Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian Mengenali tipe kepribadian adalah langkah awal untuk menata interior rumah. (Unsplash Kobu/Agency)

RUMAH yang baik adalah rumah yang dapat memenuhi kebutuhan penghuninya. Karena kebutuhan sangat personal, segala interior di dalam rumah pun bergantung pada kebutuhan penghuninya. Mengenali tipe kepribadian adalah langkah awal untuk menata interior rumah.

"Pengenalan akan aneka tipe kepribadian ini merupakan panduan dalam memilih furnitur, warna dinding, aksesori interior, bahkan dalam membuat tata letak dalam rumah," sebut Keiza Amorani dalam Ide-Ide Segar dalam Menata Rumah.

Seorang atlet memerlukan ruangan yang luas untuk berlatih dan menjaga kebugaran fisiknya. Dia tak akan memerlukan ruang pamer lukisan atau bengkel seni di rumahnya. Sementara seorang yang gemar bersosialisasi akan memerlukan ruang dan alat-alat yang mendukung sikapnya tersebut seperti sofa yang luas, ruang makan yang besar, atau bar mini.

Baca juga:

Desain Interior yang Mengkilap di Tahun 2022

Berikut ini adalah contoh hubungan tipe kepribadian kamu dengan kebutuhan interior rumahmu.

Si Ceria

Tipe ini biasanya berkaitan dengan sifat ekstrovert, suka bergaul, aktif, dinamis, dan kemungkinan rada pecicilan. Kepribadian ini cenderung bosanan dan moody-an. Orang-orang ini punya minat besar tentang segala hal, senang bangun pagi, dan gemar bersosialisasi.

Interior Si Ceria
Tipe ceria akan cocok dengan rumah terbuka tanpa sekat. (Pixabay/Brigitte Werner)

Tipe ceria akan cocok dengan rumah terbuka tanpa sekat. Untuk warna, mereka akan selaras dengan 2-3 warna primer. Menurut Imelda Akmal dalam Menata Rumah dengan Warna, warna primer adalah warna yang tidak bisa dihasilkan dari kombinasi warna lain. "Warna primer terdiri atas tiga warna, yaitu merah, kuning, dan biru," terang Imelda.

Sementara untuk furnitur dan upholstery-nya (material lunak pelapis furnitur) dapat bernuansa country atau retro.

Si Terorganisasi

Berkebalikan dari tipe ceria, tipe ini sangat rigid dalam ritme hidupnya. Segala sesuatunya harus terjadwal, efektif, dan efisien. Karena itu, orang terorganisasi berkarakter sebagai pemimpin dan pekerja keras. Mereka juga kurang menyukai detail.

interior si terorganisasi
Orang-orang ini akan sesuai dengan warna-warna yang kuat dan tegas seperti cokelat, hitam, atau marun.(Unsplash/Vadim Sherbakov)

Dengan karakter demikian, orang-orang ini akan sesuai dengan warna-warna yang kuat dan tegas seperti cokelat, hitam, atau marun. Mereka tak memerlukan ruang luas, melainkan cukup yang minimalis atau klasik tapi efektif dan efisien. Mereka tak perlu banyak aksesori ruang. Furnitur besi atau kayu jati sangat cocok untuk mereka. Upholstery-nya pas dengan bahan kulit asli.

Baca juga:

Ini Tren Terbaru Untuk Desain Interior Rumah

Si Santai

Tak gampang membuat keputusan dan selalu menikmati tiap momen adalah sedikit ciri dari tipe ini. Mereka mencintai harmoni, kedamaian, dan cenderung kurang aktif. Namun, mereka lebih stabil secara psikologis. Mereka tak ambil pusing dengan apa yang terjadi pada dunia. Bagi mereka, semua hal dan peristiwa dapat dinikmati.

Interior Si Santai
Ruangan juga dapat dibuat seterbuka mungkin dan diisi oleh sebanyak mungkin unsur alam sehingga tercipta suasana santai. (Usnplash/Cat Han Io)

Desain minimalis yang natural dan berkesan sejuk akan berkesesuaian sekali dengan mereka. Ruangan juga dapat dibuat seterbuka mungkin dan diisi oleh sebanyak mungkin unsur alam sehingga tercipta suasana santai. Pilihan warna tak begitu penting bagi mereka. Tapi coba saja pilih warna krem, cokelat muda, atau putih. Furniturnya akan laras jika terbuat dari kayu, sedangkan upholster-nya menggunakan material bertektstur dan warna lembut.

Si Melankolis

Jiwa seni tipe ini cukup tinggi. Mereka gampang tersentuh terhadap kisah atau peristiwa. Suasana hatinya juga gampang berubah, tapi bukan berarti moody-an. Berbeda dari si cerita, si melankolis cenderung gampang berubah karena dorongan emosinya. Seperti si terorganisasi, si melankolis ini gemar segala sesuatunya teratur dan terjadwal, tapi si melankolis mlebih menyukai detil.

Interior Si Melankolis
Si melankolis akan seirama banget dengan desain klasik victorian yang berciri elemen klasik kuat, mewah dan elegan. (Unsplash/Abigail Keenan)

Berdasarkan karakter tersebut, si melankolis akan seirama banget dengan desain klasik victorian yang berciri elemen klasik kuat, mewah dan elegan. Sutra India atau Tiongkok akan menambah kesan tersebut. Ditambah bunga dan upholstery berbahan beludru, bulu, atau renda, bakal membuat kebutuhan si melankolis terpenuhi. (dru)

Baca juga:

Showroom Interior Hadir untuk Menemukan Inspirasi Hunian Impian

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mudik Sebentar Lagi, Jangan Lupa Jaga Daya Tahan Tubuh
Fun
Mudik Sebentar Lagi, Jangan Lupa Jaga Daya Tahan Tubuh

Perhatikan imunitas tubuh saat mudik.

Petisi Untuk Mencari T'Challa
ShowBiz
Petisi Untuk Mencari T'Challa

Marvel diminta untuk mencari aktor untuk membawakan T'challa.

Marc Marquez Dipastikan Absen di MotoGP Argentina 2022
Fun
Marc Marquez Dipastikan Absen di MotoGP Argentina 2022

Marc Marquez akan absen di MotoGP Argentina 2022. Hal itu dikarenakan diplopia yang dideritanya belum sembuh.

Bongkar Karakter Doyoung NCT di Drakor 'Dear X Who Doesn't Love Me'
ShowBiz
Bongkar Karakter Doyoung NCT di Drakor 'Dear X Who Doesn't Love Me'

'Dear X Who Doesn't Love Me' bisa kamu saksikan di Viu.

Sony Electronics Asia Pacific Umumkan Pemenang Kompetisi World of Film
Hiburan & Gaya Hidup
Sony Electronics Asia Pacific Umumkan Pemenang Kompetisi World of Film

Film pendek Indonesia menang Sony Electronic Asia.

Film Nagih Janji Cinta Hadirkan Keunikan Sejumlah Wisata di Solo
ShowBiz
Film Nagih Janji Cinta Hadirkan Keunikan Sejumlah Wisata di Solo

PIM Pictures bersama Dinas Pariwisata Kota Solo, tengah menyiapkan karya terbaru yakni Film Nagih Janji Cinta

Amankah Mengonsumsi Hewan Laut Mentah?
Fun
Amankah Mengonsumsi Hewan Laut Mentah?

Di sebalik manfaatnya, ikan mentah juga menyimpan bahaya

Studi Tunjukkan Keberadaan DNA Serangga pada Setiap Cangkir Teh
Fun
Studi Tunjukkan Keberadaan DNA Serangga pada Setiap Cangkir Teh

Sebuah penelitian menemukan keberadaan DNA serangga di teh.

Rating Siaran Langsung Oscar Melonjak dari Tahun Lalu
ShowBiz
Rating Siaran Langsung Oscar Melonjak dari Tahun Lalu

Edisi ke-94 dari acara penghargaan itu menarik 15,4 juta pemirsa di ABC.

Keuntungan Memakai Jasa Travel Umrah, Semua Terjamin
Fun
Keuntungan Memakai Jasa Travel Umrah, Semua Terjamin

Kenali sejumlah keuntungan apabila menggunakan Jasa Travel Umroh