Tips Menghadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 19 September 2021
Tips Menghadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin
Kenali cara menghadapi ban selip saat melewati jalan licin (Foto: pixabay/pasja01)

MEMASUKI musim hujan, penting untuk mewaspadai sejumlah potensi masalah yang bisa menyulitkan, khususnya mengemudi di jalan licin.

Salah satu yang wajib diperhatikan adalah kondisi ban mobil. Karena, jalan yang basah bisa membuat karet ban selip. Karena itu, penting mengetahui informasi perihal ban yang selip.

Baca Juga:

Tips Ampuh Bersihkan Jok Mobil Sesuai dengan Materialnya

Perihal ban mobil selip, lewat siaran persnya, Auto2000 memberikan tips mengatasi ban mobil yang selip. Pertama-tama yakni jangan panik, karena kepanikan akan membuat pengemudi melakukan tindakan yang tak perlu, seperti pengereman keras, atau membanting setir yang bisa memperburuk keadaan.

Jangan panik saat saat ban mobil selip (Foto: pixabay/iluisgm)

Kemudian, sikapi lah dengan tenang dan jaga fokus serta konsentrasi mengemudi, untuk menentukan respons selanjutnya. Karena itulah, kamu dilarang melakukan aktivitas lain saat berkendara, seperti bermain ponsel.

Selanjutnya, yang bisa kamu lakukan ialah menunggu hingga grip ban kembali normal, agar bisa memperoleh traksi ketika mobil mulai dikendalikan. Kamu cukup menahan setir lurus ke depan, dan melakukan counter kemudi, kemudian tidak menginjak pedal rem atau pedal gas.

Karena, dengan tidak melakukan apa-apa, kamu bisa mencegah mobil yang kehilangan kendali, agar tak lebih parah dampaknya. Apabila daya cengkeram ban telah kembali, barulah mobil bisa dikendalikan, seperti mengubah arah kemudi atau menekan pedal rem.

Dalam melakukan itu, kamu harus secara halus dan bertahap, guna menjaga daya pijak ban. Karena itu, tetaplah waspada dengan lingkungan sekitar mobil, termasuk kendaraan lain dari arah belakang.

Baca Juga:

Tips Aman Mengemudi Mobil untuk Mencegah Paparan COVID-19

Sementara itu, untuk mencegah ban mobil selip. Ada beberapa cara yang mesti kamu lakukan. Pertama, segeralah mengurangi kecepatan saat hujan turun atau melewati jalan licin.

Pastikan tekanan angin dan alur pada telapak ban masih layak pakai (Foto: pixabay/mikes-photography)

Kurangilah kecepatan hingga sekitar 20% dari kecepatan normal, agar ban tetap mendapatkan daya cengkeram yang optimal dan mengurangi risiko kecelakaan apabila terjadi ban selip, karena mobil masih bisa dikendalikan dengan baik.

Selanjutnya, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan, agar saat ada masalah bisa direspons dengan cepat dan aman. Dalam masalah ban selip, faktor ban punya peranan penting untuk mencegah selip di jalan licin.

Untuk itu, kamu perlu memastikan tekanan angin ban serta alur pada telapak ban belum mencapai batas keausan. Hal itu agar ban bisa membuang air dengan baik, dan tak mudah kehilangan grip pada kondisi berat. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Mudah dan Aman Menyalip Mobil Lain di Jalan Raya

#Otomotif #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan