Viral, Wisata Tersembunyi Negeri di Atas Awan Terus Didatangi Seorang bocah berfoto di Negeri di Atas Awan. (Foto instagram.com/ken.zhi.ro)

MUNGKIN kamu mengenal Negeri di Atas Awan hanya ada di Dataran Tinggi Dieng, ya? Tapi, buat kamu warga Jakarta dan sekitarnya, enggak perlu jauh-jauh ke sana. Negeri di Atas Awan ternyata ada di kawasan Banten dengan akses sangat mudah.

Saat ini lagi viral tempat wisata Negeri di Atas Awan yang berada di kawasan Gunung Luhur, Desa Citorek Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten. Destinasi wisata baru ini menyuguhkan pemandangan hamparan awan di atas ketinggian dipadu dengan kesegaran rimbunan pepohonan.

Baca Juga:

Mengenal Masyarakat Adat Citorek di Banten

Pembangunan jalur ke Negeri di Atas Awan terbuka setelah proyek pembukaan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Lebak bagian utara menuju ke selatan. Jalur ini mempersingkat jalur ke selatan seanjang 78 kilometer. Tapi tak hanya itu, kini orang-orang berduyun-duyun ingin mengetahui seperti apa Negeri di Atas Awan di jalur ini.

 Negeri di Atas Awan
Negeri di Atas Awan. (Foto: instagram@eddy_chyco92)

Gunung Luhur sebagai tempat wisata "Negeri di Atas Awan" terkenal dari mulut ke mulut dan media sosial. Meskipun, kawasan masih dalam tahap pembangunan terutama berbagai akses pendukung wisata.

Kawasan Gunung luhur merupakan hutan lindung yang termasuk Taman Nasional Halimun Salak. Jadi, dilindungi oleh negara. Sebelum terbuka sebagai tempat wisata, masyarakat mengenal wilayah ini sebagai hutan yang sangat gelap berkabut.

Dapat diakses tiga jam tiga jam dari Serang atau dua jam dari Rangkas Bitung. Kamu bisa mencapai Negeri di Atas Awan baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, harus hati-hati terutama ketika hujan turun.

Baca Juga:

Perjalanan ke Rumah Hutan, Tempat Piknik Unik di Serang

Dari Rangkasbitung, perjalanan menuju arah Cipanas lalu ambil kanan ke arah Lebak Gedong, Sobang hingga melewati Gerbang Weweungkon Adat Citorek. Selanjutnya ke Kampung Ciusul, dilanjutkan mendaki menuju Gunung Luhur sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum dari Terminal Mandala Rangkasbitung dengan manaiki elf jurusan Citorek dan turun di Ciusul. Dari sana kamu bisa naik ojek atau diantar warga setempat.

Nah, kalau kamu ingin ke Negeri di Atas Awan, waktu terbaiknya yaitu pulau pukul 05.00 hingga 08.00 di pagi hari. Di sana kamu akan disuguhkan pemandangan hamparan awan bagaikan di atas langit atau pesawat. Apalagi kalau kamu kemping di kawasan Gunung Luhur, bangun pagi kamu pasti sangat segar dikelilingi kawasan hutan yang masih alami. (*)

Baca Juga:

Kawasan Wisata Banten Lama sebagai Etalase Keberagaman dan Toleransi

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH