Wanita Harus Tahu, Ini Aturan Berpakaian Saat Bertemu Camer Tampil adanya tapi berkesan (Foto: cleo)

PERTAMA kalinya bertemu dengan camer alias calon mertua memang menyenangkan. Di satu sisi, pengalaman tersebut juga menegangkan, terlebih bagi kamu para perempuan. Pasalnya, bisa jadi pertemuan itu menjadi lampu hijau kamu akan naik ke plaminan dengan dia. Kekasih kamu bakal minta persetujuan dari orangtuanya dengan mempertemukan kamu dengannya.

Namanya bertemu dengan camer, pasti kamu ingin meninggalkan kesan baik. Namun, bukan berarti kamu tidak menjadi diri sendiri. Tampil apa adanya tetap menjadi keharusan. "Jadilah dirimu sendiri," saran Elaine Turner, seorang perancang berbasis di Houston.

Nah, berikut beberapa aturan berpakaian saat bertemu camer seperti dilansir laman The List.

1. Jangan pakaian formal

Cukup kenakan pakaian rapi (Foto: Pexels/Pixabay)

Dibilang formal bukan, nonformal juga tidak. Acara bertemu dengan camer merupakan acara semiformal. Jangan pernah menggunakan pakaian formal seperti gaun. Gaun mungkin akan menimbulkan kesan yang amat mencolok. Biasanya saat bertemu camer, akan ada anggota keluarga lain yang hadir, misalnya kakak atau adiknya. Jadi cukup gunakan pakaian rapi. Celana jins tidak masalah asal jangan yang model ripped. Sekadar saran, kamu bisa gunakan bawahan celana atau rok, dengan atasan lengan panjang. "Coba pakaian yang tidak mencolok, tapi memberikan kesan kepada orangtuanya," tutur Kari Kruz, seorang pakar fesyen.

2. Bukan pakaian clubbing

Pakaian clubbing tidak sopan (Foto: Pexels/bruce mars)

Kamu pasti punya pakaian favorit untuk clubbing. Setiap mau party, kamu pasti selalu mengenakan outift tersebut. Nah, jangan sekali-kali kenakan outfit clubbing kamu saat bertemu camer. Biasanya setelan clubbing berupa celana ketat dan tank top. Kamu akan memberikan kesan tidak sopan. Selain itu, tanpa kamu sadari, kamu benar-benar memperlihatkan kegugupan kamu dengan setelan tersebut di depan camer. "Ini dapat menciptakan kesan bahwa kamu tidak aman dan mencari perhatian," kata Caitlin Bergstein, seorang pakar jodoh yang berbasis di Boston.

3. Hindari parfum terlalu menyengat

Parfum menyengat malah mengganggu (Foto: Pexels/Uva Rova)

Wajar kamu tidak ingin camer merasa terganggu dengan bau badan kamu. Namun, menggunakan parfum dengan aroma terlalu menyengat bukan menjadi solusi. Camer malah berpikiran bahwa sebenarnya kamu memang bau sehingga kamu menutupinya dengan memakai parfum berlebihan. Bahkan, lebih parahnya lagi, bisa jadi camer malas memeluk kamu. Wajar saja sih aroma parfum menyengat memang mengganggu pernapasan. "Kamu akan selalu diingat sebagai gadis dengan parfum menyengat yang berusaha menutupi bau," ujar seorang mak comblang bernama Rori Sassoon. Sebaiknya, gunakan parfum beraroma lembut. Kalau kamu ingin tampak fresh, gunakan parfum aroma buah.

Baca juga: Chat dengan Kekasih Jangan Sampai Kaku, Begini Caranya

4. Tidak perlu pakai perhiasan

Perhiasan berlebihan akan mengganggu suasana (Foto: Pexels/Kat Jayne)

Memang sih kamu ingin memberikan penampilan terbaik di sepan camer. Namun, terlalu banyak perhiasan tidak akan memberikan kesan elegan. Lagi-lagi camer akan merasa kamu menutupi kegugupan kamu. Bayangkan misalnya kamu memakai banyak gelang. Saat bersalaman saja akan terdengar bunyi gelang-gelang yang beradu. Rasanya akan mengganggu suasana bukan? Bahkan kalau perlu kamu tidak perlu menggunakan perhiasan sama sekali. Demikian menurut Brittney Smiejek, seorang mak comblang yang berbasis di Chicago. "Saya pikir penting untuk diingat bahwa aksesori terbaik yang dapat Anda pakai ialah senyuman," imbuhnya.

5. Makeup harus, tapi. . .

Gunakan makeup tapi tetap alami (Foto: Pexels/kaboompics)

Makeup memang menjadi keharusan saat bertemu camer. Entah agar kamu terlihat percaya diri atau bahkan makeup tersebut justru membuat kamu tampil apa adanya. Tanpa makeup, bisa jadi kamu terlihat pucat. Tetap gunakan makeup, tapi jangan berlebihan. Hindari pemakaian bulu mata dan lipstik terlalu tebal. Tetap tunjukkan kecantikan alami kamu dan perindah dengan sedikit makeup.

Bagaimana nih, sudah siap ketemu camer? Semoga sukses ya! (ikh)

Baca juga: Terungkap Sudah, Ini Usia Ideal Menikah Secara Medis

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH