Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kapal Tenggelam Sumber: TheHealthSite.com

PERISTIWA kapal tenggelam kembali terjadi. Setelah sebelumnya KM Sinar Bangun tenggelam di Danai Toba, kini KM Lestari Maju juga bernasib sama. Kapal muat yang mengangkut 164 penumpang itu tenggelam di Selayar, Sulawesi Selatan.

Peristiwa yang terjadi di Danau Toba dan Selayar bisa saja terjadi kepada siapapun. Guna mencegah peristiwa yang tak diinginkan, alangkah lebih baiknya jika mempelajari terlebih dahulu bagaimana teknik menyelamatkan diri ketika kapal tenggelam. Berikut ulasannya.

Tetap tenang

Hal yang paling utama ketika terjadi peristiwa ini adalah tetap tenang dan jangan panik. Dengan begitu kamu akan tetap berpikir jernih. Jika tenggelam di laut sikap tenang membuat tubuh kamu otomatis mengapung. Sebaliknya panik akan membuat kamu lebih banyak bergerak sehingga cepat tenggelam.

Cari benda mengapung

Sumber: STS First Aid
Sumber: STS First Aid

Coba cari benda mengapung di sekitar kamu. Tujuannya agar membantu kamu dalam mengapung di air. Jika memakai sepatu jangan dilepaskan, karena berat sepatu yang lebih ringan daripada air juga mambu membantu kamu mengapung.

Perhatikan posisi kapal

Kamu harus perhatikan posisi kapal. Jika tenagamu masih mampu bergerak, berenanglah. Biasanya, tim penyelamat akan mulai menolong korban yang dekat dengan kapal.

Selamatkan diri dulu

Jika belum merasa aman, cobalah selamatkan diri terlebih dahulu. Usahakan jangan menyelamatkan orang lain, sebelum kamu selamat. Jika hal itu dilakukan bisa saja kamu malah akan tenggelam bersama.

Nah, itulah beberapa tips ketika kapal yang dinaiki tenggelam. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selain artikel ini kamu juga bisa baca 5 Misteri Pantai Pelabuhanratu, Tempat Nining Menghilang Selama 1,5 Tahun

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH