Main Gadget saat Perjalanan Darat Bukin Pusing, Ini Alasan Medisnya Rasa pusing dan mual disebut juga dengan motion sickness atau mabuk kendaraan. (Foto: DrivrZone)

SAAT dalam perjalanan panjang, bosan rasanya hanya duduk hingga sampai di tempat tujuan. Hal ini pun mendorong kamu untuk sesekali membuka gadget, baik untuk sekedar mengecek media sosial atau membalas pesan. Namun kebanyakan orang mengalami rasa pusing ketika bermain gadget saat berada di dalam mobil. Bahkan, tak jarang pula menjadi mual dan muntah jika dipaksakan. Mengapa ini bisa terjadi?

Baca juga:

Cegah Mabuk Perjalanan dengan Cara Simpel Ini

Dilansir dari laman Medical News Today, keadaan ini disebut dengan motion sickness atau mabuk perjalanan. Motion sickness adalah gangguan yang dialami pada telinga bagian dalam. Ini disebabkan oleh gerakan berulang dari kendaraan atau gerakan lain yang menggangu telinga bagian dalam.

Gejala mabuk perjalanan muncul ketika sistem saraf pusat menerima pesan yang bertentangan dari sistem sensorik, yakni telinga bagian dalam, mata, reseptor tekanan kulit, dan reseptor sensorik otot dan sendi. Hal ini juga berlaku ketika kamu berada di atas kapal, terasa pusing dan mual.

Alasan Mengapa Bermain Gadget di Mobil Bikin Pusing
Motion sickness hanya terjadi pada penumpang. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Seperti contoh, jika kamu duduk di atas kapal atau mobil yang sedang berjalan, telinga bagian dalam akan merasakan gerakan naik dan turun, kiri dan kanan.

Di sisi lain, mata kita hanya melihat pada satu titik dan seolah-olah tidak bergerak sama sekali. Saat melewati gundukan atau belokan, telingamu belum siap untuk menerima kondisi tersebut. Akibatnya, tubuh mengalami cedera sensorik dan muncullah mual.

Baca juga:

Bekal Untuk Atasi Mual Saat Perjalanan

Melansir dari laman Scientific America, seorang profesor neurologi, otolaringologi, dan terapi fisik atau ilmu gerakan manusia di Northwestern University Medical School, seseorang dapat memperkirakan lokasinya dan otak dapat menggabungkan informasi dari berbagai sumber.

Hal ini meliputi penglihatan, sentuhan, posisi persendian, telinga bagian dalam, dan sendi. Namun, pengemudi mobil akan sedikit kemungkinan terkena pusing karena mereka mengendalikan mobil dan berfokus pada jalanan.

Alasan Mengapa Bermain Gadget di Mobil Bikin Pusing
Nikmati perjalanan dengan melihat pemandangan sekitar. (Foto: The Trusted Traveller)

Jika kamu sudah merasakan hal ini, sebaiknya berhenti membaca atau bermain gadget. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan di luar jendela. Atau kamu bisa membuka kaca jendela untuk menikmati udara segar.

Jika udara di luar buruk, cobalah mengunyah permen karet. Karena dengan mengunyah, akan membantuk meredakan keseimbangan tubuh. (And)

Baca juga:

Agar Tidak Mual di Mobil, Lakukan ini


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH