Uniknya Danau Air Asin di Pulau Satonda, NTB Danau Satonda, danau air asin. (Foto: Instagram@renyoook)

INDONESIA memang memiliki segudang tempat wisata menakjubkan dan tak kalah dengan negara lain. Contohnya saja Pulau Satonda yang berada di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di sana terdapat danau yang memiliki air asin.

Keunikan itu terjadi lantaran meluapnya air laut Gunung Tambora meletus ribuan tahun lalu. Saat pertama kali ditemukan tahun 1984, tingkat keasinan danau ini sangat tinggi dan pekat. Bahkan cahaya matahari hanya bisa menembus sedalam 10 meter saja.

Meski memiliki sesuatu yang unik, danau seluar 2,5 kilometer persegi itu belum diketahui habitat apa saja yang ada di sana. Pasalnya, belum ada penelitian lebih lanjut di Danau Satonda.

Cerita Rakyat kemunculan Danau Satonda

Instagram/fhirx
(Foto: Instagram@fhirx)

Dahulu kala Raja Tambora sedang melakukan perjalanan menuju Sumatera untuk mencari pasangan hidup. Hingga akhirnya ia melihat perempuan rupawan di dekat Dompu. Raja Tambora terpikat dan ingin mempersunting perempuan itu.

Sang raja langsung mengutarakan keinginannya kepada si perempuan tersebut. Sayangnya saat menceritakan kehidupannya, perempuan rupawan itu menyadari kalau Raja Tambora adalah anaknya yang hilang. Namun sang raja tak percaya, ia tetap ingin mempersuntingnya.

Saat kemurkaan memuncak, tiba-tiba muncul gulungan awan hitam bersama petir dan gempa bumi. Saat itulah Gunung Tambora meletus dan membuat gelombang tsunami yang membuat daratan terpisah menjadi pulau-pulau kecil.

Sang raja yang selamat dari bencana tersebut akhirnya menyesal karena ingin menikahi ibu kandungnya. Ia kemudian menangis. Air di Danau Satonda itu dipercaya masyarakat sebagai air mata penyesalan Raja Tambora.

Baca artikel wisata lainnya: Mau Berlibur Sambil Melihat Aksi Lumba-Lumba Liar? Datanglah ke Tempat Ini

Akses menuju Pulau Satonda

Instagram/anugrahaan
(Foto: Instagram@anugrahaan)

Selain memiliki danau yang unik Pulau Satonda juga terdapat sebuah pohon kalibuda. Masyarakat setempat percaya kalau seseorang yang mengucapkan keinginan sambil menggantungkan batu kecil ke ranting pohon maka harapannya dapat terkabul.

Soal akses, jika ingin ke pulau ini kamu bisa menyeberangi lautan dari Desa Nangamiri. Tapi sebelum itu kamu harus menghabiskan waktu 3-4 perjalanan dari Kota Dompu, NTB.

Perjalanan menyeberangi laut sekitar satu jam dengan tarif yang cukup murah yakni tak sampai Rp 100 ribu per orang. Jika sudah sampai kamu bisa memilih langsung bersantai di pinggir danau atau mendaki sebuah bukit untuk melihat semua area dari atas. Lama perjalanan mendaki sekitar 1,5 jam. (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca: Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kapal Tenggelam

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH