Ulat Bulu Cikal Bakal Kupu-kupu Cantik Beberapa ulat tidak direkomendasikan untuk disentuh karena beracun. (Foto: Unsplash/Yoal Desurmont)

ULAT bulu adalah cikal bakal lahirnya serangga terbang, seperti kupu-kupu atau ngengat. Penyuka keindahan kupu-kupu harus memahami asal dari keindahan itu.

Namun, beberapa ulat tidak direkomendasikan untuk disentuh. Karena beracun dan timbulkan efek samping, terutama pemilik tanaman. Karena ulat bulu bukan hanya merusak tanaman, melainkan memberi efek jera pada pemegangnya.

Baca Juga:

Mengenal Kumbang Terkuat di Bumi, Enggak Mempan Dilindas Mobil

Ulat kucing (Flannel Moth Caterpillar)

ulat
Karena bulunya yang tebal ulat ini dipanggil ulat kucing. (Foto: Pexels/Anthony)

Karena bulunya lebat maka sering dipanggil ‘kucing’. Ulat kucing menyembunyikan duri racunnya di balik bulu-bulunya yang lebat, sehingga sulit dikenali bila tidak awas. Bila tak sengaja disentuh, menyebabkan ruam pada permukaan kulit. Permasalahannya adalah rasa sakit yang diberikan ulat kucing bertahan dalam beberapa hari pasca terkena tusukan. Habitat ulat kucing terkonsentrasi di Texas, Arkansas, Florida, dan New Jersey.

Ulat pelana (Saddleback Moth Caterpillar)

ulat
Ada tanduk pada ujung tubuhnya. (Foto: Center for Urban Agriculture)

Penampilan ulat saddleback cukup terang dengan sepasang tanduk pada kedua ujung tubuhnya. Tanduknya memiliki bulu-bulu halus yang mengandung racun. Korbannya mengalami iritasi pada kulitnya, bengkak, dan ruam di kulit. Ulat dengan warna hijau terang pada punggungnya, dan dua titik seperti bola mata, membuat ulat bulu ini disebut ‘ulat siput.’ Habitatnya di Meksiko, Alabama, Florida, dan Missouri.

Ulat Io (Io Moth Caterpillar)

ulat
Bersembunyi di dedaunan. (Foto: Entomology and Nematology Department - University of Florida)

Ulat Io hampir mirip dengan saddleback bila dilihat dari segi warna tubuh, yaitu hijau. Akan tetapi, ulat jenis ini melapisi tubuh dengan duri hitam di pangkal ujungnya. Hidup ulat Io berkelompok dalam telur sebelum keluar sebagai larva (ulat).

Menyerupai adalah kemampuan unggulan ulat Io saat bersembunyi di belakang dedaunan. Akibatnya, sentuhan dedaunan oleh tubuh manusia membuka peluang ulat Io untuk menyengat korban. Habitat ulat Io di bagian tengah dan timur dari Amerika Serikat.

Ulat mawar (Stinging Rose Caterpillar)

ulat
Jarang terlihat di alam. (Foto: Arthropod Museum - University of Arkansas)

Ulat mawar ini memiliki tanduk lebih banyak dan satu garis tanda pembelah. Ulat jenis ini jarang ditemui, karena domisilinya hanya di bagian timur Amerika Serikat. Makanan ulat mawar beraneka ragam, mulai dari daun bunga mawar, apel, ceri, yangmei, maple, sampai ek. Ulat mawar mengembangkan garis merah, kuning, dan oranye, sebagai peringatan pada musuhnya, terutama manusia yang kurang berhati-hati. Ketika ulat-ulat bulu lainnya dihindari, ulat mawar perlu diabadikan dengan foto karena jenisnya jarang muncul di hadapan manusia.

Baca Juga:

Cara Sederhana Menyingkirkan 5 Jenis Hama Menyerbu Rumah

Ulat berduri oak (The Spiny Oak Slug)

ulat
Memiliki bulu yang banyak juga. (Foto: Roads End Naturalist)

Ulat berduri oak aka siput berduri oak, adalah jenis ulat dengan garis berbintik, baik abu-abu maupun warna lainnya. Ulat jenis ini layak kontes penampilan melawan ulat mawar, dikarenakan garis berbintiknya. Keunggulan utama ulat duri oak adalah bulu-bulu yang panjang dan berjumlah banyak. Kisarannya lebih banyak dari ulat mawar, tapi di belakang ulat kucing.

Sengatan ulat ini menimbulkan rasa sakit serius, sehingga butuh bantuan ahli medis. Terlebih ulat ini suka bersembunyi dibalik dedaunan. Habitat ulat ini terkonsentrasi di Amerika Utara, kendati jarang ditemui seperti halnya ulat mawar.

Ulat Flanel putih (White Flannel Moth Caterpillar)

ulat
Mempunyai jumbai bulu panjang. (Foto: Entomology - University of Kentucky)

Ulat ini memiliki warna hitam, kuning, dan merah di tubuhnya, dan mempunyai jumbai bulu panjang berwarna hitam. Meskipun bulunya panjang, sengatan justru muncul lewat bulu pendek yang tersambung dengan tubuh. Sebutan flanel putih merujuk pada ngengat flanel berwarna putih, yaitu versi dewasa ulat bulu ini.

Ulat flanel putih tinggal di Mississippi, Alabama, dan Tennessee, dari Negeri Paman Sam. Flanel putih banyak berkeliaran di akhir musim panas, sedangkan sengatannya tidak berlaku saat menjadi ngengat. Ada baiknya tidak sembarangan menyentuh ulat jenis ini, kendati bulu panjangnya tidak beracun.

Ulat monyet (Monkey Slug Caterpillar)

ulat
Sepintas mirip laba-laba- (Foto: Nerdist)

Ulat tas atau dikenal sebagai ulat ‘monyet,’ lebih menyerupai tarantula daripada ulat. Jenis ini juga disalahpahami sebagai daun yang membusuk. Ulat tas memiliki kaki dan bulu yang tebal guna menutupi duri sebagai penampung racun.

Alasan jenis ini disalahpahami karena bentuknya mirip ordo kaki delapan (arachnida). Bila dihitung kakinya, jumlahnya kisaran enam sampai delapan kaki. Habitat ulat jenis ini adalah Maine, Quebec, Florida, Arkansas, Nebraska, dan Mississippi.

Ulat buck (Buck Moth Caterpillar)

ulat
(Foto: Entomology and Nematology Department - University of Florida)

Ulat ini adalah jenis ulat sengat yang umum ditemukan di timur Amerika Serikat, terutama di pohon ek. Kendati ulat jenis ini ada di negara bagian tengah dan selatan. Warna ulat ini hitam, sehingga mudah ditemui kalau ada daun. Namun, sulit ditemukan kalau menempel di pohon ek.

Ulat buck memiliki jumbai merah ditutupi bulu beracun, sehingga menyebabkan ruam pada tempat yang tertusuk. Jenis ini keluar di musim semi, lebih awal dari ulat flanel putih yang keluar pada musim panas akhir. Demikianlah ulat-ulat bulu yang harus diwaspadai, tapi bisa dipelajari untuk menambah ilmu. (bed)

Baca Juga:

Bisa Dicoba Nih, Usir Nyamuk dengan Tanaman

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Johnny Depp Dapat Penghargaan dari Festival Film San Sebastian
ShowBiz
Johnny Depp Dapat Penghargaan dari Festival Film San Sebastian

Johnny Depp dianggap telah memberikan kontribusi besar bagi dunia film.

Pelajaran yang Bisa Didapatkan dari Film Dokumenter 'Seaspiracy'
ShowBiz
Pelajaran yang Bisa Didapatkan dari Film Dokumenter 'Seaspiracy'

ekosistem yang terjaga akan memberikan kehidupan yang berkelanjutan.

Tips Membiasakan Jamu Agar Tidak Traumatik
Fun
Tips Membiasakan Jamu Agar Tidak Traumatik

Karena kebiasaan itu, lanjut Nova, ia jadi tak merasa takut dan trauma saat meminum jamu.

Belajar dari Jerome Polin, Yuk Jangan Tunda Browsing Sebelum Posting
Hiburan & Gaya Hidup
Belajar dari Jerome Polin, Yuk Jangan Tunda Browsing Sebelum Posting

Jerome Polin dianggap meremehkan pembalap Indonesia oleh warganet.

Toge Production Buat Donasi untuk Keluarga Mohammad Fahmi Hasni
Fun
Toge Production Buat Donasi untuk Keluarga Mohammad Fahmi Hasni

Gim seperti Coffee Talk dan What Comes After akan benar-benar meninggalkan kenangan yang sangat berarti.

'Sang Bidadari' Lahir dari Kebosanan
ShowBiz
'Sang Bidadari' Lahir dari Kebosanan

merupakan ide spontan yang muncul di tengah kejenuhan dirinya

Pemuda Negeri Aing, Jagonya Mengembangkan Game
Fun
Pemuda Negeri Aing, Jagonya Mengembangkan Game

Pemuda negeri aing berprestasi menciptakan game populer di Indonesia.

Resmi, Amy Schumer, Regina Hall, dan Wanda Sykes Jadi Host Oscar
ShowBiz
Resmi, Amy Schumer, Regina Hall, dan Wanda Sykes Jadi Host Oscar

Untuk pertama kalinya selama gelaran Oscar, tiga perempuan akan menjadi host.

Empat Destinasi Wisata Lokal Korea Selatan Bertema BTS
Fun
Empat Destinasi Wisata Lokal Korea Selatan Bertema BTS

ARMY wajib berkunjung ke tempat wisata ini.

Sifat Buruk yang Biasa Dilakukan Sagitarius dalam Hubungan Asmara
Fun