Otomotif

Waktu Tepat Mengecas Mobil Listrik

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 26 November 2023
Waktu Tepat Mengecas Mobil Listrik
Pertumbuhan mobil listrik terus meningkat.(foto: michael-marais_unsplash)

PASAR kendaraan listrik terus bertumbuh sehingga semakin banyak individu yang memilih untuk membeli mobil yang menggunakan tenaga listrik daripada bahan bakar bensin untuk pertama kalinya. Meskipun demikian, pemilik baru mobil listrik mungkin tidak selalu menyadari perbedaan mendasar dengan mobil konvensional yang menggunakan bensin. Hal itu dapat menimbulkan potensi masalah di masa mendatang.

Salah satu tantangan yang perlu dihadapi ialah biaya umum untuk mengisi daya mobil listrik. Mobil listrik memerlukan sejumlah besar energi untuk beroperasi. Sumber energi tersebut harus diakses dari suatu tempat. Oleh karena itu, proses pengisian daya mobil listrik secara langsung akan tecermin pada tagihan listrik rumah. Kendala utamanya ialah sejauh mana biaya pengisian daya di rumah akan berdampak pada keuangan bergantung pada konfigurasi tarif listrik yang dipilih.

BACA JUGA:

CEO BMW: Harga Mobil Listrik Tak Akan Pernah Murah

Seperti dikabarkan Slashgear, banyak tagihan listrik umumnya dihitung dengan menggunakan tarif tetap. Pengguna membayar sejumlah tertentu sesuai dengan jumlah daya yang dipakai dan biaya tersebut bersifat statis, kecuali jika terjadi kenaikan harga energi secara keseluruhan. Akan tetapu, di beberapa daerah tersedia opsi lain yang dikenal sebagai tagihan berdasarkan waktu penggunaan (TOU/ time-of-use). Tagihan TOU menganggap biaya pemakaian listrik bervariasi sesuai dengan waktu, dengan tarif di waktu puncak lebih mahal dan harga listrik di waktu selain jam sibuk yang lebih murah.

mobil listrik
Mobil listrik memerlukan sejumlah besar energi untuk beroperasi.(foto: chuttersnap_unsplash)

Jika kamu tidak menggunakan penagihan TOU, waktu pengisian daya mobil listrik tidak akan memiliki dampak signifikan. Namun, jika menggunakan penagihan sistem TOU, kamu disarankan agar memiliki pemahaman yang baik tentang jadwal pengisian daya. Hal itu bertujuan mengoptimalkan penggunaan daya pada jam-jam di luar periode puncak agar dapat menghemat biaya jika memungkinkan.

BACA JUGA:

Tak Selalu Sama, Ini 4 Jenis Mobil Listrik

Tentang hari dan waktu dianggap sebagai periode di luar jam sibuk, hal ini bergantung pada kebijakan daerah atau negara tempat kamu tinggal. Sebagai contoh, layanan listrik menetapkan jam sibuk pada Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 hingga tengah malam (pukul 00.00). Oleh karena itu, jika kamu ingin mengisi daya pada periode di luar jam sibuk, disarankan untuk memilih waktu setelah tengah malam hingga sebelum pukul 08.00 pada hari kerja atau menunggu hingga akhir pekan.

mobil listrik
Penggunaan TOU sangat berdampak pada tagihan listrik.(foto: ernest-ojeh_unsplash)

Mungkin kamu tidak dapat mengisi daya mobil listrik hanya pada jam-jam di luar jam sibuk, tetapi kesempatan yang kamu miliki untuk melakukannya akan tetap menghemat uang dalam jangka panjang. Pastikan untuk memeriksa situs web pemasok energi untuk mengetahui jadwal TOU, lalu lakukan yang terbaik untuk merencanakannya jika memungkinkan.(aqb)

BACA JUGA:

Mobil Listrik Lebih Laris Dibanding Hybrid di Pasar Indonesia

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan