Otomotif

Touring Aman Ala Eddi Brokoli

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 18 Maret 2021
Touring Aman Ala Eddi Brokoli
Eddi Brokoli membagikan tips-tips aman saat touring dengan menggunakan sepeda motor (foto: pixabay/dendoktoor)

PENYIAR radio, penyanyi, sekaligus aktor Eddi Brokoli membagikan tips touring yang aman menggunakan sepeda motor. Pria bernama asli Eddy Hidayatullah tersebut memang anak motor yang hobinya touring jarak jauh.

Aktor kelahiran Bandung, 1 September 1977 itu sangat memperhatikan safety riding. Berdasarkan pengalaman touringnya, ada beberapa hal perlu dilakukan agar touring aman.

Baca Juga:

Tips Berkendara Aman di Jalan Tol Saat Liburan

Menggunakan helm full face merupakan 'perlengkapan wajib' saat touring jarak jauh. (Foto: pixabay/splitshire)

"Bila jarak jauh, helm harus full face. Ini untuk menghindari impact, amit-amit kalau sampai kecelakaan," tutur Eddie, dikutip dari laman Antara.

Kemudian, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni jaket serta celana yang sesuai dengan standar berkendara. Sebisa mungkin memiliki protektor agar terhindar dari benturan.

Menurut Eddi, bila memakai protektor setidaknya terlindungi. Karena lutut bisa saja terkena motor atau mobil dari arah yang berlawanan. Selain itu, bila terjatuh, biasanya lutut dan sikut yang terkena lebih dulu.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan ialah sepatu. Eddi menyarankan menggunakan sepatu menutupi mata kaki. Selain itu, jangan lupa untuk membawa jas hujan meski saat musim kemarau atau cuaca cerah.

Baca Juga:

Jangan Asal, Ini Tips Jitu Memilih Kaca Film Mobil

Eddi mengingatkan agar selalu membawa jaket, baju dan sepatu cadangan. Hal itu untuk mengantisipasi apabila tiba-tiba terjadi hujan dan kamu belum sempat mengenakan jas hujan.

Jangan menggunakan tas punggung saat touring jarak jauh. (Foto: pixabay/steelfish)



Kemudian, yang tak kalah penting yakni boots cover untuk menutup sepatu. Bila kaki kamu kehujanan ketika berkendara berjam-jam, tentu akan tidak nyaman dan konsentrasi menurun.

Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan tas punggung saat touring jarak jauh. Menurut Eddi, ini hanya membuat pengendara merasa lelah. Punggung jangan sampai menahan beban, apalagi saat melewati jalanan berliku. "Simpan barang-barangnya di side box, paling barang-barang yang penting aja yang di waist bag," tutup Eddi. (ryn)

Baca Juga:

Mobil Harus Tetap Terawat Meski Cuaca Tak Menentu

#Wisata #Otomotif #Tips Berkendara #Motor
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan