Otomotif

Tips Ampuh Bersihkan Jok Mobil Sesuai dengan Materialnya

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 23 Agustus 2021
Tips Ampuh Bersihkan Jok Mobil Sesuai dengan Materialnya
Kenali tips membersihkan jok mobil yang baik dan benar (Foto: pixabay/akiragiula)

KEBERSIHAN kabin mobil merupakan salah satu faktor yang membuat nyaman dalam berkendara. Oleh karena itu, penting untuk menjaga bagian kabin mobil dalam kondisi bersih.

Terlebih bila kamu kerap menggunakan mobil untuk menempuh jarak jauh, tentunya kamu membutuhkan kabin mobil yang bersih agar nyaman dalam berkendara.

Baca Juga:

Tips Aman Mengemudi Mobil untuk Mencegah Paparan COVID-19

Para pengguna kendaraan umumnya mengonsumsi makanan dan minuman ketika dalam perjalanan. Baik itu makanan kering maupun basah. Apalagi bila di dalam mobilmu terdapat balita.

Jaga kebersihan kabin mobil, termasuk jok. (Foto: pixabay/mikes-photography)

Ketika mengonsumsi makanan atau minuman dalam perjalanan, ada kemungkinan makanan atau minuman tersebut terjatuh, hingga menodai material yang ada di dalam kabin mobil. Apabila tidak langsung dibersihkan, tidak hanya bisa menimbulkan noda, tapi juga bisa menimbulkan bau kurang sedap di dalam kabin mobil.

"Apalagi untuk makanan tertentu terutama yang basah atau mengandung cairan dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman," jelas Samsudin, Aftersales Astra Peugeot, seperti yang dikutip dari laman kabaroto.com

Bila mengalami hal itu, kamu tidak perlu panik. Terlebih bila bekas tumpahan masih baru dan belum lama mengering. Sebelum bekas makanan/minuman menimbulkan bau tidak sedap, maka segera lakukan pembersihan noda bekas tumpahan dengan melakukan sejumlah langkah jitu.

Sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan noda yakni bagian kursi atau jok kendaraan. Dalam hal ini ada dua jenis material jok yang biasa digunakan oleh produsen mobil. Dua material jok tersebut yakni kain beludru dan kulit. Kedua bahan tersebut memerlukan perawatan yang berbeda. Karena itu, kamu jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih agar kontur jok mobil tidak rusak.

Baca Juga:

Tips Mudah dan Aman Menyalip Mobil Lain di Jalan Raya

Kenali tips-tips ampun dalam membersihkan jok mobil. (Foto: pixabay/mikes-photography)

Untuk membersihkan noda pada jok mobil dengan bahan kain, sebaiknya menggunakan detergen yang lembut, dengan lebih dulu bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makan atau minuman pada jok. "Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda," ujar Samsudin.

Kemudian, campurkan detergen dengan air hangat. Lalu rendam busa pembersih atau spons ke dalam air, dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosok pada jok. Bersihkan jok secara perlahan agar jok tak terlalu basah. Kemudian endapan air sabun diseka dengan handuk basah tanpa sabun agar kotoran hilang.

Sementara jok berbahan kulit cukup mudah dibersihkan. Tapi bukan berarti bisa sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok tetap terjaga, kamu bisa membersihkannya dengan air detergen. Selanjutnya, kamu bisa memberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. (ryn)

Baca Juga:

Rawat Ban Apabila Mobil Jarang Digunakan

#Otomotif #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan