K-Pop

Twitter Hapus Centang Biru di Akun Resmi K-Pop

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Sabtu, 22 April 2023
Twitter Hapus Centang Biru di Akun Resmi K-Pop
Twitter menghapus centang biru di beberapa akun resmi. (Foto: Pexels/Jorge Urosa)

BANYAK akun resmi artis dan agensi K-Pop yang kehilangan centang biru di Twitter sejak Jum'at (21/4). Fenomena ini menyusul ketentuan baru dari Twitter era Elon Musk bahwa centang biru hanya diberikan kepada pengguna yang mau membayar.

Laman AllKpop mewartakan, beberapa akun yang kehilangan centang birunya antara lain Aespa, BLACKPINK, EXO, BTS_twt, JYP Entertainment, TREASURE, dan SMTOWN.

Awalnya akun centang biru hanya diberikan kepada akun-akun resmi yang telah terverifikasi. Baik untuk artis, perusahaan, maupun agensi. Namun, semua itu berubah sejak 21 April. Centang biru saat itu berguna untuk membedakan akun resmi dengan akun bodong atau palsu.

Pada akhir 2022, Twitter memperkenalkan dengan layanan langganan berbayar, yaitu Twitter Blue. Mereka menawarkan centang biru kepada siapa saja yang bersedia membayar biaya bulanan.

Baca juga:

Twitter Umumkan Kebocoran Sebagian Source Code

akun entak biru
Akun resmi BLACKPINK belum memulai langganan berbayar . (Foto: Tangkapan layar.)

Berdasarkan pengumuman resmi Twitter, biaya berlangganan Twitter Blue berkisar Rp 120 ribu per bulan atau Rp 1,25 juta per tahun.

Pengguna akun Twitter lama yang telah terverifikasi dan tidak berlangganan Twitter Blue melaporkan centang biru mereka telah hilang. Kondisi itu membuat mereka tidak dapat dibedakan dari akun normal atau bahkan akun palsu yang menyamar sebagai mereka.

Laman JoongAng Daily menyebut bahwa di dunia K-Pop ada lebih banyak akun resmi yang kehilangan simbol verifikasi daripada akun resmi yang memiliki centang biru.

Beberapa akun K-Pop memang terlihat mempertahankan centang biru atau emasnya dengan membayar langganan premium. Tarifnya sekira lebih dari USD 1000 per bulan atau setara dengan Rp 14.840.000 juta. Beberapa akun itu adalah BTS, Enhypen, Ador, Weverse, dan Tomorrow x Together.

Baca juga:

Mulai 1 April 2023, Twitter Hapus Centang Biru

akun twitter centang biru
Akun resmi BTS mempertahankan centang birunya. (Foto: Tangkapan layar)

Sejak dikuasai oleh Elon Musk, Twitter membuat serangkaian perubahan kebijakan fundamental. Ini tak sepenuhnya tiba-tiba.

Ketika membeli Twitter pada 2022, Elon sudah menyiapkan sejumlah perubahan. Dia mengatakan bahwa sudah terlalu banyak tanda centang verifikasi biru menyeleweng.

Karena itu, baginya, tidak ada pilihan lagi selain menghapus centang biru. Namun, twitter masih belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang perubahan baru-baru ini sehingga mengundang keluhan dari berbagai pengguna.

Musk, yang mempunyai lebih dari 80 persen saham Twitter, membalas semua keluhan pengguna akun lama twitter. Selain akun resmi K-Pop, perusahaan hingga outlet media resmi juga kehilangan tanda verifikasi biru.

Twitter telah membagi centang untuk kategori akun yang berbeda. Emas untuk bisnis, biru untuk orang-orang yang bersedia membayar, dan abu-abu untuk akun resmi pemerintahan dan organisasi multilateral. (dkr)

Baca juga:

Sebagian Pengguna Twitter Bisa Menulis Twit Hingga 4 ribu Karakter

#Twitter #Akun Twitter #K-Pop
Bagikan
Bagikan