Wisata Indonesia

Mau Berlibur Sambil Melihat Aksi Lumba-Lumba Liar? Datanglah ke Tempat Ini

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 29 Juni 2018
Mau Berlibur Sambil Melihat Aksi Lumba-Lumba Liar? Datanglah ke Tempat Ini
Ada banyak titik-titik di Indonesia yang biasanya lumba-lumba terlihat. (Foto: Instagram @telukkiluanlampung)

KITA sering melakukan atraksi-atraksi yang cukup memukau. Biasanya aksi mereka dipandu oleh seorang pawang di dalam kolam sempit.

Meski terlihat menyenangkan, lumba-lumba yang melakukan atraksi di dalam kolam sebenarnay tersiksa. Banyaknya orang yang menonton serta bisingnya suara musik membuat mereka stres. Jadi lebih baik jika kamu menonton kelucuan mereka langsung di alam bebas.

Nah, untuk itu kali ini penulis akan memberikan rekomendasi dimana kamu bisa melihat atraksi lumba-lumba di alam liar. Dimanakah itu? Berikut ulasannya.

Teluk Kiluan, Lampung

Instagram/telukkiluanlampung
Lumba-lumba di Teluk Kiluan (Instagram @telukkiluanlampung)

Tempat yang berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung ini memang bisa dibilang surga yang tersembunyi. Pasalnya, kamu akan disuguhkan panorama indah saat sampai ke sana. Sayangnya, untuk menuju ke sana aksesnya agak sulit hingga membutuhkan keterampilan berkendara.

Di tempat ini, kamu tak hanya bisa melihat satu atau dua lumba-lumba melainkan ratusan ekor. Konon, kumpulan lumba-lumba ini adalah yang terbesar di Asia. Terdapat dua jenis lumba-lumba pertama Hidung Botol yang berukuran lebih besar dan pemalu serta Paruh panjang yang senang melompat-lompat.

Pantai Lovina, Bali

Lumba-lumba di Pantai Lovina (Instagram/yukjalan85)
Lumba-lumba di Pantai Lovina (Instagram @yukjalan85)

Salah satu tempat yang paling favorit dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Pantai Lovita. Pasalnya kamu bisa menyaksikan kelucuan lumba-lumba di habitatnya langsung.

Sedikit tips, kamu bisa datang sekitar pukul 5 sampai 8 pagi untuk melihat lumba-lumba. Karena kalau terlalu siang, hewan tersebut akan memilih berenang di kedalaman. Selain itu, daya tarik Pantai Lovina adalah sunrise yang sangat indah.

Pulau Siladen, Manado

Lumba-lumba di Pulau Siladen (Instagram/effa_hending)
Lumba-lumba di Pulau Siladen (Instagram @effa_hending)

Pulau Siladen adalah salah satu tempat terindah di Manado. Pulau ini masih masuk di area Taman Laut Bunaken. Di sini kamu kan disuguhkan berbagai biota laut mulai dari ikan pari, terumbu karang, hingga lumba-lumba.

Namun berbeda dengan Pantai Lovina yang sudah bisa ditebak kapan waktu munculnya lumba-lumba, di tempat ini kamu harus sabar menunggu. Namun jika tak sabar kamu bisa melintasi perairan di pulai ini. Terkadang Lumba-lumba akan muncul dan berenang di sekitar kapal.

Kepualau Derawan, Kalimantan Timur

Ilustarsi lumba-lumba (Instagram/telukkiluanlampung)
(Instagram @telukkiluanlampung)

Kamu dipastikan akan terpesona jika datang ke tempat ini. Pasalnya keindahan Kepulauan Derawan satu level dengan Bunaken dan Raja Ampat. Di tempat ini kamu bisa melihat hiu paus yang berenang bebas mencari makanannya. Meski ukurannya cukup besar, hiu paus sangat jinak. Kamu bisa berfoto bahkan bermain dengannya.

Nah, jika ingin melihat lumba-lumba kamu bisa melintasi perairan di sana. Biasanya sekawanan lumba-lumba akan muncul di sekitar kapal ketinga mendengar suara mesin. Seakan hewan tersebut ingin memberi salam persahabatan ke kamu.

Perairan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Ilustarsi lumba-lumba (Instagram/telukkiluanlampung)
(Instagram @telukkiluanlampung)

Salah satu tempat yang cukup diminati oleh wisatawan adalah Taman Nasional Komodo. Bukan hanya orang-orang biasa saja yang pernah berkunjung ke tempat ini, para selebritis dunia juga pernah mampir dan menikmati keindahan Taman Nasional Komodo.

Di sini kamu bisa melihat kadal terbesar di dunia. Ada juga pantai dengan warna pasir unik yakni pink. Nah, di perairannya kamu bisa melihat lumba-lumba yang berenang bebas. (yani)

Itulah tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat lumba-lumba liar. Selain artikel ini kamu juga bisa baca Cara Ajaib Merawat Celana Ripped Jeans Tampak Baik

#Lumba-lumba #Wisata Lampung #Pulau Komodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan