Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Tampil beda, upacara kemerdekaan Indonesia di beragam daerah (Foto: Pexels/Dio Hasbi Saniskoro)

TEPAT tanggal 17 Agustus, warga Indonesia serentak memperingati Hari Kemerdekaan. Euforia terasa sejak memasuki bulan kemerdekaan. Bendera terpasang di pagar rumah. Sekelompok orang sibuk memikirkan rangkaian acara dan mendirikan gapura. Pedagang musiman bersaing menggarap keuntungan. Lumrah terjadi.

Upacara menjadi kegiatan wajib saat hari kemerdekaan Republik Indonesia. Biasanya, upacara berlangsung di lahan terbuka yang luas. Salah satunya di Istana Merdeka. Memiliki tujuan sama, beberapa wilayah di Tanah Air melakukan cara yang tidak umum. Melansir berbagai sumber, berikut beragam cara unik yang dilakukan untuk rayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Baca juga:

Paskibraka Nasional Siap Bertugas pada Upacara di Istana Merdeka



1. Upacara di dataran pasir Bromo

Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia
Upacara HUT RI ke-71 di Lautan Pasir Bromo (Foto: antaranews)

Gunung Bromo terkenal sebagai destinasi wisata menawan. Lebih dari seratus ribu pelancong mengunjungi kawasan ini. Lahan Gunung Bromo pernah dijadikan tempat upacara HUT RI ke-71.

Berjarak satu kilometer dari bibir kawah, tepatnya di Lautan Pasir Bromo. Berbagai kesenian khas Suku Tengger Bromo memeriahkan rangkaian acara hari kemerdekaan Indonesia.

2. Upacara bersama gajah

Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia
Satwa di Safari & Marine Park ikut upacara HUT RI ke-72 (Foto: kebalilagi.com)

Serangkaian perlombaan meriahkan HUT RI ke-72. Puncaknya ditutup dengan upacara bersama. Uniknya, warga Bali melakukan upacara bersama satwa dari Safari & Marine Park.

Termasuk di antaranya gajah, burung macaw, kakatua, iguana, binturong dan ular. Para satwa telah dilatih sebelum upacara berlangsung. Kerja keras satwa dan pelatih diapresiasi oleh seluruh pengunjung yang menyaksikan upacara.

Baca juga:

Perayaan 17 Agustus dan Makna di Dalamnya

3. Upacara bawah laut

Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia
Upacara HUT RI ke-72 di bawah laut (Foto: antaranews/ekho ardiyanto)

Umumnya upacara dilakukan di darat. Komunitas penyelam asal Kabupaten Kutai dan Kalimantan Timur memperingati HUT RI ke-72 di bawah laut.

Kedalamannya mencapai 20 meter. Memilih perairan Pulau Birah Birahan. Upacara sekaligus kampanye pelestarian ekosistem laut. Menjadi upaya menjaga wilayah pulau untuk berhenti merusak terumbu karang.

4. Hutan bakau dijadikan lahan upacara

Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia
Hutan bakau di Papua sempat dijadikan lahan upacaran HUT RI ke-73 (Foto: antaranews/Dhias Suwandi)

Memperingati HUT RI ke-73, Forum Komunitas Jayapura melangsungkan upacara di atas perahu rakit. Dihadiri 45 peserta. Para aktivis merakit perahu dari barang bekas selama dua minggu.

Laman antaranews mengungkapkan cara ini dilakukan untuk mengusung isu lingkungan melalui hutan bakau di tiga kota. Tobati, Engros dan Nafri yang terpilih.

Sebelumnya upacara juga pernah memanfaatkan lahan hutan bakau di Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Karawang, Langsa dan Medan untuk upacara kemerdekaan.

5. Upacara di pulau reklamasi

Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia
Tanah hasil reklamasi jadi lokasi upacara HUT RI ke-74 (Foto: antaranews/iggoy el fitra)

Tanah hasil reklamasi di Jakarta Utara menjadi lokasi upacara HUT RI ke-74. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gelar upacara bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kawasan Pantai Maju milik PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Mengusung tema penghijauan. Persiapan mulai dari pepohonan, rerumputan, tenda, tempat duduk hingga shuttle bus dari Pemprov Jakarta. (dys)

Baca juga:

Rayakan HUT RI, Anies akan Upacara di Pulau Reklamasi



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH