Tips Mudah dan Aman Menyalip Mobil Lain di Jalan Raya Kenali beberapa hal penting dalam menyalip kendaraan lain di jalan raya (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

MENYALIP kendaraan lain, merupakan aktivitas yang lumrah dilakukan pengemudi mobil di jalanan. Namun, jangan asal dalam menyalip, karena ada tata cara mendahului yang tepat, agar terhindari dari kecelakaan.

Selain sabar dan waspada, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyalip kendaraan lain. Seperti siaran pers yang diterima dari Auto2000, tips pertama yang perlu diperhatikan yakni 'pastikan perlu'. Faktor-faktor terpenting dari menggunakan sarana umum seperti jalan raya adalah keselamatan bersama.

Baca Juga:

Mudah, Merawat Body Mobil di Rumah

Jaga emosi dan tetap waspada saat berkendara (Foto: pixabay/skitterphoto)

Dalam hal ini, kamu tak perlu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang tidak perlu. Jaga emosi dan tetap waspada. Hindari keinginan adu nyali dengan pengendara lain, hanya karena tidak rela mobilnya dilewati, karena hal itu justru akan memicu masalah.

Tips yang kedua yakni 'pastikan boleh'. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan. Seperti marka jalan tidak terputus di tikungan, atau jembatan yang menandakan kamu dilarang mendahului atau pindah jalur karena kondisi jalan yang tak memungkinkan.

Tips yang ketiga yaitu 'pastikan aman'. Manfaat kaca spion samping dan dalam mobil, guna memantau kondisi jalan di belakang sebelum menyalip.

Lihatlah ada atau tidak kendaraan lain di lajur kanan yang melaju dengan kecepatan tinggi. Begitu juga dari arah berlawanan untuk jalan 2 arah, pastikan tak ada kendaraaan lain dan kamu memiliki ruang yang cukup untuk kembali ke lajur kiri.

Tips yang ketiga yaitu 'pastikan lancar'. Meski situasi dan kondisi sudah memungkinkan, bukan berarti kamu boleh mendahului seenaknya.

Bila kosong dan aman, silahkan lewati kendaraan di depan. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein sebagai informasi kepada pengendara lain, kemudian turunkan posisi gigi mobil agar mendapat tenaga yang memadai.

Baca Juga:

Rawat Ban Apabila Mobil Jarang Digunakan

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, bisa menempatkan tuas transmisi di gigi lebih rendah, lakukan kickdown atau mematikan menu overdrive.

Tambahlah kecepatan dengan mulus, lalu lakukan manuver secara halus. Hindari gerakan agresif yang membahayakan atau memicu emosi pihak lain.

Tidak perlu membunyikan klakson yang justru akan mengganggu sesama pengguna jalan. Saat kembali ke lajur, pastikan ada ruang yang cukup dan jangan terlalu dekat mobil yang disalip, karena bisa mengganggu konsentrasi dan menyebabkan kecelakaan kalau ada kondisi darurat.

pastikan kondisi kendaraan prima (Foto: pixabay/free-photos)

Tips yang kelima yakni 'pastikan mampu'. Saat digunakan untuk menyalip kendaraan lain, performa mobil menentukan keandalannya. Bila mobil kamu bermuatan penuh, pastinya lebih sulit sewaktu mendahului.

Dari faktor eksternal, kondisi lingkungan juga mempengaruhi, seperti saat hujan maka kinerja kendaraan tidak dapat dimaksimalkan karena berisiko celaka. Atau di malam hari yangmembutuhkan kewaspadaan lebih tinggi dalam mengemudi.

Terkait performa mobil, pastikan selalu dalam kondisi prima dengan rutin menjalankan servis berkala. Nah, itu dia beberapa tips yang perlu diketahui saat menyalip kendaraan, semoga bermanfaat. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Merawat Mobil saat Libur Lebaran di Rumah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Melihat Lebih Jauh Tampilan dan Spesifikasi iPad Air 4 Terbaru
Fashion
Melihat Lebih Jauh Tampilan dan Spesifikasi iPad Air 4 Terbaru

iPad Air punya banyak spesifikasi menarik.

4 Zodiak yang Punya Kemampuan Melucu. Kamu Bagian dari Zodiak Ini?
Fun
4 Zodiak yang Punya Kemampuan Melucu. Kamu Bagian dari Zodiak Ini?

Mungkinkah kemampuan seseorang untuk membuatmu tertawa ada hubungannya dengan zodiak mereka?

TikTok Hadirkan Toolkit Keamanan Keluarga, Intip Fungsinya
Fun
TikTok Hadirkan Toolkit Keamanan Keluarga, Intip Fungsinya

Toolkit TikTok diharapkan bisa menciptakan lingkungan siber yang aman, khususnya bagi para remaja

Drakor Bertemakan Perjalanan Waktu Ini Wajib Kamu Tonton
Fun
Drakor Bertemakan Perjalanan Waktu Ini Wajib Kamu Tonton

Perjalanan waktu adalah tema yang paling sering digunakan dalam drama Korea.

5 Tren Make Up Pertengahan 2021
Fun
5 Tren Make Up Pertengahan 2021

Siap cantik di pertengahan 2021.

Manga 'Tomie' akan Diadaptasi Jadi Live-Action di Quibi
ShowBiz
Manga 'Tomie' akan Diadaptasi Jadi Live-Action di Quibi

Manga Tomie sendiri menceritakan tentang seorang gadis bernama Tomie Kawakami yang cantik dan bertingkah seperti succubus.

Intip 5 Baju Termahal Seo Yeji di Drama 'It's Okay, Not To Be Okay'
ShowBiz
Among Us Hadir di Xbox
Fun
Among Us Hadir di Xbox

2021 kamu bisa memainkan game ini di Xbox.

Pandemi, Wig Laris Manis di Jepang
Fashion
Pandemi, Wig Laris Manis di Jepang

Banyak warga Jepang yang membeli wig selama pandemi.