Tips Jaga Kesehatan Paru-paru bagi Perokok Aktif Bahaya dari merokok sangat banyak, mulai dari asma hingga kanker. (Foto: Pixabay/kalhh)

MEROKOK sangat membahayakan kesehatan, terutama paru-paru. Bahaya yang muncul pun sangat banyak, mulai dari asma hingga kanker. Namun, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru bagi perokok aktif.

Baca Juga:

7 Hal yang Membuat Orang-orang Selalu Gagal Berhenti Merokok

1. Olah raga teratur

1. Berolahraga untuk meningkatkan aktivitas paru-paru (Pixabay - 5132824)
Berolahraga meningkatkan aktivitas paru-paru. (Foto: Pixabay/5132824)

Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan paru-paru, cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga rutin. Berolahraga akan meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kapasitas paru-paru bagi perokok. Olahraga juga merupakan detoksifikasi yang efektif.

Intesitas fungsi paru-paru yang meningkat dapat membantu mengeluarkan zat atau asap yang ada dalam paru-paru. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya melakukan kegiatan olahraga secara rutin.

2. Tomat yang mengandung antioksidan

2. Mengkonsumsi tomat, sayur dengan antioksidan tinggi (Pixabay - MabelAmber)
Konsumsi tomat, sayuran dengan antioksidan tinggi. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Tomat merupakan sayur yang mengandung antioksidan dan membantu memperbaiki kerusakan pada paru-paru akibat merokok. Selain tomat, ada beberapa buah yang mengandung antioksidan, seperti mangga dan pisang. Ada juga sayuran, seperti brokoli dan ubi.

Fungsi lain dari tomat adalah untuk menurunkan risiko terkena COPD (Chronic Obstuctive Pulmonary Disease), yaitu gangguan sulit bernapas bagi perokok aktif.

3. Bawang putih

3. Mengkonsumsi bawang putih untuk mengatasi peradangan paru-paru (Pixabay - stevepb)
Konsumsi bawang putih untuk mengatasi peradangan paru-paru. (Foto: Pixabay/stevepb)

Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga berfungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Bawang putih memiliki antioksidan dan allicin yang tinggi, mampu mengatasi inflamasi atau peradangan pada paru-paru. Selain untuk perokok, bawang putih juga bermanfaat bagi penderita asma untuk melancarkan pernapasan.

Baca Juga:

5 Pose Yoga Untuk Membantu Berhenti Merokok


4. Air putih

4. Konsumsi air putih untuk membersihkan nikotin (Pixabay - rawpixel)
Konsumsi air putih untuk membersihkan nikotin. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Mengonsumsi air sesuai kebutuhan dapat membantu mengurangi kadar nikotin dalam tubuh perokok. Air dapat mengikis kandungan nikotin dalam tubuh, terutama yang ada ditenggorokan, dan akan menjaga kesehatan paru-paru bagi perokok.

5. Berhenti merokok

5. Berhenti merokok adalah cara paling ampuh menjaga kesehatan paru-paru (Pixabay - geralt)
Berhenti merokok adalah cara paling ampuh menjaga kesehatan paru-paru. (Foto: Pixabay/geralt)

Cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan paru-paru bagi perokok adalah dengan berhenti merokok. Walaupun cara di atas telah dilakukan, tapi apabila konsumsi rokok juga tetap berjalan, zat-zat dari rokok tetap akan masuk ke dalam paru-paru. Dengan berhenti merokok, konsumsi zat seperti nikotin pun akan berhenti dan kesehatan paru-paru akan terjaga. (Jhn)

Baca Juga:

Merokok Tapi Tetap Sehat? Kardiovaskular Ganjarannya


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH