Tips Berkendara Aman di Jalan Tol Saat Liburan

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 13 Februari 2021
Tips Berkendara Aman di Jalan Tol Saat Liburan
Perhatikan beberapa tips berkendara di jalan tol saat liburan(Foto: Pixabay/snow-dog)

MOMEN longweekend biasanya dimanfaatkan untuk berlibur. Namun di masa pandemi ini, tentunya harus mentaati protokol kesehatan.

Saat ini kondisi cuaca tidak menentu, jadi, bila kamu yang ingin bepergian lewat jalan tol, harus mempersiapkan diri dan kendaraan, agar bisa menempuh perjalanan dengan aman dan nyaman. Terlebih bila membawa seluruh anggota keluarga.

Baca Juga:

Jangan Asal, Ini Tips Jitu Memilih Kaca Film Mobil

Seperti siaran pers yang diterima merahputih.com dari Auto2000, agar liburan kamu aman dan nyaman, ada beberapa tips persiapan yang bisa dilakukan, sebelum dan saat melakukan perjalanan liburan lewat jalan tol.

Tips pertama yakni menjaga kondisi fisik. Sebailknya bila ada 2 pengemudi khususnya untuk perjalanan panjang, pastikan tiga lebih dari 1- jam sehari, dan diselingi istirahat setiap 2 jam.

Sempatkanlah untuk tidur saat beristirahat, guna mencegah serangan microsleep. Kemudian, penumpang yang duduk di bangku depan bisa membantu sebagai navigator, untuk membaca peta digital, menyiapkan kartu e-toll, menjadi rekan berbicara pengemudi untuk mencegah kantuk, dan mengingatkan pengemudi ketika berbuat salah.

Pengemudi wajib menjaga kondisi fisik saat berkendara (foto: Pixabay/mujionoaspt)

Tips kedua yakni perhatikan bobot mobil. Karena, bila penumpang dan barang melebihi kapasitas, akan membuat mobil sulit dikendalikan karena bertambahnya bobot. Hal itu membuat pengendara harus lebih bijaksana, seperti saat menyalip kendaraan lain.

Selain itu, bertambahnya bobot mobil pun bisa membuat rem bekerja lebih berat, sehingga kinerjanya tidak maksimal. Bobot mobil yang melebihi kapasitas juga bisa menyebabkan masalah kala melewati jalanan rusak.

Tips ketiga, saat berkendara jangan memaksakan untuk berpindah jalur. Apalagi manuver yang dilakukan secara dadakan saat melihat ada lubang di depan mata. Risikonya, mobil bisa menjadi limbung dan kamu tak bisa mengendalikan mobil dengan baik.

Selanjutnya, saat berpindah jalur mendadak ternyata ada mobil lain dari belakang, bisa brakibat fatal. Karena itu, pastikan kondisi jalan di belakang aman sebelum kamu berpindah jalur, urungkanlah niat bermanuver bila kondisi tidak memungkinkan.

Baca Juga:

Mobil Harus Tetap Terawat Meski Cuaca Tak Menentu

Jangan memaksakan untuk berpindah jalur dan jangan melakukan rem mendadak (Foto: Pixabay/markusspiske)

Tips keempat yakni hindari rem mendadak. Saat cuaca tak menentu seperti halnya turun hujan, genangan air bisa membuat mobil bergerak liar. Sehingga tidak disarankan pengemudi melakukan pengereman mendadak di tengah jalan yang licin.

Karena itulah penting untuk mengerem secara bertahap dan cermat ketika hujan deras. Termasuk saat kamu berhadapan dengan jalan yang rusak.

Tips yang kelima yakni jaga jarak aman antar kendaraan. Para pengemudi sebaiknya memberikan jarak yang cukup dengan kendaraan di depan, ketika mengemudi di jalan tol.

Kewajiban itu guna mengantisipasi bila pengemudi tidak dapat melakukan manuver atau pengereman mendadak untuk menghindari jalan rusak. Termasuk sebagai langkah antisipasi bila ada kondisi darurat seperti jalan tiba-tiba amblas. (Ryn)

Baca Juga:

Jepang akan Produksi Mobil Terbang di 2023

#Teknologi #Tips & Trik #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan