Cara Sederhana Menyingkirkan 5 Jenis Hama Menyerbu Rumah Semut merupakan hama yang umum berkerumunan di rumah (Foto Pixabay Hans)

PERNAH enggak sih tiba-tiba rombongan serangga, hewan pengerat, bahkan rayap menyerbu rumah. Pengalaman itu tentu jadi sangat menakutkan. Dengan munculnya "hama" tidak diinginkan di rumah, kehidupan menjadi merasa tidak aman.

Serangan hama itu menghancurkan furnitur, pakaian, dan menakuti anak-anak serta hewan peliharaan. Terkadang mereka muncul di tempat tak terduga.

Baca juga: Lindungi Keluarga, Usir Tikus dengan Cara Ampuh Ini



Dilansir dari laman brightside.me, ikuti cara-cara sederhana dan efektif ini untuk menyingkirkan hama tanpa membunuhnya.



1. Semut

Semut
Semut merupakan hama yang umum berkerumunan di rumah (Foto Pixabay Hans)

Semut merupakan hama paling umum di rumah. Mereka merangkak secara beruntun untuk mencari makanan. Tentu hal pertama harus kamu lakukan mengamankan makanan atau minuman manis disukai semut dengan wadah atau tempat tertutup. Jika makanan dan minuman sudah tidak dikonsumsi lagi, kamu bisa membuangnya ke tempat sampah.

Semut tidak akan menghampiri rumahmu bila tak ada makanan mudah akses. Ingat pepatah, "ada gula, ada semut". Dan pepatah itu benar terjadi bila kamu sengaja mengundangnya masuk rumah dengan banyaknya makanan simpanan mudah akses.

Selain itu, semut juga membenci bedak bayi. Taburkan di sepanjang dinding atau lantai sering dikerumuni semut untuk menghentikan mereka.



2. Kumbang kecil

Kumbang
Kumbang kecil yang sulit dilihat dengan mata telanjang (Foto sbornik.co)

Kumbang kecil merupakan serangga biasanya ditemukan orang di dapur. Seperti semut, mereka merangkak mencari makanan tersedia. Maka, kamu harus membersihkan dapur dengan cermat selangkah demi selangkah. Hilangkan semua kumbang tersebut dari rak dan bersihkan dengan larutan cuka putih.

Kumbang kecil tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi, kamu harus membuang semua sereal, makanan dipanggang, dan permen yang mungkin bisa mereka capai, atau amankan semua makanan tersebut ke ruangan tertutup.



3. Ngengat

Ngengat
Ngengat menyukai bahan-bahan berbulu dan memakannya (Foto Pixabay Illuvis)

Jika ada mantel berbulu di lemari pakaian kamu, maka harus hati-hati karena larva ngengat suka memakan bulu dan kain lainnya. Usahakan untuk tidak meletakkan pakaian kotor di lemari, karena ngengat tertarik bau keringat.

Kamu bisa antisiapsi dengan menaruh lavender, daun salam, cengkeh, rosemary, dan thyme, lalu letakan daun ini di tempat sering dikunjungi ngengat. Mereka tidak akan betah lantaran membenci aroma tumbuhan itu.


Baca juga: Buah Bintaro Beracun dan Ditakuti tikus


4. Ular

Ular
Miliki keberanian kuat untuk menyingkirkan hama ini (Foto Pixabay designerpoint)

Ular merupakan hama paling sulit diprediksi dan tidak mudah untuk ditanggulangi. Kamu bisa menggunakan sapu atau tongkat untuk menyingkirkannya. Sarung tangan yang kuat juga dapat membantu jika kamu tidak takut untuk mengambilnya.

Jangan ambil risiko jika kamu ragu ular itu aman atau tidak. Jika memungkinkan, tutup ular tersebut dengan selimut atau ember dan segera hubungi orang ahli di bidangnya.



5. Kecoak

Kecoak
Kecoa menyukai tempat yang kotor dan lembab (Foto Pixabay 1113990)

Piring kotor di wastafel, remah-remah di lantai, sisa makanan, kaleng atau wadah kosong, dan tempat lembab adalah hal paling menarik bagi kecoak di rumah kamu. Selama bertahun-tahun orang telah menggunakan lemon untuk melawan serangga ini.

Semprotkan perasan lemon ke tempat-tempat di mana hama ini paling sering bersemay dan mulai kebiasaan untuk pel rumah dengan air dicampur perasan lemon. Buah ini memiliki zat antipathogenic mampu mencegah pertumbuhan kuman menjadi habitat bagi para kecoak.

Kebersihan dan kerapian di rumah merupakan kunci penting dalam memerangi kecoak dan hama lainnya. (arb)

Baca juga: Susu Kecoa Bisa Menjadi Makanan Masa Depan


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH