Tips Lari Maraton untuk Pemula ala Daniel Mananta

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 25 Juli 2022
Tips Lari Maraton untuk Pemula ala Daniel Mananta
Daniel Mananta beberkan tips lari maraton untuk pemula di Pocari Sweat Run 2022. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

LARI maraton mungkin bukan perkara mudah bagi sebagian orang, terutama untuk mereka yang tidak terbiasa berlari atau baru pertama kali hendak mengikuti lomba lari maraton. Namun bukan tak mungkin, sebab Daniel Mananta mengatakan konsisten latihan menjadi kuncinya.

"Konsisten latihan itu penting banget, kalau menurut gue fokus latihan berdasarkan waktu. Misal lo lari 30 menit, itu mau jalan mau lari terserah, yang penting 30 menit habis. Jangan terlalu cepat dan terlalu jauh," ungkap Daniel Mananta saat ditemui Merah Putih di Pocari Sweat Run Indonesia 2022, Minggu (24/7).

Ia menyarankan bagi pemula untuk tidak berlatih dengan fokus jarak dan kecepatan. Pasalnya cara latihan seperti itu justru akan membuat pemula trauma berlari karena jarak yang dirasa terlalu jauh, juga kehabisan tenaga saat berusaha mengejar kecepatan.

Baca juga:

Ini nih Panduan Lari Maraton untuk Pemula

Konsisten berlatih berdasarkan waktu, bukan jarak dan kecepatan. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

"Kalau gue sebagai pemula, gue akan cari temen atau komunitas. Karena dengan lari bersama orang lain, kegiatan itu jadi sesuatu yang menyenangkan, nanti pasti enggak kerasa udah kelewat 30 menit. Kalau sendirian cepet bosen, akhirnya besok enggak lari lagi," tuturnya.

Selain pola latihan, mantan host Indonesian Idol itu juga membeberkan sejumlah tips lainnya bagi pemula yang hendak mencicipi lari maraton. Mulai dari pola tidur, pola makan, hingga rekomendasi outfit yang nyaman untuk maraton.

"Kalau gue pola tidur yang bener itu penting banget, percuma latihan kalau tidurnya enggak teratur. Gue sendiri tidur itu selalu delapan jam sehari, jadi jam 9 maksimal udah tidur dan jam 4 pagi pasti udah bangun," akunya.

Sementara untuk pola makan, Daniel mengaku tidak terlalu repot menentukan. Ia hanya berusaha menjaga pola waktu makan yang tetatur, diimbangi konsumsi buah dan sayuran yang cukup untuk menambah vitamin dan mineral.

Baca juga:

Boston Maraton Dibatalkan untuk Pertama Kali dalam 124 Tahun

Pola tidur teratur sangat penting bagi Daniel Mananta. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

"Kecuali mau race atau maraton, gue saranin jangan konsumsi sayuran dan buah, karena itu bikin perut jadi pengen buang air, nanti enggak nyaman larinya," lanjutnya.

Soal outfit, Daniel juga tidak merekomendasikan perlengkapan khusus untuk maraton, melainkan hanya pakaian yang ringan dan nyaman saja, serta celana yang mampu membuat kamu mudah nan leluasa bergerak.

"Kalau enggak ada baju atau perlengkapan yang lengkap, yang penting sepatu lari aja udah cukup. Itu menurut gue yang paling penting dari segala aspek fesyen atau outfit untuk maraton," tandasnya. (waf)

Baca juga:

Persiapkan Asupan Nutrisi Sebelum Ikut Maraton di 2022

#Olahraga #Daniel Mananta #Maraton
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan