Tips Naik Kelas Mengolah Dinding Tanpa Pusing Fungsi dinding pun mengalami perubahan. (Pixabay/Muntzir Mehdi)

DINDING telah lama menjadi pembatas ruang dalam satu bangunan. Tanpa dinding, sebuah ruang dalam bangunan tak akan bisa disebut ruang. Karena itu, hubungan dinding dengan bangunan tak terpisahkan.

Fungsi dinding semakin jelas untuk bangunan rumah. Dinding berperan sebagai pengaman bagi para penghuninya. "Hal ini sudah disadari bahkan pada saat peradaban manusia muncul. Saat itu, manusia mendirikan dinding sederhana dari tanah sebagai tempat berlindung," terang Imelda Akmal dalam Mengolah Dinding : Dari Eksplorasi Bentuk sampai Warna.

Manusia menyebar dan zaman berputar. Tak sekadar pelindung untuk para penghuninya, kini dinding menjadi elemen penegas estetika rumah; penyaring udara, cahaya, dan suara; dan penyangga lantai atap. Semua bergantung pada bagaimana pengolahan dinding itu sendiri.

Untuk pengolahan segi estetika desain, misalnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. "Eksplorasi warna dan tekstur dinding, eksplorasi bentuk dan ukuran, membuat bukaan ruang, membuat posisi maju-mundur dinding dfasade, dan membuat lubang bidang fasade," sebut Suparno Sastra M dalam Ide-Ide Inspiratif Desain Rumah Tinggal.

Nah, kalau kamu sedang bosan dengan dinding rumahmu yang begitu-begitu saja atau atau sedang bingung ingin membangun dinding yang bagaimana, kamu bisa simak tips mengolah dinding berikut ini.

Baca juga:

Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian

mengolah dinding
Tanpa dinding, sebuah ruang dalam bangunan tak akan bisa disebut ruang. (Unsplash/Jon Tyson)

Eksplorasi Warna dan Tekstur

Ini adalah cara paling sederhana dalam mengolah dinding. Kamu hanya tinggal memberikan sentuhan warna dan tekstur pada dinding rumah. "Pilihlah komposisi warna yang dapat menghidupkan suasana dan menyenangkan bagi penghuni dan siapapun yang melihat," tambah Suparno.

Untuk dinding eksterior, kamu dapat menerapkan warna primer (dasar), warna sekunder (campuran dua warna), atau warna tersier (padua warna primer dan sekunder). Sementara untuk dinding interior, warna-warna cerah atau terang dapat menjadi pilihan untuk memberi kesan ceria dan dinamis.

Tambahkan sedikit tekstur pada dinding untuk membuatnya tampak lebih menawan. Bisa tekstur halus atau kasar.

Eksplorasi Bentuk dan Ukuran

Cara efisien lainnya dalam mengolah dinding adalah mengeksplorasi bentuk dan ukurannya. Tapi sebelum melakukan ini, kamu harus tahu dulu jenis dinding.

Secara garis besar, dinding terbagi dua jenis : dinding struktural dan non-struktural. Dinding struktural berfungsi sebagai penyangga struktur di atasnya, sedangkan non-struktural adalah dinding yang berdiri bebas.

Untuk mengakali dinding dari segi tinggi, ikuti saja tinggi penyangga atapnya agar dinding tampak penuh. Untuk membentuk ruang yang lebih intim, ciptakan dinding plafon.

Secara bentuk, dinding tak harus datar. Kamu juga dapat menerapkan bentuk lengkung atau tekuk. "Perpaduan bentuk datar dan lengkung seperti ini akan menghasilkan tampilan ruang yang lebih dinamis," ungkap Imelda.

Baca juga:
Ratusan iPhone Dijadikan Dekorasi Tembok Rumah, Siapa Yah Pemiliknya?

mengolah dinding
bukaan ini bisa diakali dengan menciptakan dinding kaca. (Pixabay/Arek Socha)

Bukaan

bukaan ini bisa diakali dengan menciptakan dinding kaca. (Pixabay/Arek Socha)Rumah tinggal memerlukan bukaan agar penghuninya tak merasa terkurung. Nah, bukaan ini bisa diakali dengan menciptakan dinding kaca. Misalnya untuk ruang keluarga atau kamar mandi. Jadi, material dinding tak melulu harus semen atau batako.

Maju-Mundur

Dinding yang dibangun secara rata terlihat membosankan. Bagaimana kalau misalnya dinding itu dibangun secara kombinasi? Ada bagian yang menonjol ke luar, ada pula bagian yang menjorok ke dalam. Dengan cara ini, rumah akan menampilkan kesan tiga dimensi.

Membuat Lubang

Ingat dengan adegan serial Mr. Bean yang tokoh utamanya berupaya melubangi dinding interior rumahnya? Nah, cara itu bisa kamu gunakan untuk mengolah dinding, terutama pada bagian ruang makan atau dapur. Tapi melubanginya jangan asal kayak Mr. Bean ya. Sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, ruang makan dan dapurmu seperti di restoran. (dru)

Baca juga:

Mengenal Tipe-Tipe Kamar Mandi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ubah Ruangan Sempit Jadi Lebih Lapang Lewat 7 Trik Ini
Home Lifestyle
Ubah Ruangan Sempit Jadi Lebih Lapang Lewat 7 Trik Ini

Bermain dengan pola, skala, dan tata letak adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi sebuah ruangan.

Panduan Sederhana Mengecat Dinding Interior Lama
Home Lifestyle
Panduan Sederhana Mengecat Dinding Interior Lama

Karena dinding yang dicat adalah dinding lama, persiapan pengecatannya akan sedikit berbeda dengan pengecatan dinding baru.

Mengenal Tipe-Tipe Kamar Mandi
Home Lifestyle
Mengenal Tipe-Tipe Kamar Mandi

Secara umum, kamar mandi terbagi dua tipe besar : basah dan kering.

Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian
Hiburan & Gaya Hidup
Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian

Mengenali tipe kepribadian adalah langkah awal untuk menata interior rumah.

Panduan Menentukan Furnitur di Kamar Tidur Anak
Home Lifestyle
Panduan Menentukan Furnitur di Kamar Tidur Anak

Tiap anak membutuhkan furnitur untuk mendukung aktivitasnya.

Tips Merawat Dinding Interior Rumah
Home Lifestyle
Tips Merawat Dinding Interior Rumah

Harus tetap merawat dinding supaya nantinya tak banyak masalah dan menyedot anggaran lebih besar.

Perlengkapan yang Wajib Ada di Kamar Bayi
Home Lifestyle
Perlengkapan yang Wajib Ada di Kamar Bayi

Salah satu keuntungan memakai kamar tersendiri untuk bayi adalah keleluasaan dalam mengatur posisi furnitur.

Memilih Material Finishing Dinding
Home Lifestyle
Memilih Material Finishing Dinding

Dinding harus diberikan finishing agar berfungsi secara optimal.

Merdeka 118, Gedung Tertinggi Kedua Dunia Saingan Burj Khalifa
Property
Mengenal Material Pembentuk Dinding
Home Lifestyle
Mengenal Material Pembentuk Dinding

Material dinding yang berbeda akan menghasilkan kekuatan dan kelemahannya masing-masing.