Rayakan HUT RI, Anies akan Upacara di Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dikabarkan akan melangsungkan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74 di Pulau D atau Pantai Maju Pulau Reklamasi Teluk Jakarta.

Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarno mengatakan pemilihan Pantai Maju sebagai lokasi upacara baru diputuskan pada Selasa (23/7) lalu.

Baca Juga: Anies Tegaskan Tidak Akan Bongkar Bangunan di Kawasan Pulau Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (MP/Asropih)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (MP/Asropih)

Menurut Hani, sempat ada dua opsi pulau sebelum menentukan pilihan di Pantai Maju. Alasan Pemprov DKI mempertimbangkan Pantai Maju karena fasilitas di pulau tersebut sudah dibangun dan dalam kondisi baik.

"Ada dua tempat sebelumnya, baru Selasa kemarin, diputuskan tempat di pantai Maju awalnya di pantai Kita," kata Hani di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (25/7).

Hani menuturkan, fasilitas yang nantinya berdekatan dengan fasilitas jalan sehat sepeda santai (Jalasena).

"Pantai maju itu aksesnya sudah baik, sudah di aspal, juga di tengah ada kawasan rumput, pohon, waktu ground breaking jalasena," jelanya.

Hani menjelaskan, alasan Pemprov DKI memilih lokasi yang kontroversi itu karena ingin menunjukkan Jakarta mengendalikan penuh wilayah laut. Dengan begitu menunjukkan Indonesia memiliki kedaulatan yang kuat baik di laut, darat, maupun udara.

Baca Juga: Ini Alasan Anies Terbitkan IMB Kawasan Reklamasi Pulau C dan D

Selain itu kegiatan tersebut bisa menjadi pemberitahuan kepada masyarakat pantai reklamasi sudah terbuka dan bisa diakses secara bebas.

"Ini juga menjadi representasi, kawasan pantai di pulau yang direkamasi ini diakses publik secara terbuka pungkasnya," tutupnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 lalu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggelar acara upacara Hari Kemerdekaan HUT RI ke 73 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Bangunan yang terdapat di pulau reklamasi
Bangunan di Pulau C dan D kini sudah memiliki IMB yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: antaranews)

Anies beralasan, pemilihan tempat upacara di Lapangan Banteng, karena di tahun-tahun sebelumnya terkesan tidak layak karena disepanjang penglihatan mata memandang berjajar poster-poster warung yang terletak di Lapangan Parkir Eks, Irti Monas.

Baca Juga: Anies Berkilah Reklamasi yang Masih Jalan di Banten, Bukan Jakarta

"Ya jadi kita selama ini upacara menggunakan tempat parkir (monas) suasananya tidak sakral bahkan terkesan seperti tidak rapih kanan kiri poster-poster warung kanan kiri tempat-tempat yang rasanya kurang pas untuk jadi tempat upacara lokasi upacara bendera memperingati 17 agustus," kata Anies di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/8). (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH