5 Pose Yoga Untuk Membantu Berhenti Merokok Pose yoga untuk berhenti merokok (Sumber: Pixabay/OpenClipart-Vectors)

BUKAN rahasia lagi kalau yoga memiliki segudang manfaat. Yoga membantu membangun kekuatan, kesadaran serta keharmonisan dalam pikiran dan tubuh. Ia juga membantu mengurangi nyeri punggung bawah, radang sendi, sakit kepala hingga menurunkan tekanan darah.

Tapi tahukah kamu, dari sederet manfaat yoga, ia bisa membantumu menghilangkan kebiasaan merokok. Merokok dapat menenangkan pikiran, menghilangkan stres dan kegelisahan orang, yang sering dijadikan salah satu alasan orang untuk merokok.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut ini pose yoga yang bisa membantu kamu untuk berhenti merokok.

1. Kapalbhati pranayama

Kapalbhati pranayama (Sumber: Boldsky)
Kapalbhati pranayama (Sumber: Boldsky)

Istilah ini berarti dahi yang bersinar, yang merupakan tanda tubuh sehat. Mempraktikkan pose ini membantu tubuh mendetoksifikasi diri dengan mengeluarkan racun melalui napas. Selain meningkatkan sirkulasi darah, bentuk yoga ini meremajakan sistem saraf dan sel-sel otak. Pada akhirnya bisa menenangkan pikiran dan membantu menahan keinginan untuk merokok.

2. Bhujangasana

Bhujangasana (Sumber: Boldsky)
Bhujangasana (Sumber: Boldsky)

Dikenal sebagai pose kobra, bhujangasana adalah pose yang biasanya direkomendasikan untuk penderita penyakit pernapasan. Postur ini membantu memperluas dada, mengurangi kelelahan dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian membantu menghilangkan stres dan menurunkan keinginan untuk merokok.

3. Sarvangasana

Sarvangasana (Sumber: Boldsky)
Sarvangasana (Sumber: Boldsky)

Ini adalah salah satu pose paling bermanfaat. Sarvangasana dapat menghilangkan stres dan memerangi depresi, yang pada akhirnya mengurangi keinginan untuk merokok. Ini membantu sel-sel otak dengan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Shishuasana

Shishuasana (Sumber: Boldsky)
Shishuasana (Sumber: Boldsky)

Juga dikenal sebagai pose anak. Pose ini membantu merilekskan tubuh, menenangkan sistem saraf dan mengurangi ketegangan serta stres. Dengan merelaksasikan seluruh tubuh dan pikiran, keinginan untuk merokok secara alami berkurang.

5. Shavasana

Shavasana (Sumber: Boldsky)
Shavasana (Sumber: Boldsky)

Pose mayat adalah keadaan meditasi yang mendalam dan dilakukan pada akhir setiap sesi yoga. Ini mungkin terlihat paling sederhana, tetapi membutuhkan banyak konsentrasi. Shavasana membantu mengurangi kecemasan dan tekanan darah tinggi. Shavasana juga bermanfaat dalam meremajakan tubuh dan pada gilirannya membantu mengurangi kebiasaan merokok.



Muchammad Yani