Teknologi

Tim Cook Apple Khawatir Apple Hanya Dipakai untuk Media Sosial

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 09 Oktober 2021
Tim Cook Apple Khawatir Apple Hanya Dipakai untuk Media Sosial
Kekhawatiran Tim Cook terhadap orang yang terlalu sering menggunakan teknologi (Foto: Pixabay/michaelgaida)

CEO Apple, Tim Cook, khawatir dengan adanya tren scrolling media sosial terus menerus, yang dilakukan oleh para pengguna internet. Melihat hal itu, Tim Cook tak ingin iPhone hanya digunakan untuk membuka media sosial.

Pada berbicara tentang kecanduan online dan teknologi dalam wawancara dengan Bustle, Tim Cook mengatakan bahwa seharusnya teknologi yang harusnya melayani manusia, bukan sebaliknya.

Baca Juga:

Tiongkok Batasi Listrik, Apple dan Tesla 'Panik'

Tim Cook ingin pengguna bukan hanya terus menerus scrolling media sosial, tapi berharap pengguna dapat melakukan hal yang lainnya (Foto: Pixabay/Pexels)

Seperti yang dilansir dari laman MacRumors, Tim cook mengaku khawatir melihat banyak orang yang terlalu sering menggunakan ponsel. Karena itu, Cook ingin membantu para pengguna Apple, untuk mengurangi screen time.

"Saya selalu khawatir tentang orang-orang yang terlalu sering menggunakan teknologi, Jadi, kami menghadirkan screen time untuk mencoba memberikan orang-orang angka yang benar tentang jumlah waktu yang mereka habiskan di perangkat mereka. Karena umumnya angka tersebut jauh lebih banyak daripada yang mereka katakan," jelas Tim Cook.

Sementara itu, Tim Cook pun menyinggung soal hubungan antara media sosial dengan kesehatan mental. Dia menuturkan, bahwa scrolling media sosial dengan terus-menerus, dapat membawa pikiran negatif pada pengguna.

Tim Cook menjelaskan, Apple ingin para pengguna melakukan sesuatu dengan perangkat mereka. Seperti halnya melihat pameran fotografi, atau terhubung dengan keluarga dan teman lewat FaceTime, bukan sekadar terus menerus scrolling.

Baca Juga:

Ini Alasan Apple Sempat Ingin Singkirkan Facebook dari App Store

ponsel
Adanya fitur infinite scrolling media sosial dinilai sangat mengkhawatirkan (Foto: Pexels/Harper Sunday)

Saat ini, sejumlah media sosial hadir dengan fitur infinite scrolling, yang memungkinkan penggunanya untuk melihat konten di media sosial tanpa henti. Terkait hal itu, Aza Raskin pembuat Infinite Scrolling, meminta maaf atas ciptaannya, lantaran digunakan oleh media sosial untuk menjaga penggunanya agar selalu online.

Pada wawancara tersebut, Tim Cook menuturkan, bahwa saat ini sedang ada krisis kesehatan mental. Cook menjelaskan, ketika dipusingkan dengan pekerjaan sebagai bos Apple, dirinya berusaha untuk menenangkan diri dengan cara meditasi dan berada dekat dengan alam.

Mengenai kesehatan mental, Tim Cook mempromosikan Shine, aplikasi yang dirancang untuk melawan stigma masalah kesehatan mental. Cook menjelaskan, bahwa aplikasi tersebut merupakan contoh bagaimana teknologi dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. (Ryn)

Baca Juga:

Lebih dari 5.000 Orang Tandatangani Petisi Penolakan Fitur Baru Apple

#Teknologi #Teknologi #Apple
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan