Otomotif

Mobil Harus Tetap Terawat Meski Cuaca Tak Menentu

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 25 Januari 2021
Mobil Harus Tetap Terawat Meski Cuaca Tak Menentu
Kenali tips merawat mobil ditengah cuaca tak menentu. (Foto: pixabay/iliusgim)

SAAT ini cuaca di Indonesia sedang tidak menentu, bahkan bisa memburuk dengan cepat. Hal itu menyulitkan kamu yang sedang mengemudi di jalan karena harus melakukan langkah antisipasi supaya tidak kena masalah.

Seperti siaran pers dari Auto2000, ada beberapa langkah perawatan mobil yang bisa kamu jalankan di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.

Baca Juga:

Jepang akan Produksi Mobil Terbang di 2023

Tips pertama yakni jangan tunda mencuci mobil. Segera bersihkan mobil setibanya di rumah bila di jalan terkena hujan. Hal itu untuk menjaga agar tidak timbul water spot atau jamur bodi dan jamur kaca.

Selain itu, mobil yang dibiarkan kotor pun akan menyulitkan saat dibersihkan di kemudian hari. Hujan bersifat asam, sehingga memiliki potensi merusak bodi mobil bahkan memicu tumbuhnya karat.

Jangan tunda mencuci mobil, terlebih setelah berkendara di tengah hujan. (Foto: pixabay/sasint)

Tips kedua pastikan wiper dalam kondisi baik. Wiper mempunyai peran sangat penting ketika hujan melanda. Tentu akan sangat menyulitkan bila sampai wiper di mobil rusak.

Pastikan wiper dalam kondisi prima tanpa kendala, termasuk wiper belakang untuk mobil jenis hatchback, SUV, dan MPV.

Periksa air pembersih kaca dan segera isi supaya tidak sampai kosong ketika dibutuhkan karena akan sangat menyulitkan kalau kaca kotor oleh air hujan.

Tips ketiga periksa kondisi mesin. Apa jadinya bila saat hujan deras mobil kamu mogok? Tentu akan sangat menyulitkan. Jaga mesin mobil dalam kondisi prima. Periksa kekencangan kabel busi dan kabel aki untuk memastikannya tidak bermasalah.

Periksa pula rumah saringan udara dari risiko bocor untuk menutup celah air masuk. Cek pula ketinggian oli mesin dan segera tambah bila kurang. Sekaligus, periksa cairan lain di dalam ruang mesin seperti air radiator dan minyak rem.

Baca Juga:

Hyundai Bantu Apple Produksi Mobil?

Tips keempat yakni mengecek kondisi ban. Ban memegang peran sangat penting ketika hujan. Ban harus dalam keadaan baik agar dapat melewati genangan air dengan mudah.

Cek pula tekanan angin ban agar dapat bekerja optimal, termasuk ban serep. Kamu dapat melakukan spooring, balancing, dan rotasi ban di bengkel ketika servis berkala untuk membuat ban tetap dalam kondisi prima.

Pengecekan kondisi ban dan perangkat rem sangat penting di cuaca yang tidak menentu. (Foto: pixabay/mikesphotography)

Tips kelima jaga kinerja perangkat rem. Performa rem mobil akan menurun ketika mobil melewati jalan basah karena hujan. Itulah mengapa kecepatan mobil harus dikurangi saat melewati jalan basah.

Pastikan rem tidak bermasalah saat akan pergi, minimal dengan memastikan takaran minyak rem di dalam tabungnya tidak berkurang. Selain itu, pastikan pula AC mobil dalam kondisi baik untuk mencegah kaca mobil berkabut yang akan mengganggu visibilitas ketika hujan. (ryn)

Baca Juga:

VW Pamerkan Robot Pengisi Daya Mobil Listrik

#Mobil #Otomotif #Tips & Trik
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan