Kesehatan

Vitamin Sebaiknya Dikonsumsi Pagi atau Malam Hari?

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Rabu, 06 Januari 2021
Vitamin Sebaiknya Dikonsumsi Pagi atau Malam Hari?
Vitamin ada jenis-jenisnya. (Foto: Unsplash/Adam Niescioruk)

VITAMIN memang menjadi pertahanan tubuh untuk melakukan aktivitas seharian. Ada yang bilang minum vitamin harus dilakukan di pagi hari, ada juga harusnya di malam hari agar merasa bugar. Menurut kamu, mana waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin?

Mengutip laman Hellosehat, minum vitamin pagi atau malam hari sebenarnya tergantung pada jenis vitaminnya. Jika kamu minum multivitamin, yaitu satu vitamin yang mengandung banyak jenis vitamin, waktu terbaik adalah pagi hari setelah sarapan. Mengapa demikian?

Karena vitamin adalah zat sintesis yang paling baik diserap oleh tubuh saat dikonsumsi dengan makanan lainnya. Minum multivitamin di pagi hari memungkinkan zat ini terserap dengan baik ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi.

Baca juga:

Kekurangan Vitamin dan Mineral, Otak Jadi Lumpuh

Vitamin Sebaiknya Dikonsumsi Pagi atau Malam Hari?
Jika mengganggu tidur, sebaiknya konsumsi vitamin di pagi hari. (Foto: Unsplash/Kayla Maurais)


Nah kalau vitamin yang larut dalam lemak, biasanya harus dikonsumsi dengan beberapa jenis makanan sumber lemak seperti kacang-kacangan agar bisa diserap ke dalam tubuh. Contohnya, vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin ini baik dikonsumsi pagi hari.

Sedangkan vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C dan B, sangat dibutuhkan setiap hari. Kedua vitamin tersebut tidak perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan, kana akan terserap dengan baik ke dalam tubuh di pagi, siang, atau malam hari.

Beberapa orang mungkin merasa tidur mereka terganggu usai mengonsumsi vitamin. Menurut penelitian di Sleep Medicine pada Desember 2007, ada keterkaitan antara penggunaan multivitamin dan kualitas tidur. Jika kamu merasa mengonsumsi vitamin di malam hari mengganggu tidur, mungkin lebih baik mengonsumsinya di pagi hari.

Baca juga:

Buah dengan Kandungan Vitamin C di Atas Jeruk

Vitamin Sebaiknya Dikonsumsi Pagi atau Malam Hari?
Beberapa vitamin memang bisa berinteraksi dengan senyawa dalam makanan. (Foto: Unsplash/Vika Aleksandrova)


Beberapa vitamin memang bisa berinteraksi dengan senyawa dalam makanan atau obat-obatan yang berpotensi mengganggu penyerapannya. Misalnya, kamu tidak boleh minum vitamin yang mengandung zat besi dengan kalsium secara bersamaan. Dan sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berserat tinggi atau minum kopi atau teh saat kamu mengonsumsi suplemen multivitamin atau zat besi.

Ada baiknya, kamu konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi vitamin, apakah kamu perlu atau tidak. Karena seseorang yang membutuhkan suplemen vitamin biasanya memiliki asupan gizi yang tidak seimbang dan kekurangan vitamin tertentu dalam tubuhnya. (and)

Baca juga:

Bongkar Klaim Vitamin C Dapat Menyembuhkan COVID-19

#Kesehatan #Manfaat Vitamin
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan