Mengenal Tipe-Tipe Kamar Mandi

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 22 Juli 2022
Mengenal Tipe-Tipe Kamar Mandi
Setidaknya ada satu kamar mandi di tiap rumah. (Unsplash/Anne Nygard)

KONSEP, fungsi, dan desain kamar mandi telah berkembang pesat. Dari ada di luar rumah sampai menjadi bagian di dalam rumah. Dulu hanya sebagai tempat membersihkan tubuh, sekarang jadi tempat relaksasi. Kemarin hanya didesain ala kadarnya, hari ini dipertimbangkan betul desainnya.

Tiap rumah kini telah memiliki kamar mandinya masing-masing. Setidaknya ada satu kamar mandi di tiap rumah. Letaknya pun sudah di dalam rumah. Tak soal seberapa luas kamar mandi tersebut.

Terpenting, kamar mandi dapat memenuhi kebutuhan membersihkan diri anggota keluarga dan standar minimal kebersihan rumah. Meski standar seperti itu telah terpenuhi, banyak orang yang menginginkan kamar mandi yang lebih nyaman dan beragam untuk semua penghuni rumah sebagai konsekuensi perkembangan kehidupan manusia.

Secara umum, kamar mandi terbagi dua tipe besar : basah dan kering. Tipe basah paling umum di Indonesia. Kamar mandi ini sering terkena percikan air dari bak mandi, pancuran, keran air, dan kloset jongkok. Karena sering terkena percikan air, kamar mandi ini akan lembab dan cenderung berbau tak sedap jika tak dibersihkan.

Baca juga:

Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi

tipe kamar mandi
Kamar mandi kering cenderung menggunakan bathtub dan kloset duduk.(Unsplash/99 Films)

"Kamar mandi basah adalah kamar mandi dengan konsep terbuka. Biasanya tanpa wastafel dan pembatas di dalamnya sehingga memungkinkan gerak yang leluasa," catat www.build.com.

Kamar mandi kering kebalikannya. Kamar mandi ini cenderung menggunakan bathtub dan kloset duduk. Kalaupun menggunakan pancuran, kamar mandi ini akan dilengkapi pembatas berupa kaca atau tirai agar air tidak mengenai bagian lain. Dengan begitu, kamar mandi kering biasanya terbagi atas dua bagian.

"Pola ini sesungguhnya mengikuti budaya barat. Namun karena cara ini membuat kamar mandi lebih bersih, tidak lembab, dan lebih mudah terhindari dari bau, kamar mandi kering semakin populer digunakan," terang Imelda Akmal dalam Seri Menata Rumah : Kamar Mandi.

Selain dua tipe besar tersebut, kamar mandi juga dikelompokkan berdasarkan perlengkapan di dalamnya. Setiap kamar mandi harus memiliki satu dari empat perlengkapan seperti kloset, wastafel, pancuran, dan bathtub.

"Ketika empat perlengkapan tersebut ada di kamar mandi, bolehlah kamar mandi itu disebut sebagai kamar mandi sempurna," terang thespruce.com.

Baca juga:

Bikin Kamar Mandi Kecil Terlihat Elegan

tipe kamar mandi
Setiap kamar mandi harus memiliki satu dari empat perlengkapan seperti kloset, wastafel, pancuran, dan bathtub. (Pixabay/Jarmoluk)

Kamar mandi yang hanya memiliki satu dari empat perlengkapan disebut kamar mandi seperempat. Jika kamar mandi mempunyai dua dari empat, disebut kamar mandi setengah. Sedangkan bila ada tiga dari empat perlengkapan di kamar mandi, disebut kamar mandi tigaperempat.

Mirip-mirip dengan pembagian thespruce, Imelda Akmal juga mengelompokan kamar mandi berdasarkan perlengkapannya seperti kamar mandi dengan shower, kamar mandi dengan bathtub, dan kamar mandi powder room.

Khusus powder room, kamar mandi ini hanya menyediakan wastafel dan toilet. Umumnya kamar mandi ini ditujukan kepada tamu dan selalu kering karena tak dibuat khusus untuk mandi. Meski begitu, namanya tetap kamar mandi.

Imelda membuat satu kategori kamar mandi lagi, yaitu en suite bathroom. "Kamar mandi yang terletak di dalam ruang tidur dan menjadi satu kesatuan yang utuh. Umumnya kamar mandi jenis ini dibuat di dalam kamar tidur utama," terang Imelda.

Kamar mandi ini memerlukan ruang tidur yang luas. Juga permainan beda ketinggian lantai untuk menciptakan batas area tidur dan kamar mandi. Biasanya kamar mandi ini bersifat sangat privat karena minim batasan solid seperti dinding atau pintu.

Setelah paparan semua tipe ini, manakah pilihan kamar mandi yang paling cocok dengan kebutuhan dan seleramu? (dru)

Baca juga:

4 Benda Ini Seharusnya Tak Disimpan di Kamar Mandi

#Dekorasi Rumah #Desain Interior
Bagikan
Bagikan