Alasan Mengapa OTP sangat Rahasia Kode OTP ibarat kunci tambahan untuk rumah (Foto: Pixabay/TheDigitalWay)

BERAWAL waktu belakangan ini istilah one-time password atau OTP terdengar akrab di telinga, terutama bagi pengguna gadget. Kepopuleran OTB salah satunya dimulai saat penipuan yang dialami Maia Estianty, yang mengatasnamakan ojek darling.

Melalui media sosialnya, Maia menceitakan bagaimana seorang peretas menyamar sebagai pengemudi ojek dan ingin mengambil pesanan layanan antar makanan. Ia mengaku mendapat kendala dan meminta Maia mengirimkan OTP agar bisa menyelesaikan pesanan.

Baca juga:

Rekomendasi Bisnis dengan Modal Minim yang Bisa Dicoba Milenial di 2020

Ilustrasi kejahatan siber (pixabay.com)
Ilustrasi kejahatan siber (Foto: pixabay.com)

CEO NTT Ltd Indonesia, perusahaan yang bergerak di keamanan siber, Hendra Lesmana mengatakan OTP di dunia nyata ibarat kunci tambahan untuk mengamankan rumah. "Perlakukan seperti itu," kata Hendra seperti dilansir Antaranews.com, Senin (13/1).

Di sebuah platform, OTP biasanya diberikan melalui SMS atau Email. Pengguna akan diminta kode OTP untuk bisa login meski sudah memasukan kata kunci. Umumnya OTP punya batas waktu tertentu, misal 5 menit. Setelah lewat dari itu pengguna diharuskan meminta kode OTP baru.

Baca juga:

5 Barang Unik di Situs Belanja Daring, Ternyata Cukup Fungsional

Peretas akan memanfaatkan kede OTP (Foto: Pixabay/pixel2013)
Peretas akan memanfaatkan kede OTP (Foto: Pixabay/pixel2013)

Hendra melanjutkan, platform ibarat rumah di dunia nyata. Pengguna harus tahu aplikasi atau situs apa yang akan dibuka. Dan untuk membuka rumah, atau login flatform, pengguna harus memiliki kunci, yakni kata sandi dan OTP.

Dalam kasus Maia, ia tidak memberikan OTP yang diminta melainkan mengikuti permintaan si penipu untuk mengklik kode berawalan *21*, yang merupakan fitur meneruskan panggilan atau call forward. Peretas bisa mengakses panggilan dan SMS dari ponsel korban, termasuk kode OTP.

Baca juga:

Jangan Ngaku Orang Kaya Kalau Kamu Masih Lakukan Hal ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH