Teknologi
Malware dan Peretas Mengancam di Balik Aplikasi Kencan Malware dan peretas mengancam para pengguna aplikasi kencan (Foto: pixabay/amrothman)

SEJUMLAH orang yang bingung mencari teman atau pasangan di kehidupan nyata, mereka memutuskan untuk mencarinya melalui aplikasi kencan. Namun, untuk kamu yang kerap menggunakan aplikasi kencan patut waspada.

Seperti yang dilansir dari laman Gizmodo, dibalik aplikasi kencan terdapat ancaman malware serta peretas. Risikonya adlah, ancaman data pribadimu, atau privasi data pengguna.

Baca Juga:

Sukses Dapat Jodoh via Aplikasi Kencan Online dengan Tips Ini

Hal tersebut pernah terjadi di awal tahun 2020 lalu, yakni ada sekitar 70 ribu foto perempuan pengguna tinder, disebar luas di forum kejahatan siber.

Kejadian tersebut tentunya sangat merugikan pengguna. Baik dalam segi pelanggaran privasi, hingga ancaman kejahatan yang bisa datang pada si pengguna. Saat itu kabarnya terdapat hampir 16 ribu foto para pengguna tinder beredar pada sebuah situs pertukaran malware.

Banyak para peretas yang menyamar dibalik akun palsu untuk meretas pengguna dengan menyusupkan malware (foto: yourstory)

Menurut Aaron Devera, peneliti Cybersecurity White Ops, data seperti itu biasanya menarik para penipu, untuk digunakan sebagai koleksi akun palsu dalam meyakinkan korban di platform lainnya.

Aaron menjelaskan, para stalker biasanya menggunakan cara yang lebih tertarget, sebagai upaya menambah koleksi data yang digunakan secara individu.

Kepada Gizmodo Devera mengungkapkan, bahwa foto-foto tersebut dikaitkan dengan file teks berisi sekitar 16.000 pengguna Tinder. Langkah awal untuk melindungi privasi pengguna Tinder, yakni mengubah kata sandi akun.

Aplikasi sejenis Tinder dapat menjadi pintu masuk malware yang dapat mengancam keamanan negara. Hal tersebut sudah pernah terjadi sebelumnya.

Ada sebuah malware kiriman sel militan Hamas dari Palestina, yang berhasil menyusup ke sejumlah ponsel milik tentara Israel Defence Force (IDF). Malware itu menyusup lewat aplikasi kencan di ponsel Android.

Baca Juga:

10 Aplikasi Kencan Diinstal, Bukti 'Menggila' Cari Jodoh di Tengah Pandemi

Waspada dalam memilih aplikasi kencan (Foto: varieerinhetverker)

Kabarnya, aplikasi itu bisa menyusup ke Google Play Store versi Israel, kemudian dapat mencuri data korban hingga informasi penting dari ponsel korbannya. Seperti halnya bisa mengakses foto, lokasi, kontak, data, kamera hingga mikrofon.

Ada sekitar 100 tentara yang mengunduh aplikasi tersebut, dan tertipu oleh militan Hamas yang menyamar sebagai laki-laki atau perempuan dengan foto yang menarik.

Menurut IDF, untungnya infeksi malware itu telah mereka sadari sebelum ada dampak yang signifikan. IDF menamai operasi untuk mengatasi malware itu dengan sebutan 'Operation Broken Heart'.

Selain itu, aksi kejahatan dengan media sosial atau aplikasi kencan pun kerap disebut sebagai 'honey trap'. Yakni memanfaatkan profil media sosial dengan foto yang menarik lawan jenis untuk mendekati korban, lalu dibujuk untuk menginstal aplikasi yang berisi malware. (Ryn)

Baca Juga:

Pakistan Blokir Tinder dan Sejumlah Aplikasi Kencan, Ini Penyebabnya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Melihat Kostum Ikonik Wonder Woman dari Tahun ke Tahun
Fun
Melihat Kostum Ikonik Wonder Woman dari Tahun ke Tahun

Untuk merayakan ulang tahun ke-80 Wonder Woman.

5 Makanan untuk Umur Panjang
Hiburan & Gaya Hidup
5 Makanan untuk Umur Panjang

Beberapa jenis makanan bahkan dipercaya punya andil dalam memberikan umur yang panjang. Kandungan nutrisi baik di dalam bahan makanan

Mengintip Fitur Unggulan Daihatsu Rocky
Fun
Mengintip Fitur Unggulan Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan yang modern.

Literasi Digital Bantu Anak Lebih Mandiri
Hiburan & Gaya Hidup
Literasi Digital Bantu Anak Lebih Mandiri

Menurut pakar ilmu komputer dari Smart Learning Center and Character PGRI, Richardus Eko Indrajit, kemampuan literasi digital bagi para siswa sangat penting.

Kolaborasi Disney dan 7 Studio Jepang Hadirkan 'Star Wars: Visions'
Fun
Sutradara ‘The Medium’ Ingin Gandeng Joko Anwar Garap Film Horor
ShowBiz
Sutradara ‘The Medium’ Ingin Gandeng Joko Anwar Garap Film Horor

Banjong Pisanthanakun merasa kolaborasi dengan Joko Anwar bisa menghasilkan film horor yang menarik.

Sikap Ramah Member BTS Buat Seorang Pengantar Makanan Terkesan
ShowBiz
Sikap Ramah Member BTS Buat Seorang Pengantar Makanan Terkesan

Bukan hanya penggemar yang tersentuh, tetapi juga semua orang.

Anya Taylor-Joy Perankan Karakter Menyeramkan di 'Last Night in Soho'
ShowBiz
Karakter Virgo Sebagai Kekasih, Mantan, Sahabat, Orangtua dan Anak
Fun
Bong Joon-ho Optimis COVID-19 Segera Berlalu dan Bangkitkan Perfilman
ShowBiz
Bong Joon-ho Optimis COVID-19 Segera Berlalu dan Bangkitkan Perfilman

Ia tidak percaya sejarah perfilman dapat dihentikan dengan mudah.