Viral! Bar di Jepang yang Melarang Datang dengan Teman Sebuah Bar unik yang membuat peraturan si pengunjung hanya boleh datang seorang diri (Foto: pixabay/romankac)

MENGHABISKAN malam di sebuah bar sangatlah menyenangkan. Apalagi jika bersama orang-orang terkasih seperti keluarga, kekasih, ataupun sahabat. Namun hal itu berbeda dengan sebuah bar yang terdapat di Tokyo, karena bar tersebut hanya mengizinkan pengunjung masuk seorang diri.

Bar kecil yang berada di kawasan Shinjuku Tokyo, memiliki sistem penerimaan pengunjung yang sangat khusus. Semua orang disambut dengan baik selama mereka datang sendiri, tak diizikan datan berkelompok. Peraturan pada bar tersebut terpampang jelas pada pintu gerbang depan. Dimana terdapat sebuah tanda yang menginformasikan calon pelanggan bahwa bar tersebut terbatas hanya untuk satu orang.

Baca Juga:

Viral! Gara-gara Banyak Turis Nyasar, Kota ini Larang Penggunaan Google Maps

Jadi jika kamu dan rekan kerja kamu ingin minum bir usai lelah bekerja atau berkencang dengan orang spesial, jelas Bar ini bukanlah tempat yang tepat. Tapi hal itu bukan berarti sejarah Bar tersebut untuk penyendiri atau orang yang canggung secara sosial, justru sebaliknya.

Baru-baru ini, reporter Soranews24 Mariko mengunjungi bar yang bernama Hitori tersebut. Kunjungan itu dilakukan usai mengetahui kebijakan penerimaanya yang aneh, dan menemukan langsung jika bar tersebut merupakan tempat yang jauh lebih inkusif daripada yang ia bayangkan.

Saat berjalan masuk, Mariko melihat sekitar setengah lusin pelanggan lain duduk di bar, namun bukannya mengabaikan satu sama lain, justru mereka terlibat dalam percakapan. Mariko pun segera didekati oleh bartender yang ramah dan diarahkan ke kursi kosong di bar.

Baca Juga:

Selamat! Uro Japanese Dining & Sake Bar Berusia Satu Tahun

bir
Menawarkan pertemanan baru. (Foto: Pexels/Tembela Bohle)

Mariko bingung dengan apa yan dia saksikan, karena pelanggan lain yang semuanya datang sendiri, berbicara satu sama lain seperti teman lama. Setelah itu Mariko pun memesan sendiri minuman, namun tak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Untungnya bartender yang ternyata merupakan pemilik Hitori, merasakan kebingungannya dan bertanya apakah ini pertama kali dia kesana, dan bagaimana dia mendengar cerita tentang bar. Ketika Mariko menjawab pertanyaan dari si pemilik Hitori itu, para pengunjung lainnya pun mulai membagikan kisah mereka sendiri saat pertama kali datang ke Hitori. Mariko pun langsung terlibat dalam percakapan umum.

Hal itulah yang terjadi di Hitori Bar, dan itu dengan desain menurut pemiliknya, yang tak pernah bekerja sebagai bartender sebelum membuka Hitori bar tahun lalu. "Saya tak tahu apa yang biasanya dipikirkan orang seperti seharus sebuah bar. Saya bisa memikirkan tempat seperti yang saya inginkan di Hitori ini. Saya ingin Hitori menjadi bar yang menawarkan pelanggan kesempatan dan menyenangkan untuk bertemu orang baru," tutur pemilik Bar tersebut, seperti yang dilansir dari laman odditycentral.

Selain itu pengunjung lainnya pun menyampaikan pesan pada Mariko, "Ketika kamu disini, itu percampuran diri kamu dan orang lain, rasanya pas jika kamu bisa berbicara dengan banyak orang yang berbeda."

Di bar ini seseorang dapat berbicara tanpa khawatir pada pikiran orang lain. Di bar lain ketika seorang pria berbicara dengan seorang perempuan, dalam pikiran perempuan itu terkadang terlintas hal negatif. Ini yang kemudian pembicaraan cenderung tidak berjalan dengan baik. Disini mereka dapat bicara apa adanya tanpa ada kekhawatiran, mudah dan menyenangkan.

Singkat cerita, kebijakan penerimaan Hitori Bar mungkin terlihat anti-sosial. Tapi itu sebenarnya menciptakan jenis lingkungan dimana kamu bisa bertemu orang baru dan memulai perkcapakan santai tanpa tekanan apapun. Dalam hal ini mungkin lebih inklusif dari kebanyakan bar lainnya. (ryn)

Baca Juga:

Viral, Wisata Tersembunyi Negeri di Atas Awan Terus Didatangi

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH