Yogurt Bukan Hanya untuk Pencernaan dapat untuk Imun Pula

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 14 Maret 2020
Yogurt Bukan Hanya untuk Pencernaan dapat untuk Imun Pula
Sudah dikonsumsi manusia selama ratusan tahun. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

SELAMA ratusan tahun yogurt sudah dikonsumsi oleh manusia. Makanan ini kaya gizi dan jika dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dimiliki yogurt melansir dari laman Healthline.

Baca Juga:

Buah dengan Kandungan Vitamin C di Atas Jeruk


1. Asupan kalsium

yogurt
Kaya akan vitamin D12. (Foto: Pexels/Kaboompics)


Yogurt mengandung hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti salah satunya adalah kalsium, mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Secangkir yogurt mengandung 49% dari kebutuhan kalsium harian. Selain itu juga kaya vitamin B, vitamin B12 dan riboflavin. Baik B12 dan riboflavin dapat melindungi seseorang dari sakit jantung.

2. Protein

yogurt
Mendukung metabolisme tubuh. (Foto: Pexels/Skitterphoto)

Protein dalam yogurt cukup tinggi sekitar 12 gram per 7 ons (200 gram). Dengan demikian dapat membantu mendukung metabolisme dengan meningkatkan energi atau jumlah kalori yang terbakar selama beraktivitas. Protein dalam yogurt dapat meningkatkan produksi hormon yang memberikan sinyal kenyang pada tubuh. Menjadi penting untuk pengaturan nafsu makan yang bermanfaat untuk pengendalian berat badan.

Sementara yogurt Yunani dikenal ampuh mengontrol nafsu makan dan menunda rasa lapar lebih dari yogurt biasa dengan protein lebih sedikit.

3. Sistem kekebalan tubuh

yogurt
Yogurt dapat membantu memperkuat imun tubuh. (Foto: Pixabay/kaboompics)


Dengan merebaknya virus corona, yogurt mungkin bisa menjadi alternatif tindakan pencegahan penularan. Mengkonsumsi yogurt terutama jika yang mengandung probiotik, secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit.

Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. Yogurt yang diperkaya vitamin D dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh lebih jauh. Vitamin D memiliki potensi untuk mencegah penyakit seperti flu.


Baca Juga:

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Steak Medium?


4. Mencegah osteoporosis

yogurt
Mampu membantu menjaga kesehatan tulang. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Yogurt mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Seperti kalsium, protein, kalium, fosfor dan vitamin D. Semua vitamin dan mineral ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang, umumnya diderita orang tua.

Orang dengan osteoporosis memiliki kepadatan tulang yang rendah dan berisiko mengalami patah tulang. Penelitian dari ahli nutrisi menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya tiga porsi makanan susu, seperti yogurt, setiap hari dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang.


5. Kesehatan jantung

yogurt
Kandungan lemaknya menjadi kontroversi. (Foto: Pexels/Alexas Fotos)

Yogurt memang mengandung lemak jenuh, dengan hanya sejumlah kecil asam lemak tak jenuh tunggal. Inilah mengapa kemudian yogurt sering dianggap kontroversial karena kandungan lemaknya.

Lemak jenuh awalnya diyakini menyebabkan penyakit jantung. Namun penelitian saat ini menunjukkan bahwa ini bukan masalahnya. Namun demikian, varietas yogurt bebas lemak dan rendah lemak masih populer di masyarakat.

Tidak ada bukti jelas bahwa lemak dalam yogurt berbahaya bagi kesehatan. Malah, mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung. (lgi)

Baca Juga:

Cegah Corona dengan Mengonsumsi 5 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh

#Yogurt #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan