Film
Yuk, Belajar Minta Maaf dari 5 Film Indonesia ini Dilan 1990. (Foto: YouTube/Falcon)

MEMINTA maaf terdengarnya gampang tapi nyatanya sulit dilakukan, entah karena rasa gengsi, bingung merangkai kata, atau merasa malu. Padahal dengan meminta maaf, kita bisa melihat bagaimana karakter seseorang dalam menghadapi masalah.

Nah mungkin beberapa dari kamu bingung bagaimana caranya meminta maaf ke pasangan atau orang tua. Supaya lebih berani, yuk belajar minta maaf dari lima film ini.

Baca juga:

Tayang di Tengah Pandemi, 'Story of Kale' Berhasil Menarik Banyak Penonton

1. Story of Kale: When Someone’s in Love

Story of Kale menjadi salah satu film yang ramai dibicarakan. Dibintangi oleh Ardhito Pramono (Kale) dan kekasihnya Aurelie Moeramans (Dinda). Film yang tayang di Bioskop Online pada Oktober 2020 ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko yang didasari dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).

Film ini menceritakan tentang pahitnya hubungan toksik antara Kale dan Dinda. Layaknya hubungan baru, mereka cukup romantis ketika awal-awal jadian. Konflik kecil pun muncul ketika Kale melihat seseorang dekat dengan Dinda. Hingga suatu saat Dinda meminta putus.

Karena tidak bisa menerima keputusan mendadak dari Dinda, Kale pun terus meminta maaf dan meyakinkan Dinda akan terus membahagiakannya. Dinda yang mengaku dirinya menyukai orang lain pun terus terang ke Kale dan berani meminta maaf. Dalam dunia nyata, meminta maaf karena selingkuh merupakan hal yang fatal karena akan menyakiti hati pasangan. Tapi dari film ini kita bisa belajar artinya jujur walaupun menyakitkan.

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

Lagi-lagi film karya Angga Dwimas Sasongko menarik perhatian penontonnya. Bagi sebagian orang, jalan cerita NKCTHI mungkin relate sama hubungan keluarga mereka. Berbagai rasa emosional pasti muncul, terlebih ketika adegan Angkasa (Rio Dewato) sebagai kakak paling tua, marah terhadap ayahnya karena menyembunyikan sesuatu.

Di film ini, kamu secara tidak langsung akan belajar bagaimana caranya meminta maaf kepada saudara kandung atau orang tua. Film ini juga mengajarkan meskipun sebagai orang yang lebih tua, tetap harus meminta maaf kepada yang lebih muda karena kesalahan.

NKCTHI menampilkan Awan (Rachel Amanda) yang cintanya bertepuk sebelah tangan dengan Kale (Ardhito Pramono). Kale pun meminta maaf karena ia tidak bisa menjadi sumber kebahagiaan Awan.

3. Sobat Ambyar

Sobat Ambyar mengikuti kehidupan seorang pemilik kedai kopi bernama Jatmiko (Bhisma Mulia) yang merasakan jatuh cinta untuk pertama kalinya ketika bertemu dengan Saras (Denira Wiraguna). Jatmiko pun mencari cara agar bisa memikat hati Saras yang sulit ditebak.

Seiring berjalannya waktu, kedua remaja ini pun menjalin hubungan asmara hingga sebuah kejadian membuat Jatmiko patah hati dengan sang kekasih. Saras yang selingkuh dengan laki-laki lebih mapan daripada Jatmiko meminta maaf karena telah mengecewakannya. Jatmiko yang merasakan patah hati pertama kali pun tak kuasa menahan tangis.

Ketika Saras kembali ke kedai kopi Jatmiko, ia meminta Jatmiko kembali memulai hubungan baru. Kedua sahabat Jatmiko, Anjani (Sisca JKT48) dan Kopet (Eric Estrada), tidak setuju dengan hal itu. Kopet dan Jatmiko sempat adu argumen sehingga membuat Kopet kecewa sebagai sahabat.

Dari film ini kita juga belajar bagaimana caranya meminta maaf kepada sahabat sendiri, apalagi soal percintaan. Terkadang, merekalah yang mengetahui sifat asli kita.

Baca juga:

Ardhito Pramono Rilis Soundtrack Film 'Story of Kale: When Someone’s In Love'

4. Ada Apa Dengan Cinta 2

Di AADC 2 merupakan kelanjutan kisah cinta di AADC yang rilis 2002. Film ini menceritakan romansa Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) bertahun-tahun kemudian setelah berpisah saat lulus SMA. Keduanya bersatu kembali di Yogyakarta untuk menutup kisah mereka setelah Rangga meninggalkan Cinta tanpa penjelasan.

Suatu ketika, Rangga mengajak Cinta untuk bertemu di sebuah kafe. Ketika keduanya saling bertatap-tatapan, Cinta kemudian mengatakan “Kamu jahat.” Setelah itu dilanjutkan dengan adegan Rangga yang mengakui kesalahan ini itu layaknya sebuah hubungan. Eh ujungnya malah Rangga mengajak Cinta jalan bersama di Yogja.

5. Dilan 1990

Film yang anak muda banget ini mengisahkan awal mula Milea (Vanesha Prescilla) bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan). Kepindahan Milea dan keluarganya ke Bandung kemudian mempertemukan Dilan, murid yang dikenal sebagai anggota geng motor di kota itu.

Singkat cerita, Milea sebenarnya tidak suka jika Dilan ikut-ikutan geng motor tersebut karena membahayakan dirinya. Dilan yang setiap kali ingin berkumpul, selalu membuat alasan agar tidak diketahui Milea. Saat keberadaan Dilan dan geng motornya diketahui Milea, Dilan pun meminta maaf dan tidak akan mengulanginya lagi. (and)

Baca juga:

Sukses Lewat NKCTHI, Story of Kale akan Segera Tayang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Masker Wajah Canggih ini Pakai Teknologi Pemurni Udara
Fun
Masker Wajah Canggih ini Pakai Teknologi Pemurni Udara

Diadaptasi dari pemurni udara rumahan.

Gucci Naikkan Harga Barang, Ada Apa?
Fashion
Gucci Naikkan Harga Barang, Ada Apa?

Chanel dan Louis Vuitton juga melakukannya.

PFI akan Gelar Program Pelatihan Foto Jurnalis, Mau Ikutan?
Fun
PFI akan Gelar Program Pelatihan Foto Jurnalis, Mau Ikutan?

Program ini difokuskan untuk pengembangkan pendidikan fotojurnalis muda di Indonesia

Netflix Akan Singkirkan Akun Pengguna Tak Aktif, Ini Tujuannya
ShowBiz
Netflix Akan Singkirkan Akun Pengguna Tak Aktif, Ini Tujuannya

Netflix Akan Singkirkan Akun yang Tak Aktif, Ini Tujuannya

Shaggydogg X Anom Sugiswoto Rilis Cendera Mata Spesial
ShowBiz
Shaggydogg X Anom Sugiswoto Rilis Cendera Mata Spesial

Bukan sebuah lagu melainkan cendera mata bersama seorang fotografer kawakan, Anom Sugiswoto.

Ingin Beli iPhone Baru? Intip Perbandingan Spesifikasi iPhone 11 vs 12
Fun
Ingin Beli iPhone Baru? Intip Perbandingan Spesifikasi iPhone 11 vs 12

Jangan sampai menyesal ketika sudah keluar uang gede ya..

Perhatikan Hal ini setelah Vaksinasi COVID-19
Hiburan & Gaya Hidup
Perhatikan Hal ini setelah Vaksinasi COVID-19

Untuk memantau dan memastikan tidak ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI).

 3D Knit, Ketika Fesyen Bertemu Teknologi
Fun
3D Knit, Ketika Fesyen Bertemu Teknologi

Teknologi membuat pakaian menjadi trendi.

'Tak Searah', Single Keempat Aaliyah Massaid
ShowBiz
'Tak Searah', Single Keempat Aaliyah Massaid

'Tak Searah' menceritakan sebuah hubungan pasangan yang masih berjalan, tapi telah rusak dan tidak bisa diperbaiki.

Ups! Momen Ketika Idola Kpop Terang-Terangan Menghina Idola Lainnya
ShowBiz