Games

Valve Hadirkan Fitur Mirip Quick Resume di Steam Deck

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 28 Januari 2022
Valve Hadirkan Fitur Mirip Quick Resume di Steam Deck
Steam Deck maksimalkan performa storage dengan fitur jalankan game anti-lemot. (Foto: Valve)

SPESIFIKASI yang mumpuni seperti storage layaknya konsol next-gen mendorong Valve untuk menghadirkan fitur serupa pada Steam Deck. Salah satunya yakni pemain dapat menikmati game kapanpun tanpa harus booting. Ini menkadi ide bijak dari Valve untuk pengguna Steam Deck yang ingin berpindah game tanpa harus pusing menunggu.

Mengutip laman IGN, konsol portabel yang akan digarap oleh Valve tersebut akan menghadirkan fitur yang mirip seperti Quick Resume yang ada pada PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Fitur yang memungkinkan pemain dapat berpindah game serta melanjutkan game-nya tanpa harus menunggu meski konsol dalam keadaan standby.

Baca juga:

Lebih Baik Steam Deck atau Nintendo Switch?

Valve Hadirkan Fitur Mirip Quick Resume di Steam Deck
Fitur Steam Deck untuk memindahkan proses permainan melalui cloud storage. (Foto: Valve)

Fitur yang dinamakan Dynamic Cloud Sync ini akan memanfaatkan performa storage SSD NVMe yang ada pada Steam Deck. Meski fitur ini bukan kali pertama dihadirkan, Sony dan Nintendo juga sudah memakai fitur ini di PlayStation Vita dan Nintendo Switch, akan tetapi performanya tidak akan sebagus konsol portabel garapan Valve yang memiliki storage SSD dengan kecepatan tinggi.

Bahkan, fitur ini juga akan membuat kamu dapat melanjutkan game yang telah kamu tunda permainan di PC. Dengan mengunggah data penyimpanan dan proses ke dalam cloud storage agar membuat kamu dapat melanjutkan permainan yang kamu tunda di PC ke Steam Deck.

Baca juga:

Steam Deck, Konsol Game Portable Garapan Valve

Fitur ini dapat dinyala-matikan, bila dimatikan Steam Deck juga tetap dapat menyimpan data penyimpanan proses permainan di storage-nya hingga Dynamic Cloud Sync kembali dinyalakan. Pemain tak perlu takut bila proses permainan menjadi terpisah dikarenakan internet yang tidak mumpuni untuk transfer data untuk fitur ini.

Dynamic Cloud Sync akan dihadirkan secara gratis tanpa biaya apapun, akan tetapi tidak semua game hadir dengan fitur ini. Menurut Valve, Dynamic Cloud Sync tidak dapat dinyalakan secara otomatis dan membutuhkan izin dari developer agar dapat diimplementasi ke dalam game melalui Steamworks.

Fitur ini sangat cocok untuk pemain yang suka berpergian. Dengan adanya fitur ini kamu dapat menyelesaikan game kesukaanmu di luar rumah menggunakan Steam Deck, dan melanjutkannya di rumah dengan PC tanpa perlu menunggu booting berkat storage SSD NVMe yang memiliki kecepatan membaca yang singkat. (dnz)

Baca juga:

Kompatibel atau Tidak, Ini Sistem Verifikasi untuk Steam Deck milik Valve

#Game #Konsol Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan