Tips Tepat dan Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit Jagalah kesehatan dan kelembaban kulit. (Foto: Pexels/Min An)

SEIRING pertambahan usia, kulit akan mengalami perubahan. Kulit tidak lagi lembut ataupun kencang saat usia muda. Selain itu, kulit juga cenderung lebih kering, tipis, dan rentan terkena gangguan.

Berikut adalah beberapa cara perawatan kulit yang berguna untuk menjaga fungsi kulit tetap optimal yang dilansir dari alodokter


Baca Juga:

Penelitian: Kurang Tidur Membuat Orang Tidak Menyukaimu


Mandi dua kali sehari

mandi
Mandi membersihkan kulit dari debu, bakteri dan kuman. (Foto: Pexels/Pixabay)


Sebelum tidur malam hari, penting untuk membiasakan membersihkan wajah, termasuk menghapus seluruh make up yang masih menempel di wajah. Disarankan untuk menggunakan sabun tanpa pengharum. Dianjurkan untuk mandi setidaknya dua kali sehari, untuk membersihkan permukaan kulit dari berbagai debu, kotoran, dan kuman yang menempel pada kulit.


Pelembap

pelembab
Pakailah pelembab yang dapat menghindari kulit menjadi kering. (Foto: Pexels/MIXU)


Menjaga kelembapan kulit setiap hari sangatlah penting, agar kulit tidak mengalami kekeringan, maupun iritasi. Untuk tubuh kamu bisa gunakan pelembap sejenis hand & body lotion. Sementara untuk area kulit wajah, gunakanlah pelembap khusus wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit wajah.

Tabir surya

cewek
Pakailah tabir surya yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. (Foto: Pexels/Riccardo Bresciani)


Sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat memengaruhi proses penuaan pada kulit. Dianjurkan untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Produk tabir surya dengan SPF 30 atau lebih berkhasiat melindungi dari UVA dan UVB. Hindari sinar matahari pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang yang memiliki paparan ultraviolet paling kuat. (lgi)


Baca Juga:

Diet Detoks Makin Digemari Banyak Orang, Apakah Aman?

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH