Wisata Dunia
Empat Destinasi Wisata Lokal Korea Selatan Bertema BTS Empat destinasi wisata lokal di Korea Selatan yang wajib dikunjungi ARMY. (Foto: Hybe Labels)

Tak salah rasanya menyebut BTS sebagai daya tarik utama pariwisata Korea Selatan. Enggak percaya? Menurut data 'Korean Foundation for International Cultural Exchange', setiap tahunnya diperkirakan ada 800 ribu turis dari seluruh dunia yang mengunjungi Negeri Ginseng karena kecintaan mereka pada BTS lho.

Tidak hanya menarik pelancong asing, ketujuh personel juga mampu menjadi magnet untuk meningkatkan wisata lokal. Untuk itu, pemerintah daerah di seluruh negeri menggunakan lokasi bertema BTS untuk memasarkan kota mereka. ARMY, berikut empat destinasi wisata bertema idola favoritmu yang wajib dikunjungi.

Baca juga:

Harga Fantastis Outfit BTS di Cover Rolling Stone

1. Pantai Maengbang

Pemerintah setempat mempertahankan set lokasi pemotretan di pantai Maengbang untuk menarik ARMY. (Foto: Hybe Labels)

Buat penggemar yang sudah membeli album Butter pasti familiar banget sama pantai ini. Soalnya di dalam buku fotonya, kamu akan melihat ketujuh personel tampan itu sedang berfoto dilatarbelakangi pantai biru Maengbang. Melihat konsep jemuran di pantai tersebut pastinya membuat penggemar berharap bisa ikut menghabiskan waktu di tepi laut bersama mereka.

Nah, sekarang kamu bisa melakukannya. Meskipun mungkin enggak akan ketemu BTS, setidaknya kamu bisa mengunjungi tempat yang pernah didatangi mereka. Setelah foto konsepnya dirilis, pemerintah kota Samcheok di provinsi Gangwon mengatakan bahwa ARMY meminta mereka untuk mempertahankan set lokasi seperti bagaimana adanya.

Untungnya, kota itu dengan senang hati memenuhi permintaan penggemar. Kini ketika mendatanginya kamu akan menemukan payung, kursi berjemur, jaring bola voli, dan kursi wasit yang dipakai BTS. Penggemar bisa datang dan berfoto-foto di sana. Bahkan di masa depan, pemerintah setempat berencana mendirikan patung BTS di pantai tersebut serta membuat tur untuk melihat situs lokal rekomendasi personel di Samcheok.

2. Dae Jang Geum Park

Lokasi syuting Daechwita membuat Dae Jang Geum semakin populer. (Foto: Hybe Labels & Twitter @nelson_obrador)

Enggak cuma tempat foto, lokasi syuting video klip juga jadi sasaran. Salah satunya adalah Dae Jang Geum park di kota Yongin, provinsi Gyeonggi yang merupakan lokasi rekaman video 'Daechwita' milik Suga.

Sebenarnya, sebelum videonya keluar pun Dae Jang Geum memang merupakan spot wisata karena menjadi lokasi utama untuk seri drama bertema sejarah. Selain itu, pengunjung tertarik mendatanginya karena penuh dengan unsur budaya Korea Selatan yang menarik. Mulai dari pakaian khas Hanbok sampai rumah tradisional Hanok. Namun, setelah Suga syuting di sana, tempat ini jadi semakin populer.

Penggemar ingin mengikuti jejak 'rapper' itu untuk berfoto di sana. Jadi selain melihat kebudayaan Korea, fan juga bisa mendatangi langsung lokasi yang pernah didatangi Suga.

Baca juga:

Kebagian Saham Big Hit, ini Kekayaan Member BTS

3. Halte Bus Pantai Hyangho

Halte bus ini sempat dihancurkan namun dibangun kembali oleh pemerintah setempat. (Foto: The Korea Herald)

Siapa sangka pemerintah lokal kota Gangneung rela membangun halte bus hanya demi BTS. Setelah meluncurkan album 'You Never Walk Alone' 2017 silam, ARMY langsung berbondong-bondong datang ke kota Gangneung di provinsi Gangwon untuk berfoto di perhentian bus yang jadi halaman sampul albumnya.

Sebenarnya halte yang berada di depan Pantai Hyangho itu langsung dihancurkan setelah pemotretan BTS selesai, namun ARMY meminta pemerintah untuk membangunnya kembali pada Juli 2018. Meskipun bukan bagian dari rute bus apapun, halte itu menarik pengunjung sepanjang tahun yang ingin mengambil foto di tempat ikonik itu. Bahkan pemerintah memutar lagu-lagu BTS di sana selama 10 jam sehari untuk membuat pengalaman semakin menyenangkan.

4. Pulau Ueum

Lokasi alang-alang di MV Spring Day diambil di Pulau Ueum. (Foto: Hybe Labels)

Sebelumnya, pulau yang terletak di kota Hwaseong, provinsi Gyeonggi ini terkenal sebagai situs penggalian fosil dinosaurus. Namun, itu semua berubah setelah BTS meluncurkan video klip Spring Day pada 2017 lalu.

Selain pesannya yang menyentuh, video itu diisi dengan berbagai gambar estetik. Akan tetapi salah satu yang paling menarik perhatian selama bertahun-tahun adalah pengambilan gambar di bagian akhir yang memperlihatkan Jimin berdiri di antara alang-alang tinggi. Sehingga sejak saat itu, pulau Ueum dipromosikan karena koneksinya dengan BTS. Kini, pelancong ARMY sering mendatanginya untuk berfoto di alang-alang biar serasa sedang bersama Jimin. (sam)

Baca juga:

Jungkook BTS Buat ARMY Khawatir Karena Hal Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Clint dan Kate Bishop Segera Hadir di Serial ‘Hawkeye’
ShowBiz
Clint dan Kate Bishop Segera Hadir di Serial ‘Hawkeye’

Hawkeye siap menemani liburan akhir tahunmu.

Ada Kemungkinan Musim Kedua untuk ‘WandaVision’
ShowBiz
Ada Kemungkinan Musim Kedua untuk ‘WandaVision’

Atas banyaknya permintaan dari para penggemar.

Kiat Membuat Anak Berhenti Teriak Saat Keramas
Fun
Kiat Membuat Anak Berhenti Teriak Saat Keramas

Anak kecil akan sangat berteriak hingga nangis, saat sampo mengenai matanya.

Mulailah Rutin Minum Kopi
Fun
Mulailah Rutin Minum Kopi

Kopi memiliki banyak manfaat kesehatan.

Nyes, Minuman Segar Peredam Dahaga
Kuliner
Nyes, Minuman Segar Peredam Dahaga

Enggak asal segar, minuman untuk berbuka haruslah sehat.

Pengakuan Cucu Kandung Jenderal Soedirman: Kakeknya Memiliki Tiga Jimat
Fun
Pengakuan Cucu Kandung Jenderal Soedirman: Kakeknya Memiliki Tiga Jimat

Soedirman menyimpan banyak cerita yang hanya diceritakan pada anak cucunya.

10 Tahun Jadi Black Widow, Ini Kata Scarlett Johansson
ShowBiz
10 Tahun Jadi Black Widow, Ini Kata Scarlett Johansson

Menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk belajar bersama Black Widow.

Pengusaha Harus Banyak Baca, ini Alasannya
Hiburan & Gaya Hidup
Pengusaha Harus Banyak Baca, ini Alasannya

Dapat menjadi aset besar bagi kamu dan bisnismu.

Miskonsepsi Umum yang Sering Dialami Para Fan K-Pop Baru
Fun
Miskonsepsi Umum yang Sering Dialami Para Fan K-Pop Baru

Tak jarang kesalahpahaman terjadi di fan K-Pop newbie.

Rayakan Album Baru, Foo Fighters Rilis Produk Sake
ShowBiz
Rayakan Album Baru, Foo Fighters Rilis Produk Sake

Ada dua varian sake dari kolaborasi Foo Fighters dengan Tatenokawa.