Gaming

Valve Ubah Aturan Iklan Gim untuk Developer di Steam

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 08 Agustus 2022
Valve Ubah Aturan Iklan Gim untuk Developer di Steam
Valve tidak perbolehkan para developer mengiklankan gim secara berlebihan. (Foto Valve)

PARA pengembang gim yang telah memublikasikan karya di Steam diwajibkan mengetahui beberapa peraturan baru yang diberlakukan Valve. Kini mereka harus memerhatikan banyak hal ketika akan mengiklankan gim di Steam, termasuk penggunaan periklanan visual dengan glorifikasi dari para media maupun event di dalam gim mereka.

Seperti dikabarkan IGN, secara garis besar, Valve telah menghentikan penggunaan iklan yang dibesarkan di dalam banner maupun thumbnail pada halaman gim. Itu termasuk penggunaan review tinggi dari Metacritic, skor overall, hingga berbagai penghargaan dari kompetisi yang menjadi ramai ketika pengguna Steam mengakses halaman gim tersebut.

BACA JUGA:

Valve Hadirkan Fitur Mirip Quick Resume di Steam Deck

Selain itu, penggunaan iklan visual seperti anniversary maupun iklan karakter terbaru maupun event di dalam gim yang ramai juga tidak diperbolehkan di dalam banner. Pengecualian diberikan kepada DLC besar yang hadir sehingga dapat dimasukkan ke banner dan thumbnail pada halaman awal.

valve
Tidak diperbolehkan meletakkan diskon, penghargaan, dan ulasan yang berlebihan di banner. (Foto Kotaku)

Setiap berita yang dikirimkan developer, seperti menjadi pemenang dari suatu penghargaan maupun event, hanya dapat dipublikasikan di laman berita di dalam halaman setiap gim. "Kami melihat banyak tambahan aset grafis yang membuat kebingungan para klien. Itu bahkan menjadi informasi yang tidak akurat bagi pengalaman para pemain di Steam," jelas Valve di blog resmi mereka.

BACA JUGA:

CEO Valve Gabe Newell Jadi Kurir Steam Deck

Kehadiran peraturan ini berpotensi membuat Steam menjadi lebih rapi dalam memberikan pengalaman kliennya ketika mengakses platform, termasuk melihat informasi yang lebih akurat dari gim, hingga rasa ingin tahu lebih lanjut dan memberikan ulasan yang lebih kredibel sebagai pemain yang memainkan gim di Steam.

Steam
Penggunaan penghargaan bisa diletakkan di informasi gim. (Foto IGN)

Di lain hal, kamu sebagai developer tetap dapat merilis trailer terbaru di laman game garapan kamu bila kamu ingin merilis DLC maupun event besar. Di lain hal, kamu tidak diperbolehkan untuk membuat banner maupun thumbnail dari laman game kamu terlihat mencolok dengan visual penghargaan maupun ulasan media, dan hanya dapat meletakkan penghargaan di informasi game.(dnz)

BACA JUGA:

Steam Deck, Konsol Game Portable Garapan Valve

#Game #Gaming
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan