Teknologi

Tip Memilih Laptop Gaming Harga Rendah

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 29 Mei 2023
Tip Memilih Laptop Gaming Harga Rendah
Laptop gaming kompetitif juga harus diperhatikan kualitasnya. (Foto: Unsplash/Clastr Cloud Gaming)

TIDAK semua dari kita memiliki anggaran besar untuk membeli laptop gaming terbaik dengan semua fitur dan spesifikasi. Bagi banyak orang menemukan laptop gaming dengan harga rendah yang dapat menangani game-game AAA sudah cukup, atau bahkan lebih dari cukup.

Meski generasi ini telah mengalami peningkatan tajam dalam opsi performa dan harga PC, masih banyak pilihan berbiaya rendah yang tersedia. Namun, ini tak sedangkal memilih laptop gaming abal-abal, melainkan soal memaksimalkan potensi dari sebuah laptop gaming dengan harga kompetitif.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus kamu cari dari sebuah laptop gaming kompetitif, seperti spesifikasi, pembelian bekas versus baru, masa pakai baterai, dan beragam aspek lainnya. Tak jarang, harga yang ditampilkan terasa masuk akal, namun setelah diselidiki, performanya tak selayak tag harganya.

Baca juga:

5 Laptop Gaming Diperkuat NVIDIA GeForce RTX 3080

Maka, berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan membeli sebuah laptop gaming harga rendah:

1. Tetapkan anggaran terlebih dahulu

Tentukan budget untuk laptop gaming murahmu. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Bagi kamu yang anggarannya tipis, penting untuk menetapkan dahulu berapa batas yang bisa kamu keluarkan untuk sebuah laptop gaming kompetitif. Angkanya tidak harus pasti, namun kamu harus menetapkan batas atas yang bersedia kamu bayar.

Setelah menetapkan anggaran, kamu bisa lebih mudah menyaring laptop-laptop gaming yang harganya di atas batas maksimal kamu tadi. Kamu bisa fokus pada laptop yang sesuai, dan membuatmu lebih mudah dalam berbelanja.

2. Pilih spesifikasi yang tepat

Tentukan batas spesifikasi laptop gaming murah versimu. (Foto: Pexels/Adrian Agpasa)

Setelah mempersempit pilihan pada batas anggaran, persempit lagi pada spesifikasi. Penting untuk mempelajari terlebih dahulu jenis CPU, GPU, RAM, SSD/HDD, dan kartu grafis seperti apa yang kamu perlukan dalam sebuah laptop gaming harga rendah versimu.

Bahkan, bila kamu mencari laptop gaming harga rendah yang bisa berfungsi ganda untuk produktivitas, kamu mungkin harus mempertimbangkan Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5. Core i7 dan Ryzen 7 bagus, tapi harganya mungkin akan sedikit lebih tinggi.

Baca juga:

Awet dan Nyaman, Simak Rekomendasi 8 Mouse Wireless Terbaik

3. Pertimbangkan produk bekas

Laptop gaming bekas mungkin juga menarik. (Foto: Unsplash/Jason Leung)

Beberapa orang mungkin ragu membeli produk bekas, terutama elektronik karena masa pakainya yang terbatas. Namun, laptop gaming bekas umumnya lebih kompetitif, terutama bila usianya belum terlalu jauh dari pertama kali dibeli hingga dijual kembali padamu.

Akan lebih aman bila kamu membelinya dari toko laptop gaming tepercaya atau dari toko asli pabrikan laptop itu yang menjual produk-produk bekas mereka sendiri. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin bahwa produk yang dijual sudah diservis dan layak pakai.

4. Jangan khawatir dengan masa pakai baterai

Laptop gaming jarang yang memiliki daya tahan baterai tinggi. (Foto: Unsplash/Artin Bakhan)

Ada satu spesifikasi yang sama sekali tidak memengaruhi kualitas, yakni masa pakai baterai. Sangat sedikit laptop gaming harga rendah yang memiliki masa pakai baterai baik, dan bila ada maka harganya akan menjadi sangat tinggi.

Tak perlu khawatir soal baterai, karena pada akhirnya laptop gaming murahmu akan harus selalu dicolokkan ke sumber listrik demi mendapatkan performa terbaik. (waf)

Baca juga:

Corsair Segera Rilis Laptop Gaming Pertamanya

#Game #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan