Wisata Dunia

Wisata ke Korea Selatan Bisa Bebas Visa

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 10 Juni 2022
Wisata ke Korea Selatan Bisa Bebas Visa
Korea Selatan sudah membuka perbatasan untuk turis asing yang ingin berkunjung, terhitung sejak 8 Juni 2022_freepik/tawatchai07

BERITA gembira untuk para traveler. Kini wisatawan Indonesia dapat kembali berkunjung ke negara para selebritas drakor dan K-pop. Korea Selatan sudah membuka perbatasan untuk turis asing yang ingin berkunjung.

Terhitung sejak 8 Juni 2022, para pelancong internasional ke Korea Selatan tidak diwajibkan untuk karantina, terlepas dari status vaksinasi Covid-19 mereka.

Melansir dari laman Visit Korea, berdasarkan kesepakatan pada 3 Juni, Central Disease Control Headquarters yang melihat bahwa jumlah kasus Covid-19 yang terus menerus turun maka karantina untuk pelancong internasional bisa dicabut. Pengecualian karantina juga berlaku untuk pelancong yang datang sebelum 8 Juni dan sedang dalam karantina, karena semua karantina sudah dicabut pada 8 Juni. Hanya saja, tes COVID-19 masih diperlukan.

Baca Juga:

Ingin Liburan ke Korea? Siapkan Bujet Segini

Pemerintah Korea Selatan masih mewajibkan wisatawan untuk melakukan tes negatif sebelum keberangkatan dan pada saat kedatangan. Wisatawan wajib mengikuti tes reaksi berantai polimerase (PCR) dalam waktu dua hari sebelum keberangkatan, atau tes cepat antigen (ART) di rumah sakit atau klinik dalam satu hari keberangkatan.

Pemerintah Korea Selatan masih mewajibkan wisatawan untuk melakukan tes negatif sebelum keberangkatan dan pada saat kedatangan. (Foto: freepik/tawatchai07)

Setelah tiba di Seoul, mereka harus mengikuti tes PCR di bandara atau di institusi medis yang disetujui dalam waktu tiga hari. Mereka diizinkan untuk melanjutkan aktivitas sebelum dan sesudah mengikuti tes, tetapi harus dikarantina selama tujuh hari jika mereka dinyatakan positif.

Selain itu, selama berwisata di Korea Selatan, pelancong juga harus menggunakan sistem kode-Q sebelum naik pesawat. Tujuannya untuk mempercepat proses kedatangan.

Baca Juga:

Empat Destinasi Wisata Lokal Korea Selatan Bertema BTS

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke Korea Selatan

1. Persiapkan visa Korea atau K-ETA

Selama kondisi Covid-19, Korea menghentikan sementara bebas visa dan visa waiver dan menerapkan Korea Electric Travel Autorization (K-ETA) sistem.
Namun untuk Jeju dan Yangyang bebas visa diberlakukan per 1 Juni 2022 lalu. Mulai 1 Juni 2022, turis asing boleh masuk ke Jeju dan Yangyang melalui bandara internasional dengan bebas visa.

Meskipun sebagian besar pelancong internasional akan diizinkan memasuki Pulau Jeju tanpa visa, pengecualian berlaku. Bebas visa masuk ke Jeju tidak berlaku untuk warga dari 24 negara/wilayah seperti Jepang, Hong Kong, Taiwan, Makau dan lainnya.

Sedangkan untuk Yangyang, hanya rombongan yang terdiri dari 5 wisatawan atau lebih dari Vietnam, Filipina, Indonesia, dan Mongolia (berlaku Oktober) yang dapat masuk tanpa visa. Untuk dibebaskan dari persyaratan visa, wisatawan kelompok harus melakukan perjalanan ke Korea melalui agen perjalanan yang ditunjuk.

2. Hasil tes PCR negatif

Semua pelancong diwajibkan punya hasil tes PCR COVID-19 negatif. Tes ini diambil dalam waktu maksimal 48 jam sebelum keberangkatan.

3. Tes PCR setelah 3 hari

Turis asing juga diminta melakukan tes PCR kembali setelah 3 hari tiba di Korea Selatan.

4. Untuk pelancong di bawah usia 18 tahun

Melengkapi dosis dua vaksinasi setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan.

5. Pelancong di bawah usia 12 tahun

Bebas karantina jika orang yang pergi bersamanya (orang tua) sudah vaksin.

6. Mendaftar Q-code

Q-code ini akan mengharuskan kamu untuk mengisi data diri dan memasukkan sertifikat vaksin dalam bahasa Inggris atau Korea.

Jeju dan Yangyang bebas visa diberlakukan per 1 Juni 2022 lalu. (Foto: Freepik/tawatchai07)

Korea Selatan mengakui semua vaksin COVID-19 yang disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia, seperti Pfizer, Moderna, Janssen, Covishield, Sinopharm dan Sinovac.

Sementara itu, mengutip crisis24.garda, untuk kebijakan domestiknya, Korea Selatan masih mewajibkan penggunaan masker di area publik dalam ruangan, termasuk transportasi umum, dan acara di luar ruangan dengan lebih dari 50 orang. (dgs)

Baca Juga:

Harga Fantastis Outfit BTS di Cover Rolling Stone

#Wisata Dunia #Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan