasa. Ketika akhirnya keluar dari rumah, mereka akan menerapkan sifat egosentris ini pada semua orang karena ingin diakui eksistensinya. (mar)

Baca Juga:

Tertarik dengan Pria Buruk Rupa, Kok Bisa? Pasti Ada yang Salah!


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH