Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Steak Medium? Steak medium (Foto: Pixabay/RitaE)

ADA hal yang tak boleh dikonsumsi oleh perempuan hamil. Salah satunya yakni makanan belum matang. Tapi bagaimana dengan steak yang tingkat kematangannya belum sempurna alias medium? Apakah masih boleh dikonsumsi?

Dilansir dari Antaranews.com, Kamis (12/3) dokter ahli kandungan Ivan Sini mengatakan perempuan hamil memang tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, terutama steak yang kematangannya belum sempurna. Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Baca juga:

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Steak medium tak boleh dikonsumsi ibu hamil (Foto: Pixabay/Bru-nO)
Steak medium tak boleh dikonsumsi ibu hamil (Foto: Pixabay/Bru-nO)

“Idealnya, harus makan yang betul-betul matang dalam tiga bulan pertama kehamilan,” kata Ivan di Jakarta seperti dilansir Antaranews.com.

Namun, pantangan tersebut sudah tak berlaku lagi setelah trimester pertama terlewati. Sehingga diperbolehkan jika kaum Hawa yang gemar menyantap daging steak juicy dan tidak alot mengonsumsinya. Menurut Ivan, daging adalah makanan ideal untuk ibu hamil.

Baca juga:

Cegah Corona dengan Mengonsumsi 5 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh

Daging steak medium bisa dimakan saat trimester kedua atau ketiga (Foto: Pixabay/RitaE)
Daging steak medium bisa dimakan saat trimester kedua atau ketiga (Foto: Pixabay/RitaE)

“Banyak orang takut makan daging, takut ada kista atau myom, namun daging itu komponen sehat untuk ibu hamil,” tuturnya.

Meski demikian ia menegaskan untuk memiliki restoran yang makanannya tergaja kebersihannya. Tujuannya untuk menekan risiko infeksi saluran cerna.

Perbedaan steak medium dan matang terlihat dari tingkat kekenyalannya. Steak matang lebih kering, juicy serta warnanya lebih cokelat. Hal itu karena lemak dalam daging sudah habis karena dimasak dalam waktu lama. (Yni)

Baca juga:

Beracun dan Mematikan, Simak 4 Fakta Seputar Ikan Buntal


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH