Ulat Sagu Camilan Bergizi dari Papua, Berani Coba? Ulat Sagu Papua, Instagram @beautifulpapuan

MerahPutih Kuliner - Indonesia merupakan negara heterogen yang memiliki berbagai suku budaya dan cita rasa kuliner pastinya, jika kuliner lezat seperti rendang, gudeg, pempek sudah terlalu biasa, bagaimana kalu kita cicipi kuliner khas Timur Indonesia, Ulat Sagu.

Jika dilihat memang agak menggelikan, bagaimana tidak, ulat memang dikenal sebagai serangga yang menjijikan dan bikin merinding, tapi jangan salah orang-orang di Papua menjadikan ulat sagu sebagai makanan lezat mereka, dan Ulat Sagu ternyata mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk tubuh loh.

Ulat Sagu berasal dari pohon sagu yang sudah ditebang dan kulitnya mulai membusuk, orang Papua menjadikan sagu sebagai makanan pokok mereka, setelah pohon sagu ditebang dan diambil sagunya, batang pohon sagu akan dibiarkan kemudian bermunculanlah sekelompok ulat sagu yang lezat.

Bentuk ulat sagu bervariasi, ada yang sangat kecil hingga yang paling besar seukuran jempol jari tangan orang dewasa. Nha ulat sagu ini biasa dimakan langsung (masih hidup) atau dimasak terlebih dahulu, bisa disayur, direbus, atau digoreng dan dijadikan sate loh.

Rasanya? Hemm jangan salah, ulat sagu yang sudah dimasak rasanya sangat gurih, legit, manis dan sedikit asin.

Kandungan gizi dari Ulat Sagu itu sendiri, ditiap 100 gr ulat sagu mentah yang akan dimasak mengandung protein sekitar 9,34%, juga terdapat beberapa kandungan asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84%), asam glutamat (2,72%), tirosin (1,87%), lisin (1,97%), dan methionin (1,07%).

Bagi kamu yang penasaran coba kalau main ke Papua makan santapan yang satu ini ya.

BACA JUGA:

  1. Wisata Kuliner Romantis di Kampung Jajan Gintung
  2. Berburu Kuliner Betawi di Festival Lebak Bulus
  3. Pantai Sundak, Tempatnya Wisata Pantai dan Kuliner Laut
  4. Laksan, Kuliner Favorit Khas Palembang
  5. Tekwan, Kuliner Khas Palembang Paling Maknyus

 

 


Tags Artikel Ini

Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH