Sains

Mengenal Kumbang Terkuat di Bumi, Enggak Mempan Dilindas Mobil

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 25 Oktober 2020
Mengenal Kumbang Terkuat di Bumi, Enggak Mempan Dilindas Mobil
Seorang ilmwuan menemukan kumbang dengan kekuatan super (Foto: flickr/vahe martyrosian)

KUMBANG Diabolical Ironclad salah satu makhluk paling kuat di planet ini. Cangkang pelindungnya dapat menahan kekuatan berkali lipat tubuhnya.

Seperti dilansir Odditycentral, pada tahun 2015, Jesus Rivera seorang ahli entomologi memberitahu kumbang ditemukan di Pantai Barat Amerika Utara memiliki 'kekuatan super', memungkinkannya bertahan hidup usai dilindas mobil, namun banyak orang tak mempercayainya.

Baca Juga:

Kucing Ajaib Viral Ini Dijual Rp1,8 Miliar, Intip Kelebihannya

Karena itu, Jesus Rivera melakukan eksperimen, dengan meletakkan kumbang hitam tidak mencolok itu di atas sebuah tanah di tempat parkir, dan meminta seorang teman melindasnya dengan Toyota Camry sebanyak dua kali.

Usai dilindas, serangga itu berpura-pura mati, tapi ketika Rivera menusuknya, serangga itu ternyata masih hidup.

Kumbang Diabolical Ironclad memiliki 'baju besi alami' (Foto: instagram @snaptica)

Ilmuwan tersebut yakin kumbang tersebut bisa dengan mudah bertahan ditabrak mobil sehingga Rivera akhirnya menghabiskan karir doktoralnya mempelajari kekuatan super kumbang, untuk mencari tahu apa yang membuatnya begitu kuat.

Kumbang bernama The Diabolical Ironclad itu tidak lebih besar dari sebutir beras, tetapi exoskeleton pelindungnya memungkinkan menahan gaya 39.000 kali berat tubuhnya. Ilmuwan menjelaskan kekuatannya setara dengan orang seberat 150 pon yang bertahan dibawah berat sekitar 25 ikan paus. Itu mungkin tidak hanya akan membunuh, tetapi juga akan membuat gepeng hampir semua makhluk lain.

Selama proses pengujian, para ilmuwan menyebutkan bahwa Kumbang tersebut memiliki suatu hal spesial. Berbeda dengan gastropoda kaki bersisik yang cangkangnya mengandung zat besi dan mineral keras lainnya, cangkang pelindung kumbang Diabolical Ironclad hanya mengandung komponen organik.

Kumbang tersebut dikabarkan seperti mengenakan 'baju besi alami'. Para ilmuwan mendapati cangkangnya dikemas dengan protein yang bisa meningkatkan daya tahan, serta dirancang dengan sangat cerdik.

Baca Juga:

Peneliti Temukan Spesimen Burung Langka, Setengah Jantan Setengah Betina

Eksoskeleton kumbang itu tampaknya telah berevolusi dari sepasang sayap depan yang sekarang sudah tidak berfungsi. Di mana membentang di punggung serangga dan menempel pada struktur terpisah yang melindungi perutnya.

Di bawah bagian luar yang keras itu, terdapat penyangga yang lapang, yang menginspirasi para peneliti untuk membandingkan kumbang dengan telur yang sangat tahan lama.

Analisis tentang 'baju besi' kumbang tersebut juga mengungkapkan, meski beberapa lapisan akhirnya pecah di bawah tekanan tingkat tertentu, kumbang itu tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Hingga saat ini, tidak ada bahan yang bisa meniru pelindung kumbang 'berbaju besi' tersebut. Namun, data yang baru-baru ini diterbitkan pada studi baru, diharapkan bisa menginspirasi bahan baru dan inovatif ynag meniru struktur serta desain alam yang dibuat. (Ryn)

Baca Juga:

Mirip 'Permata Hidup', Hewan Ini Jadi Sorotan di Media Sosial

#Teknologi #Viral #Berita Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan