Tips Agar Tidur Pulas dan Tetap Aman di Mobil Tetap aman meski tidur di dalam mobil. (Foto: The Road Trip Expert

Saat melakukan perjalanan jauh, kamu tentu butuh waktu istirahat setelah berjam-jam mengendarai mobil. Selain mecegahmu dari kecelakaan karena rasa kantuk, istirahat juga akan memberikanmu energi untuk melanjutkan perjalanan.

Ada baiknya cari tempat yang aman untuk memarkirkan mobil saat ingin beristirahat. Tapi ingat, tidur dengan kondisi mesin mobil dan AC yang menyala sangat tidak disarankan karena akan banyak karbon monoksida yang tidak sengaja terhirup. Tentu ini bisa menyebabkan kematian.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut lima tips agar tidur aman saat berada di mobil.

Baca juga:

Main Gadget saat Perjalanan Darat Bukin Pusing, Ini Alasan Medisnya

1. Cari tempat parkir yang aman

Pilih tempat yang aman untuk memarkirkan mobil. (Foto: The New York Times)
Pilih tempat yang aman untuk memarkirkan mobil. (Foto: The New York Times)


Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah mencari tempat parkir yang aman. Carilah tempat yang wajar untuk memarkirkan mobil seperti SPBU atau rest area, karena ini memang banyak digunakan sebagai tempat istirahat. Pastikan juga mobilmu diparkir dengan posisi aman dan tidak menganggu jalan untuk pengendara lain.

2. Simpan barang berharga

Jauhkan barang berharga dari perhatian orang lain. (Foto: Williamsonhomepage)
Jauhkan barang berharga dari perhatian orang lain. (Foto: Williamsonhomepage)


Sebelum memutuskan untuk tidur, ada baiknya kamu simpan terlebih dahulu barang-barang berhargamu di tempat yang aman dan tidak terlihat dari luar kaca mobil. Karena, para pencuri bisa saja memecahkan kaca mobil demi merampas barang berharga milikmu.

Misalnya, kamu bisa meletakkannya di bawah jok atau dashboard mobil. Jangan lupa untuk mengunci pintu mobil agar orang lain tidak bisa membukanya saat kamu tertidur.

Baca juga:

3 Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Mencoba 'Solo Traveling'

3. Matikan AC dan mesin mobil

Akan menimbilkan gas karbon monoksida. (Foto: Pixabay/ninofficialphotography)
Akan menimbilkan gas karbon monoksida. (Foto: Pixabay/ninofficialphotography)


Kamu pasti berpikir tidur di mobil tanpa menggunakan AC akan terasa sangat panas. Maka tak jarang orang akan tetap membiarkan mesin dan AC menyala.

Tentu hal ini tidak disarankan. Sebab, saat mobil berhenti maka karbon monoksida dan oksigen tidak dapat melakukan sirkulasi dengan baik. Selama kamu tidur, kamu akan menghirup gas tersebut dan membahayakan nyawa.

4. Membuka sedikit jendela

Membuka jendela agar memiliki sirkkulasi udara yang baik. (Foto: Pixabay/ktphotography)
Membuka jendela agar memiliki sirkkulasi udara yang baik. (Foto: Pixabay/ktphotography )

Daripada menggunakan AC, sebaiknya kamu membuka sedikit jendela mobil agar sirkulasi udara tetap lancar dan kamu merasa sejuk. Terlebih, jika mobilmu memiliki ventilasi di bagian atas mobil. Udara yang masuk tentu akan semakin banyak.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak pengap sehingga bisa istirahat nyenyak dan memiliki cukup oksigen. Jangan dibuka terlalu lebar karena akan memicu orang lain melakukan kejahatan selamu kamu tidur.

5. Atur posisi tempat duduk

Pastikan posisi tempat duduk sudah nyaman. (Foto: InfaSecure)
Pastikan posisi tempat duduk sudah nyaman. (Foto: InfaSecure)


Posisi tempat duduk juga sangat penting ketika kamu ingin tidur di dalam mobil. Jangan sampai ketika nanti kamu bangun, badan terasa pegal-pegal dan nyeri otot. Kamu bisa mengatur posisi jok sesuai dengan tinggi rendahnya sandaran jok mobil. Selamat mencoba! (And)

Baca juga:

Alasan Mengapa OTP sangat Rahasia


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH