Waspada! 5 Tanda Ini Artinya Tubuhmu Kelebihan Kafein Lezat, namun jika terlalu sering berbahaya bagi tubuh. (Foto: Unsplash/Toa Heftiba)

KOPI nampaknya banyak digemari masyarakat karena dianggap sebagai ‘teman’ untuk menemani rutinitas. Beberapa orang bahkan kecandugan dan tidak lengkap rasanya jika tidak menyeruput kopi di pagi hari. Kandungan kafeinnya mampu menambah energi dan menghilangkan rasa kantuk. Terlepas dari itu, tetap saja kelebihan kafein juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Baca juga:

Waspadai Overdosis Kafein

Untuk itu, jangan hanya rasa nikmatnya saja yang diutamakan, tetapi juga kesehatan tubuhmu. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut lima tanda tubuhmu kelebihan kafein.

1. Mudah cemas

Waspada! 5 Tanda Ini Artinya Tubuhmu Kelebihan Kafein
Tak hanya cemas, kamu juga akan merasa gugup. (Foto: Unsplash/Road Trip with Raj)

Tanda pertama akibat kelebihan kafein adalah kamu akan merasa cemas. Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi dan dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Jika mengonsumsi rutin dan dalam porsi besar, kamu akan merasa cemas sekaligus gugup.

Kopi dianggap sebagai pemicu pelepasan adrenalin seseorang. Apabila sudah merasa seperti ini, tandanya tubuhmu kelebihan kafein dan mulai meminimalisir kopi.

2. Detak jantung

Waspada! 5 Tanda Ini Artinya Tubuhmu Kelebihan Kafein
Detak jantungi yang tinggi membuatmu pusing bahkan pingsan. (Foto: Unsplash/Giulia Bertelli)

Melansir dari laman Dazzling News, jika seseorang mengonsumsi kopi dengan porsi tinggi maka akan membuat detak jantung berdebar lebih cepat dari biasanya.

Bahkan, detak jantung yang cepat akan membuatmu pusing dan pingsan. Oleh karena itu, bagi para penderita jantung dan tekanan darah tinggi dianjurkan untuk menghindari kopi.

Baca juga:

Begini Cara Kerja Kafein, Kandungan Kopi yang Bikin Melek

3. Masalah pencernaan

Waspada! 5 Tanda Ini Artinya Tubuhmu Kelebihan Kafein
Tidak menutup kemungkinan terkena diare. (Foto: Polaris Chiropractic)

Mengonsumsi kopi disebut-sebut bermanfaat bagi pencernaan. Tetapi tidak jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Seorang ilmuwan Eropa mengatakan bahwa kandungan senyawa kopi dapat merangsang sekresi asam lambung di sel perut.

Mengonsumsi kopi secara berlebihan juga menghasilkan rasa asam pada sistem pencernaan yang membuat perut mulas dan menjadi lebih sakit. Awas, jangan sampai diare ya!

4. Dehidrasi

Waspada! 5 Tanda Ini Artinya Tubuhmu Kelebihan Kafein
Dinetralisir dengan air putih. (Foto: Unsplash/Autri Taheri)

Pernahkah kamu sering buang air kecil setelah mengonsumsi kopi secara berlebihan? Ya, kopi memiliki sifat diuretik yang bisa memicu tingkat produksi urin dalam tubuh. Jika tidak diimbangi dengan air putih, tubuhmu akan kekurangan carian dan mudah lemas.

Alhasil, timbullah rasa kantuk yang dapat menunda pekerjaanmu. Lagipula, kamu dibuat tidak nyaman ketika harus bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil.

5. Lelah di kemudian hari

Waspada! 5 Tanda Ini Artinya Tubuhmu Kelebihan Kafein
Menjalani aktivitas pun menjadi tidak semangat. (Foto: Unsplash/Adrian Swancar)

Kandungan kafein dapat merangsang sistem saraf dan juga meningkatkan kinerja fisik hingga 11-12 persen. Kopi juga memiliki unsur kimia yang buruk, yakni Adenosine.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa setelah minum kopi terlalu banyak, kamu akan merasa lelah dan tertidur. Saat bangun, rasa lelah itu akan muncul dapat membuat kita malas untuk beraktivitas. (And)

Baca juga:

Kafein Agen Anti Obesiti


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH