Wisata Dunia
Empat Destinasi Wisata Lokal Korea Selatan Bertema BTS Empat destinasi wisata lokal di Korea Selatan yang wajib dikunjungi ARMY. (Foto: Hybe Labels)

Tak salah rasanya menyebut BTS sebagai daya tarik utama pariwisata Korea Selatan. Enggak percaya? Menurut data 'Korean Foundation for International Cultural Exchange', setiap tahunnya diperkirakan ada 800 ribu turis dari seluruh dunia yang mengunjungi Negeri Ginseng karena kecintaan mereka pada BTS lho.

Tidak hanya menarik pelancong asing, ketujuh personel juga mampu menjadi magnet untuk meningkatkan wisata lokal. Untuk itu, pemerintah daerah di seluruh negeri menggunakan lokasi bertema BTS untuk memasarkan kota mereka. ARMY, berikut empat destinasi wisata bertema idola favoritmu yang wajib dikunjungi.

Baca juga:

Harga Fantastis Outfit BTS di Cover Rolling Stone

1. Pantai Maengbang

Pemerintah setempat mempertahankan set lokasi pemotretan di pantai Maengbang untuk menarik ARMY. (Foto: Hybe Labels)

Buat penggemar yang sudah membeli album Butter pasti familiar banget sama pantai ini. Soalnya di dalam buku fotonya, kamu akan melihat ketujuh personel tampan itu sedang berfoto dilatarbelakangi pantai biru Maengbang. Melihat konsep jemuran di pantai tersebut pastinya membuat penggemar berharap bisa ikut menghabiskan waktu di tepi laut bersama mereka.

Nah, sekarang kamu bisa melakukannya. Meskipun mungkin enggak akan ketemu BTS, setidaknya kamu bisa mengunjungi tempat yang pernah didatangi mereka. Setelah foto konsepnya dirilis, pemerintah kota Samcheok di provinsi Gangwon mengatakan bahwa ARMY meminta mereka untuk mempertahankan set lokasi seperti bagaimana adanya.

Untungnya, kota itu dengan senang hati memenuhi permintaan penggemar. Kini ketika mendatanginya kamu akan menemukan payung, kursi berjemur, jaring bola voli, dan kursi wasit yang dipakai BTS. Penggemar bisa datang dan berfoto-foto di sana. Bahkan di masa depan, pemerintah setempat berencana mendirikan patung BTS di pantai tersebut serta membuat tur untuk melihat situs lokal rekomendasi personel di Samcheok.

2. Dae Jang Geum Park

Lokasi syuting Daechwita membuat Dae Jang Geum semakin populer. (Foto: Hybe Labels & Twitter @nelson_obrador)

Enggak cuma tempat foto, lokasi syuting video klip juga jadi sasaran. Salah satunya adalah Dae Jang Geum park di kota Yongin, provinsi Gyeonggi yang merupakan lokasi rekaman video 'Daechwita' milik Suga.

Sebenarnya, sebelum videonya keluar pun Dae Jang Geum memang merupakan spot wisata karena menjadi lokasi utama untuk seri drama bertema sejarah. Selain itu, pengunjung tertarik mendatanginya karena penuh dengan unsur budaya Korea Selatan yang menarik. Mulai dari pakaian khas Hanbok sampai rumah tradisional Hanok. Namun, setelah Suga syuting di sana, tempat ini jadi semakin populer.

Penggemar ingin mengikuti jejak 'rapper' itu untuk berfoto di sana. Jadi selain melihat kebudayaan Korea, fan juga bisa mendatangi langsung lokasi yang pernah didatangi Suga.

Baca juga:

Kebagian Saham Big Hit, ini Kekayaan Member BTS

3. Halte Bus Pantai Hyangho

Halte bus ini sempat dihancurkan namun dibangun kembali oleh pemerintah setempat. (Foto: The Korea Herald)

Siapa sangka pemerintah lokal kota Gangneung rela membangun halte bus hanya demi BTS. Setelah meluncurkan album 'You Never Walk Alone' 2017 silam, ARMY langsung berbondong-bondong datang ke kota Gangneung di provinsi Gangwon untuk berfoto di perhentian bus yang jadi halaman sampul albumnya.

Sebenarnya halte yang berada di depan Pantai Hyangho itu langsung dihancurkan setelah pemotretan BTS selesai, namun ARMY meminta pemerintah untuk membangunnya kembali pada Juli 2018. Meskipun bukan bagian dari rute bus apapun, halte itu menarik pengunjung sepanjang tahun yang ingin mengambil foto di tempat ikonik itu. Bahkan pemerintah memutar lagu-lagu BTS di sana selama 10 jam sehari untuk membuat pengalaman semakin menyenangkan.

4. Pulau Ueum

Lokasi alang-alang di MV Spring Day diambil di Pulau Ueum. (Foto: Hybe Labels)

Sebelumnya, pulau yang terletak di kota Hwaseong, provinsi Gyeonggi ini terkenal sebagai situs penggalian fosil dinosaurus. Namun, itu semua berubah setelah BTS meluncurkan video klip Spring Day pada 2017 lalu.

Selain pesannya yang menyentuh, video itu diisi dengan berbagai gambar estetik. Akan tetapi salah satu yang paling menarik perhatian selama bertahun-tahun adalah pengambilan gambar di bagian akhir yang memperlihatkan Jimin berdiri di antara alang-alang tinggi. Sehingga sejak saat itu, pulau Ueum dipromosikan karena koneksinya dengan BTS. Kini, pelancong ARMY sering mendatanginya untuk berfoto di alang-alang biar serasa sedang bersama Jimin. (sam)

Baca juga:

Jungkook BTS Buat ARMY Khawatir Karena Hal Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Saat atau Sehabis Makan, Kapan Waktu Tepat Minum Air?
Hiburan & Gaya Hidup
Saat atau Sehabis Makan, Kapan Waktu Tepat Minum Air?

Membantu pencernaan bekerja dengan baik.

Idola Senior K-Pop Senior Akui Terlilit Utang
ShowBiz
Idola Senior K-Pop Senior Akui Terlilit Utang

Ia debut bersama boy grup ikonik SS501 pada 2005.

5 Kpop Idol yang Pernah Diperlakukan Tidak Pantas
ShowBiz
5 Kpop Idol yang Pernah Diperlakukan Tidak Pantas

Sebagian besar kehidupan seorang selebriti tak semudah dan seindah yang dilihat oleh kita.

Kolaborasi untuk Dukung Ekosistem Motor Listrik di Indonesia
Fun
Kolaborasi untuk Dukung Ekosistem Motor Listrik di Indonesia

Motor listrik lebih efisien untuk digunakan.

Peternakan Ayam Gerai Makanan Cepat Saji Sangat Higienis
Fun
Peternakan Ayam Gerai Makanan Cepat Saji Sangat Higienis

Budidaya ayam di peternakan gerai cepat saji ini dilakukan dengan ketat

Academy Museum of Motion Pictures Akhirnya Buka Pintu
Fun
Academy Museum of Motion Pictures Akhirnya Buka Pintu

Banyak kegiatan menarik untuk dilakukan di Museum of Motion Pictures.

Dari Gaya Boyish Hingga Feminin, Tampil Keren dengan Sepatu Brogues
Fashion
Dari Gaya Boyish Hingga Feminin, Tampil Keren dengan Sepatu Brogues

Tips padu padan outfit dengan sepatu brogues untuk perempuan.

Sutradara Bagikan Kisah Personal di Film 'Turning Red'
ShowBiz
Sutradara Bagikan Kisah Personal di Film 'Turning Red'

Turning Red disutradarai oleh Domee Shi.

Kabar Baik dan Buruk dari Dunia Fauna Sepanjang 2021
Fun
Kabar Baik dan Buruk dari Dunia Fauna Sepanjang 2021

Melihat kembali kejadian penting bagi fauna dunia di 2021.

Deretan Mobil Balap Klasik yang Mejeng di IIMS Hybrid 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Deretan Mobil Balap Klasik yang Mejeng di IIMS Hybrid 2022

IIMS Hybrid 2022 juga menampilkan deretan mobil balap klasik dari PPMKI. Mobil tersebut juga masih eksis di berbagai ajang balap mobil nasional.